Comscore Tracker

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!

Tanpa buku, hidup akan terasa hampa lho

Dapat dibilang bahwa buku adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan. Ilmu-ilmu tersebut bukan melulu tentang pengetahuan umum saja, tetapi juga mencakup ilmu untuk menjalani hidup.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa membaca buku merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kita dalam menjalani hidup. Nah, tetapi banyak orang yang tidak tau tentang hal itu. Bagi kalian yang tidak suka baca buku, simaklah beberapa dampak buruk berikut ini!

1. Tidak percaya diri

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!pexels.com/pixabay

Tingkat kepercayaan diri seseorang bersumber pada seberapa banyak pengalaman hidup yang telah dilaluinya. Dengan membaca buku, seseorang dapat mendapatkan pengalaman meskipun hanya dari sebuah tulisan.

Pengalaman tersebut dapat berupa ilmu-ilmu yang didapatkan dari sudut pandang seorang penulis yang tengah membahas suatu isu. Oleh karena itu, salah satu kunci dari kepercayaan diri terletak pada seberapa banyak buku-buku yang telah dibaca.

2. Minimnya topik pembicaraan

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!Pexels.com/mentatdgt

Pernah nggak sih ketika kalian ngobrol dengan seseorang namun tiba-tiba kehabisan topik pembicaraan? Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya kosa kata yang ada di benak kalian karena jarang baca buku. Bayangkan saja jika kalian sedang jalan berdua dengan pasangan, namun tiba-tiba kalian tidak tau mau ngobrol tentang apa, hal itu pasti sangat menjengkelkan bagi pasangan kalian serta menyebabkan kebosanan dalam hubungan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh untuk Memulai Hobi Membaca Buku

3. Wawasan yang sempit

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!pexels.com/@energepic-com-27411

Jika kalian sedang menjalankan masa studi, maka sangat dibutuhkan untuk banyak membaca buku. Hal itu harus dilakukan karena untuk menunjang sebuah masa studi, dibutuhkan wawasan yang sangat luas.

Lagi pula, jika kalian memiliki wawasan yang luas itu malah menjadi poin plus jika bersosialisasi dengan orang-orang. Banyak orang yang segan dan nyaman ketika bercengkerama dengan kalian. 

4. Mudah berprasangka buruk

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!pexels/Vera Arsic

Kebanyakan orang akan membenci seseorang yang selalu melakukan prasangka tanpa tau kebenarannya. Hal itu terjadi karena dalam sebuah hubungan dengan orang-orang sekitar, sangat dibutuhkan sebuah sifat skeptis. Maksud dari sifat skeptis itu sendiri adalah tidak mudah percaya dengan hal-hal yang tidak pasti kebenarannya. Selain itu, jika sering membaca buku dapat dipastikan bahwa kalian tidak mudah termakan berita hoaks.

5. Susah ikut nimbrung jika ada diskusi

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!pexels.com/jopwell

Pernahkah kalian ketika nongkrong dengan teman-teman lalu mereka membahas tentang suatu hal yang kalian sendiri tidak mengerti apa yang dibahas? Hal itu malah membuat kalian tidak dapat mendapatkan keasyikan dari diskusi tersebut.

Maka dari itu, untuk bisa nimbrung dang merasakan betapa asyiknya sebuah diskusi, kalian harus rajin-rajin membaca agar literasi dan kosa kata yang kalian miliki akan banyak.

6. Susah mendalami public speaking

6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!pexels.com/ICSA

Di era ini, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, bahkan dalam menjalani hidup. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membaca buku dapat meningkatkan jumlah kosa kata yang ada di otak serta kepercayaan diri. Orang-orang yang banyak buku akan sangat pandai dalam merangkai kata.

Semua aspek tersebut menjadi satu dalam sebuah kemampuan public speaking. Jika baca buku saja malas, bagaimana kalian dapat melewati kehidupan yang mengharuskan untuk bersosialisasi dengan orang lain?

Itulah beberapa akibat jika kalian tidak suka dan antibaca buku. Bagaimana? Sangat berdampak pada kehidupan bukan? Oleh karena itu, masihkah kalian berani untuk tidak membaca buku?

Baca Juga: 7 Manfaat Membaca Ini Perlu Kamu Tahu Jika Ingin Jadi Penulis Hebat

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya