Comscore Tracker

5 Cara Sederhana agar Tak Menyesali Keputusan yang Telah Diambil

Belajar untuk menerimanya

Mengambil keputusan merupakan sebuah hal yang cukup berat. Kamu diharuskan untuk mempertimbangkan semua aspek agar keputusan itu benar-benar sesuai dengan ekspektasimu. Tetapi, hal itu tak selamanya bakal terjadi.

Terkadang, kamu merasa menyesal perihal keputusan yang telah diambil sebab jauh dari perkiraan. Kendati demikian, kamu bisa melakukan lima cara di bawah ini agar tak menyesali setiap keputusan yang kamu buat.

1. Cobalah untuk berani mengambil sisi baiknya

5 Cara Sederhana agar Tak Menyesali Keputusan yang Telah Diambililustrasi merenung (unsplash.com/christopher lemercier)

Kamu wajib berusaha untuk mengambil sisi baik dari keputusan tersebut. Terkadang, sebuah keputusan yang sudah diambil itu tidak bisa diganggu gugat. Jadi, mau tidak mau kamu harus berani menerimanya.

Supaya bisa menikmati hal tersebut, mulailah untuk berusaha menyesuaikan diri dengan keputusan itu. Memang, itu bakal memberatkan di awal, tetapi seiring berjalannya waktu percayalah bahwa kamu pasti akan terbiasa.

2. Jangan pernah melihat perihal beban yang akan kamu pikul

5 Cara Sederhana agar Tak Menyesali Keputusan yang Telah Diambililustrasi merenung (pexels.com/James Reyes)

Kamu gak boleh melihat seberapa berat beban yang harus dipikul saat ini. Hal tersebut hanya akan membuatmu merasa diri tidak mampu dalam menahannya. Alhasil, kamu pun lebih memilih untuk menyerah sebelum berjuang.

Ingatlah, bahwa keliru dalam mengambil sebuah keputusan itu tidak selamanya bakal mengakhiri hidupmu. Kamu hanya perlu merasakan segala sesuatu yang bisa dinikmati usai keputusan tersebut diambil.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Keadaan Setelah Mengambil Keputusan yang Salah

3. Buatlah rencana sebijak mungkin agar kamu tidak keberatan

5 Cara Sederhana agar Tak Menyesali Keputusan yang Telah Diambililustrasi membuat rencana (pexel.com/Startup Stock Photos)

Daripada terus-terusan menyesalkannya, alangkah lebih baik jika kamu mulai membuat rencana untuk ke depannya. Rencana semacam itu dilakukan agar kamu bisa melewati semua cobaan berat di depan sana.

Lagi pula, kamu tidak bisa menghindari keputusan yang sudah diambil tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk mencari langkah-langkah yang tidak memberatkanmu dalam melakoni tanggung jawab yang harus dipikul tersebut.

4. Mulailah menyadari bahwa keputusan itu merupakan yang terbaik bagimu

5 Cara Sederhana agar Tak Menyesali Keputusan yang Telah Diambililustrasi berpikir (pexels.com/rodnae production)

Cobalah untuk menyadari bahwa keputusan itu merupakan yang terbaik bagimu. Jika terus-terusan berprasangka negatif, maka kamu bakal ketakutan mulu. Itu tentunya bakal berbahaya bagi kebahagiaan dalam melakoni keberlangsungan hidup.

Tidak apa-apa untuk memaksa diri agar bisa menerimanya. Percayalah bahwa lambat laun perasaan nyaman itu bakal muncul seketika. Setelah itu, kamu bakal menikmati setiap cobaan yang menerpamu.

5. Berhenti menyia-nyiakan waktu dan mulai mengerjakannya

5 Cara Sederhana agar Tak Menyesali Keputusan yang Telah Diambililustrasi bekerja (pexels.com/Martine Savard)

Berhenti mengeluh dan mulailah mengambil langkah yang bisa membantumu dalam menyelesaikannya. Sebelumnya telah disinggung bahwa mengeluh itu tidak akan merampungkan segala macam permasalahan hidup.

Ketika kamu merasa keliru dalam mengambil keputusan, cobalah untuk ambil kendali diri dan mulai mengerjakannya. Suatu saat kamu pasti akan berterima kasih kepada diri sendiri sebab berani mengambil ego dalam memulainya.

Jangan terus-terusan menyalahkan diri terhadap kesalahan dalam mengambil keputusan. Percayalah bahwa segala sesuatu yang terjadi padamu itu pasti bakal ada hikmahnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya