Comscore Tracker

5 Cara untuk Menghadapi Sikap Selalu Ingin Diakui

Jangan jadikan sebuah pengakuan sebagai sumber kebahagiaan!

Ketika berhasil melakukan sebuah kehebatan, biasanya seseorang cenderung merasa ingin diakui. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi karena pengakuan dari orang lain dapat membuat hati merasa senang. Namun sikap semacam itu gak boleh dilakukan secara berlebihan karena akan membahayakan.

Menghadapi sikap selalu ingin diakui sebenarnya merupakan sesuatu yang susah-susah gampang. Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal di bawah ini agar keinginan buruk tersebut tidak terulang terlalu sering. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Senantiasa mengingat bahwa pengakuan orang lain bukanlah sumber kebahagiaan yang baik

5 Cara untuk Menghadapi Sikap Selalu Ingin DiakuiIlustrasi pria tangguh (pexels.com/burst)

Ketika perasaan ingin diakui muncul, cobalah mengingat bahwa sejatinya pengakuan orang lain bukanlah sumber kebahagiaan. Pada dasarnya jika selalu mengikuti perkataan orang lain akan membuatmu tidak punya pendirian. Hal tersebut akan membuatmu mudah dikendalikan oleh omongan orang lain sehingga lambat laun kamu bakal merasa tersiksa.

2. Mengurangi intensitas posting di media sosial terkait kehebatanmu

5 Cara untuk Menghadapi Sikap Selalu Ingin DiakuiIlustrasi bermain ponsel (pexels.com/ivan samkov)

Mengunggah hal-hal yang berbau kehebatanmu di media sosial adalah salah satu pemantik rasa ingin diakui muncul. Apalagi saat ini media sosial banyak dipakai untuk memamerkan sesuatu, kamu wajib menguranginya karena hanya akan membuahkan perasaan buruk dari dalam diri.

Cobalah untuk mengunggah hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kehebatanmu. Cukup kamu sendirilah yang bisa menikmati hal tersebut agar pengakuan orang lain tidak dapat mengatur kehidupanmu.

3. Selalu melihat orang-orang yang ada di bawah agar tidak sombong

5 Cara untuk Menghadapi Sikap Selalu Ingin DiakuiIlustrasi merenung (pexels.com/alexandr podvalny)

Sikap ingin diakui itu biasanya identik dengan kesomobongan yang muncul dari dalam diri. Dengan adanya hal tersebut, kamu wajib mengikuti cara yang bisa dilakukan agar kesombongan dapat lenyap. Salah satu caranya adalah dengan melihat orang-orang yang ada di bawah.

Ingatlah bahwa di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung dirimu. Janganlah kamu terus-terusan mempertahankan sikap sombong tersebut karena nanti pasti akan menjadi bumerang. Berhentilah dari kebiasaan ingin diakui karena hal itu mencerminkan sikap sombong.

Baca Juga: 5 Peribahasa Banjar Mengekspresikan Sifat Manusia, Ada Sifat Haus Puji

4. Senantiasa mengingat bahwa kamu gak bisa membuat orang lain menyukaimu

5 Cara untuk Menghadapi Sikap Selalu Ingin DiakuiIlustrasi dibenci (pexels.com/monstera)

Jika sikap semacam itu muncul dari dalam diri, cobalah untuk mengingat baik-baik bahwa kamu gak bisa membuat semua orang menyukaimu. Pasti ada beberapa orang yang iri dengan pencapaianmu sehingga mereka berusaha menjatuhkanmu dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat emosimu tidak stabil karena dia berhasil mendorongmu untuk haus akan pengakuan.

5. Senantiasa introspeksi diri dengan melihat apa saja kekurangan dari perjuanganmu

5 Cara untuk Menghadapi Sikap Selalu Ingin DiakuiIlustrasi overthinking (pexels.com/andrea piacquadio)

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan berintrospeksi diri terhadap kekuranganmu. Hal itu pasti akan mendorongmu untuk tidak berusaha mendapatkan pengakuan orang lain karena merasa diri tak layak diagung-agungkan.

Meskipun terkesan buruk, hal itu sejatinya akan membuatmu mudah sadar bahwa semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu mulai sekarang coba deh sering-sering melihat kekuranganmu agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik.

Sikap senantiasa ingin diakui oleh orang lain memang harus dihilangkan agar kamu bisa tenang dalam menjalani hidup. Yuk, praktikkan kelima hal di atas!

Baca Juga: 7 Sifat Buruk yang Harus Dihindari, Ada Peribahasanya, lho!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya