Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Seseorang yang Suka Mencela, Harus Sabar!

Mayoritas melakukannya untuk mendapat kepuasan batin

Dalam menjalani hidup, pasti ada beragam orang yang memiliki watak berbeda-beda. Ada salah satu contoh perilaku seseorang yang cukup menjengkelkan yakni ketika ia sering mencela. Biasanya, celaan itu dilontarkan hanya untuk mendapatkan kepuasan batin.

Orang semacam itu pasti gampang membuatmu makan hati. Berangkat dari hal tersebut, kamu sebenarnya wajib melakukan beberapa tips agar lebih bijaksana dalam menghadapi orang sedemikian rupa. Berikut beberapa hal yang perlu dipraktikkan saat bertemu orang yang suka mencela.

1. Cobalah untuk mendengarkan sampai ia berhenti mencelamu

5 Cara Menghadapi Seseorang yang Suka Mencela, Harus Sabar!ilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Pertama, cobalah untuk mendengarkan ocehannya yang bertujuan untuk mencelamu. Terkadang, ia melakukan hal tersebut hanya untuk mendapatkan kepuasan batin. Terlebih lagi, ia mungkin saja sedang jengkel ataupun iri kepadamu sehingga melampiaskannya kepadamu.

Jangan sela ia saat sedang membeberkan celaan yang diucapkan kepadamu. Biarkan ia berhenti dengan sendirinya saat kebosanan muncul di dalam dirinya. Hal tersebut bakal membuatmu lebih bijaksana sebab merespons orang semacam itu tak akan ada ujungnya.

2. Jangan pernah menjawab saat ia mengutarakan keburukanmu

5 Cara Menghadapi Seseorang yang Suka Mencela, Harus Sabar!ilustrasi merundung (pexels.com/Yan Krukov)

Diam adalah sebuah hal yang wajib dilakukan saat orang lain mencelamu. Meskipun ia bertanya kepadamu perihal sesuatu yang menjerumus kepada hinaan atau celaan, cobalah untuk tidak menjawabnya. Terkadang hal itu perlu dilakukan sebab menggubrisnya adalah sesuatu yang sia-sia.

Biarkanlah ia mengoceh sesuka hatinya sampai merasa puas. Tidak menjawab omongan yang ia katakan itu sebenarnya bisa mencegah permasalahan tersebut menjadi membesar. Coba bayangkan bagaimana jika kamu menjawabnya, pasti urusannya bakal menjadi panjang.

3. Gak usah digubris, tinggalkan dia sendiri adalah keputusan terbaik

5 Cara Menghadapi Seseorang yang Suka Mencela, Harus Sabar!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Saat kamu bertemu dengan orang yang suka mencela di tempat umum, cobalah untuk meninggalkannya sendiri. Tidak perlu lama-lama berada di dekat orang semacam itu. Hal itu karena kamu hanya akan merasakan makan hati serta tak ada manfaat yang bisa dipetik.

Meskipun kedengarannya kurang sopan, orang semacam itu memang benar-benar harus diberi ketegasan. Jangan ragu untuk meninggalkannya sendiri sebab perasaanmu itu lebih penting daripada gengsi agar tetap berada di dekat orang tersebut.

Baca Juga: 6 Tanda Zodiak Paling Rendah Hati Namun Suka Mencela Diri Sendiri

4. Jangan pernah menjadikan ia bahan obrolan di belakang

5 Cara Menghadapi Seseorang yang Suka Mencela, Harus Sabar!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Keira Burton)

Meskipun sudah berperilaku buruk kepadamu, jangan sesekali menjadikan ia sebagai bahan obrolan di belakang. Maksudnya di sini adalah kamu pantang gosipin ia sebab hal tersebut tidak ada gunanya. Selain itu, jika ia menemukan berita buruk tentang dirinya, permasalahan pasti bakal bertambah rumit.

Maka dari itu, cobalah mengambil tindakan bijak dengan cara tidak berkata buruk kepadanya di belakang. Berangkat dari hal tersebut, rasa respek antar kedua belah pihak bakal menimbulkan jalinan komunikasi profesional yang positif.

5. Jangan melawannya, sebab hal itu hanya akan membuang-buang waktumu

5 Cara Menghadapi Seseorang yang Suka Mencela, Harus Sabar!ilustrasi tidak menghiraukan lawan bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebelumnya sudah disinggung bahwa meladeni orang semacam itu hanya membuang-buang waktu. Watak seseorang yang sudah melekat dalam diri itu susah diubah. Maka dari itu, jangan sesekali untuk berusaha menyadarkannya sebab hal tersebut hanya akan berakhir sia-sia.

Lagipula, kamu 'kan masih punya banyak kegiatan positif yang harus dilakukan. Alangkah lebih baik jika kamu lebih fokus kepada permasalahan pribadimu dibandingkan menggubris orang yang suka mencela. Selain mendapatkan banyak manfaat, kamu juga akan dihindarkan dari yang namanya makan hati.

Dari kelima cara di atas, apakah salah satunya sudah biasa kamu lakukan? Menghadapi seseorang yang suka mencela memang butuh kesabaran ekstra. Yang terpenting, jangan meresponsnya secara berlebihan sebab hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan.

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya