Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Jika Kamu Sering Berkata Kasar, Saatnya Kurangi!

Menjaga ucapan adalah sebuah keharusan

Ketika hidup di lingkungan sosial, pastinya akan ada banyak percakapan yang tercipta dalam membahas semua yang berhubungan dengan kehidupan. Namun karena semakin banyaknya percakapan tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak pula kesempatan untuk berkata kasar.

Ada yang menganggap berbicara kasar merupakan suatu hal yang lumrah karena di daerahnya itu merupakan bahasa sehari-hari. Namun, ada baiknya jika berbicara kasar itu tau latar belakang lawan bicara terlebih dahulu. Jika dia paham akan budayamu, maka pasti akan memakluminya. Namun tidak ada salahnya jika kamu berusaha untuk menghilangkan hal tersebut. Berikut beberapa alasan yang logis mengapa sebaiknya kamu meninggalkan perkataan-perkataan yang kotor itu.

1. Orang lain pasti akan tersakiti oleh tingkah burukmu

5 Dampak Buruk Jika Kamu Sering Berkata Kasar, Saatnya Kurangi!unsplash.com/carolina heza

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak semua orang akan menerima kelakuanmu yang seperti itu karena latar belakang masing-masing individu pasti berbeda. Tidak sedikit orang yang mungkin akan tersakiti oleh perkataanmu yang sebenarnya menurutmu sesuatu hal yang lumrah itu.

Namun menjaga perasaan lawan bicara juga sangatlah penting karena hal itu akan menentukan tujuan percakapan kalian akan sampai titik mana. Jika kamu terus berkata kasar tanpa memikirkan si dia, tidak menutup kemungkinan bahwa dia akan sakit hati.

2. Kamu gak akan dihargai oleh orang lain 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Sering Berkata Kasar, Saatnya Kurangi!unsplash.com/mehrpuoya h

Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa berkata kasar akan menyakiti orang lain maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan tidak dihargai. Hal itu terjadi karena ketika kamu berkata kasar dengan orang yang tidak terbiasa terhadap hal tersebut, maka orang lain akan terasa tidak dihargai.

Oleh karena itu dia akan memperlakukanmu balik dengan tidak menghargaimu. Cobalah untuk mengurangi intensitas berkata kasar pada tiap harinya jika kamu ingin sama-sama merasa dihargai oleh orang lain.

3. Kamu akan dijauhi oleh orang lain

5 Dampak Buruk Jika Kamu Sering Berkata Kasar, Saatnya Kurangi!unsplash.com/anthony tran

Ketika rang lain tersakiti oleh karena perkataan kasar dan juga mereka menjadi tidak menhargaimu, maka tidak menutup kemungkinan pula bahwa mereka perlahan akan menjauhimu untuk menghindari percakapan denganmu.

Hal itu pastinya akan merugikanmu karena kamu tidak akan tau suatu saat kamu pasti akan membutuhkannya. Jika dia telah tersakiti hatinya oleh ucapanmu, maka bagaimana bisa dia akan menolongmu meskipun kamu memohon kepadanya?

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  

4. Sikap bijaksana dalam dirimu akan menghilang

5 Dampak Buruk Jika Kamu Sering Berkata Kasar, Saatnya Kurangi!unsplash.com/jonathan rados

Orang yang banyak bicara itu biasanya apa yang mereka sampaikan sama sekali tidak bermutu, apalagi jika banyak berkata kasar. Kebijaksanaan adalah sesuatu yang harus dimiliki karena sangat menunjang kedewasaan seseorang.

Tetap ingatlah bahwa hidup itu bukan tentang bagaimana kamu bisa menjalani kesehariannya, melainkan mengenai bagaimana kamu bisa memperoleh banyak pelajaran yang akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik lagi.

5. Hal tersebut akan menjadi kebiasaan buruk 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Sering Berkata Kasar, Saatnya Kurangi!unsplash.com/alex iby

Banyak orang pasti setuju bahwa semua hal yang berlebihan itu sifatnya tidak baik. Hal itu dapat dianalogikan dengan berkata kasar yang selalu kamu praktikkan. Kamu akan terbiasa dengan keburukan tersebut dan tidak menutup kemungkinan pula bahwa dirimu juga akan dirugikan.

Jika berkata kasar menjadi kebiasaan dalam hidupmu, hal itu akan berdampak buruk bagi lingkunganmu juga. Kamu harus tau waktu dan tempat jika ingin merealisasikan hal yang kamu anggap baik tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Semuanya kembali pada dirimu sendiri, kamu berhak menentukan pilihan. Namun tetaplah ingat bahwa semua orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, beradaptasilah dengan lingkunganmu dengan cara mengurangi kebiasaan berkata kasar.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Berkata Kasar

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya