Comscore Tracker

5 Cara Mudah agar Kamu Bisa Merdeka Finansial, Anti Ribet!

Apakah kondisi finansialmu sudah merdeka?

Merdeka finansial merupakan sebuah tujuan hidup setiap orang. Untuk meraih hal tersebut, seseorang perlu melakukan langkah yang dapat membuat kondisi keuangan menjadi membaik. Entah itu perihal pengelolaan ataupun cara mendapatkan uang, hal tersebut wajib berjalan secara beriringan.

Apakah kamu saat ini sudah mencapai kemerdekaan finansial? Sebenarnya, ada beberapa cara yang cukup simpel agar kondisi finansialmu terus-terusan membaik. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasan berikut ini baik-baik!

1. Gunakanlah aplikasi investasi yang ada di smartphone

5 Cara Mudah agar Kamu Bisa Merdeka Finansial, Anti Ribet!ilustrasi investasi (pexels.com/Artem Beliaikin)

Di zaman yang serba digital ini, setiap manusia pasti diberikan kemudahan dalam melakukan sesuatu. Begitupula perihal investasi, kamu bisa melakukan hal semacam itu lewat aplikasi. Ada banyak aplikasi penyedia jasa investasi seperti Bibit, Ajaib, dan semacamnya.

Kamu wajib banget memanfaatkan hal tersebut jika ingin merasakan merdeka secara finansial. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya serta mengumpulkan niat agar bisa berinvestasi secara rutin setiap bulannya. Dengan begitu, kemerdekaan finansial bakal gampang kamu dapatkan nantinya.

2. Cobalah untuk menambah pundi-pundi penghasilan dengan bekerja freelance

5 Cara Mudah agar Kamu Bisa Merdeka Finansial, Anti Ribet!ilustrasi bekerja dari rumah (pexels.com/Andrea Piacqudio)

Tak hanya mengelola uang, kamu harus menggali cara dalam mendapatkannya jika ingin kondisi finansialmu merdeka. Jika saat ini kamu sudah memiliki pekerjaan tetap, coba deh sesekali terjun ke dunia freelancer sebagai sarana untuk menambahkan pundi-pundi uang tambahan.

Tentunya dengan kreativitas serta cara berpikir inovatif yang kamu miliki. Lagipula, kamu bisa mengerjakan tanggunganmu kapan saja dan di mana saja. Meskipun gak sebesar gaji pokok, hal tersebut bisa banget membantumu untuk merdeka secara finansial.

3. Gak usah terpengaruh dengan barang-barang branded

5 Cara Mudah agar Kamu Bisa Merdeka Finansial, Anti Ribet!ilustrasi berbelanja (pexels.com/Ivan Samkov)

Barang-barang branded merupakan salah satu momok setiap orang yang sedang berusaha agar kondisi finansialnya merdeka. Hal itu berlandaskan gaya hidup konsumtif yang tak dikendalikan. Setiap kali keluar brand baru, kamu pun akan terdorong untuk membelinya.

Hal semacam itu tentunya bakal berdampak buruk bagi kondisi keuanganmu. Lambat laun, impian untuk mendapatkan kemerdekaan finansial pun menjadi sirna. Berangkat dari hal tersebut, mulailah berusaha untuk tidak terpengaruh dengan barang branded agar pengeluaranmu aman.

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Finansial Cukup Merupakan Kunci Kebahagiaan

4. Buatlah plan keuanganmu secara realistis

5 Cara Mudah agar Kamu Bisa Merdeka Finansial, Anti Ribet!ilustrasi menabung (pexels.com/maitree rimthong)

Membuat rencana keuangan memang harus dilakukan oleh setiap orang. Namun, hal tersebut gak akan mencapai goals jika kamu gak merencanakannya secara realistis. Maksudnya di sini adalah kamu wajib memerhatikan bagaimana kondisi finansialmu saat ini sebelum menyiapkan plan keuangan.

Setelah mengetahui seluk beluk kondisi keuanganmu, alhasil kamu bakal merencanakan sesuatu yang gampang digapai. Dengan adanya hal tersebut, kamu pun akan mudah mencapai kemerdekaan finansial. Mulai sekarang, cobalah untuk terbiasa berpikir realisitis jika berhubungan dengan uang.

5. Jangan terlalu banyak memberikan self-reward kepada diri sendiri

5 Cara Mudah agar Kamu Bisa Merdeka Finansial, Anti Ribet!ilustrasi merenung (pexels.com/Thegiansepillo)

Self-reward merupakan sebuah hal yang sering dilakukan oleh orang-orang setelah menggapai sesuatu. Namun, arti sebenarnya self-reward banyak disalah artikan oleh orang-orang masa kini. Mereka sering menganggap perilaku boros sebagai salah satu bentuk self-reward.

Jika ingin meraih kemerdekaan finansial, cobalah untuk sama sekali tidak menyentuh self-reward secara berlebihan. Sebenarnya tidak masalah jika kamu mendorong diri untuk mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukanmu hingga saat ini. Namun, hal tersebut tetap harus dipantau agar tidak malah menjadi blunder.

Meraih kemerdekaan finansial memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kelima hal di atas bisa membantumu jika ingin mengetahui bagaimana saja cara meraihnya tanpa ribet.

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya