Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Membuatmu Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lain

Gak susah, kok!

Mendapatkan kepercayaan dari orang lain merupakan sebuah hal yang sangat langka. Jika hal itu terjadi, kamu dapat dikategorikan sebagai sahabat atau kerabat dekatnya. Dia pun tidak ragu untuk menaruh kepercayaannya kepadamu sebab semua perlakuan baikmu itu.

Namun untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain bukanlah sebuah hal yang gampang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar orang lain bisa menaruh kepercayaannya kepadamu secara total. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu, simak pembahasan berikut ini.

1. Jangan pernah sekali-sekali membohongi orang lain

5 Hal yang Bisa Membuatmu Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lainpexels.com/william fortunato

Membohongi orang lain merupakan sebuah hal yang pantang dilakukan. Apalagi jika kamu ingin mebdapat kepercayaan dari orang lain, cobaalh untuk bersifat jujur apa pun kondisinya. Hal tersebut akan membuat orang lain merasa tidak ragu untuk menaruh kepercayaannya sebab kamu gak pernah membohonginya. Tanggung jawabkan setiap perkataanmu, ya!

2. Jika dia meminta bantuan, tolonglah dengan sepenuh hati

5 Hal yang Bisa Membuatmu Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lainpexels.com/luis quintero

Sebagai makhluk sosial, setiap orang memang ditakdirkan untuk saling membantu. Begitupula jika ingin mendapatkan kepercayaan dari orang lain, kamu harus mau membantunya secara tulus. Apalagi ketika dia membutuhkan bantuan, sebisa mungkin cobalah untuk membantunya.

Jangan pernah takut untuk merugi sebab pada hakikatnya setiap perbuatan baik pasti akan dibalas setimpal. Mulai sekarang cobalah untuk menjadi orang yang lebih terbuka dan mau jika dimintai pertolongan selagi kamu masih mampu.

3. Jadilah menjadi pendengar yang baik untuk orang lain

5 Hal yang Bisa Membuatmu Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lainpexels.com/sam lion

Ketika menghadapi cobaan berat, terkadang seseorang cenderung membutuhkan bantuan orang lain untuk mendengarkan keluh kesahnya. Hal tersebut juga akan membuatmu me dapat kepercayaan dari orang lain, lho! Hal itu karena kamu sudah menunjukkan kepedulian dengan rasa empati yang kamu buktikan.

Saat dia membutuhkan telinga, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik, ya! Belajarlah merespon curhatan orang lain dengan baik agar dia juga merasa nyaman saat menyampaikan keluh kesahnya kepadamu.

Baca Juga: 5 Sebab Hubungan Tanpa Kepercayaan Sama dengan Nol Besar

4. Jangan pernah menyepelekan tanggung jawab

5 Hal yang Bisa Membuatmu Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lainpexels.com/tim douglas

Jika diberi tanggung jawab oleh orang lain, jangan sekali-sekali menyepelekannya. Percayalah bahwa hal tersebut menjadi penentu apakah orang lain dapat menaruh kepercayaannya kepadamu atau tidak. Jika kamu berhasil menjaga tanggung jawab dengan baik, dia pasti tidak akan segan-segan untuk mengandalkanmu di berbagai situasi.

5. Jangan pernah membicarakan keburukan orang lain di belakang

5 Hal yang Bisa Membuatmu Mendapatkan Kepercayaan dari Orang Lainpexels.com/kampus production

Membicarakan keburukan orang lain di belakang merupakan sebuah hal yang gak boleh dilakukan. Hal itu pastinya akan membuat orang lain merasa tidak dihargai sebab kamu telah mempermalukannya di belakang. Dengan adanya hal tersebut, dia pasti akan malah membencimu.

Sebisa mungkin cobalah untuk tidak melakukan hal tersebut jika ingin mendapatkan kepercayaan oleh orang lain. Jika ada sesuatu yang menurutmu kurang enak dipandang, cobalah untuk memberitahunya secara langsung agar dia bisa melakukan introspeksi diri.

Ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain, terkadang kehidupan sosialmu akan berjalab mulus. Dengan adanya hal tersebut, aspek-aspek kehidupanmu yang lain pun akan membaik pula.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Kepercayaan dan Komitmen di Tim Kerjamu, Terbukalah!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya