Comscore Tracker

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan "Gak Enakan"

Jangan mau terbelenggu kata "gak enakan" ya!

Semua orang pasti setuju bahwa pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Saling membantu antar sesama adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan. Namun, hal tersebut bisa saja memunculkan beberapa keburukan salah satunya adalah kebiasaan "gak enakan".

Hal itu terjadi ketika kamu terlalu banyak membantu orang lain sehingga jika tak melakukan hal tersebut dirimu akan merasa ada yang kurang. Mau tidak mau kebiasaan "gak enakan" itu harus disingkirkan demi kebahagiaan dirimu sendiri. Untuk penjelasannya mengenai hal itu, yuk simak pembahasannya ini.

1. Mulai membiasakan diri untuk selalu melakukan self-love

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan Gak Enakanunsplash.com/allef vinicius

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan kebiasaan tersebut adalah dengan membiasakan diri untuk selalu melakukan self-love. Mencintai diri sendiri sangatlah diperlukan agar tak mudah dimanfaatkan oleh orang lain. Jika terkadang kamu selalu mendahulukan kepentingan orang lain, maka cobalah untuk mengubahnya mulai dari sekarang.

Sayangilah dirimu sendiri dan jangan sampai orang lain merebut kebahagiaanmu itu. Jika kamu terus rutin mempraktikkan hal tersebut, maka percayalah bahwa kebiasaan "gak enakan" pasti akan hilang dengan sendirinya. Hal tersebut pasti akan menunjang hidupmu menjadi lebih baik lagi.

2. Senantiasa melakukan intropeksi terhadap diri sendiri

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan Gak Enakanunsplash.com/allef vinicius

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan adanya hal tersebut, seseorang dituntut untuk senantiasa introspeksi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Jika kamu telah terjebak pada lingkaran yang mengharuskanmu selalu "gak enakan", maka cobalah untuk introspeksi diri mulai sekarang.

Pikirkanlah secara mendalam bahwa hal tersebut merugikanmu atau tidak. Cobalah untuk menganalisis apa saja dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut untuk dirimu. Jika hal itu terus dilakukan, maka suatu saat kamu pasti akan sadar bahwa tak seharusnya hal tersebut dilakukan. Kebiasaan buruk tersebut pasti juga akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Melekat Pada Karakter Orang Gak Enakan, Kamu Bukan?

3. Mulai untuk tidak mudah terpengaruh terhadap omongan orang lain

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan Gak Enakanunsplash.com/matthew henry

Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam diri seseorang adalah omongan orang lain. Terkadang seseorang cenderung overthinking ketika ada omongan buruk orang lain terhadap dirinya. Hal tersebut dapat mendorongmu untuk senantiasa mendahulukan kepentingan orang lain tanpa melihat kondisi diri sendiri.

Kamu pasti akan cenderung melakukannya hanya sekadar ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain. Percayalah bahwa hal tersebut tak ada manfaatnya sama sekali. Lakukanlah sesuatu yang membuatmu nyaman, bukan karena terpaksa. Mulai saat ini cobalah untuk menutup telinga agar tak ada omongan buruk yang memengaruhi dirimu.

4. Melepas kebiasaan "ingin diakui" oleh orang lain

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan Gak Enakanunsplash.com/allef vinicius

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang memang perlu diakui. Hal tersebut sebenarnya tidak terlalu buruk dilakukan secara benar. Pengakuan yang dimaksud adalah ketika seseorang benar-benar memiliki kemampuan di atas yang lainnya. Namun hal tersebut tak boleh dilakukan terlalu sering karena akan merugikan diri sendiri.

Apalagi dalam hak tolong menolong, pasti akan timbul rasa "gak enakan" jika kamu membantunya hanya karena ingin dicap baik. Cobalah kurangi intensitas kebiasaan tersebut agar tak merugikanmu suatu saat nanti. Jika ingin berbuat baik, lakukanlah jika kamu memang benar-benar mampu untuk membantunya.

5. Berhenti untuk terlalu baik kepada orang lain

5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan Gak Enakanunsplash.com/jose aljovin

Berbuat baik adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Namun jangan pernah melakukan hal tersebut secara berlebihan karena akan berdamapk buruk. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dikerjakan secara berlebihan iti tidak baik. Sikap terlalu baikmu pasti akan malah dimanfaatkan oleh orang lain.

Selain itu, rasa "gak enakan" pasti akan muncul dengan sendirinya karena kebaikan yang sudah tertanam dalam dirimu. Ubahlah kebiasaanmu itu dengan tidak terlalu baik kepada semua orang. Jangan sampai kamu mengorbankan kebahagiaanmu hanya untuk membantu orang lain.

Itulah kelima cara yang cukup efektif agar kebiasaan "gak enakan" yang ada dalam dirimu bisa hilang dengan sendirinya. Jika kamu tak mau, maka jangan paksa dirimu untuk melakukan segala sesuatu yang bertentangan dengan hati.

Baca Juga: 6 Aktivitas Ini Bukti Kamu Mencintai Diri Sendiri, Bukan Rebahan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya