Comscore Tracker

5 Dampak Positif jika Kamu Selalu Menunjukkan Pola Pikir yang Berbeda

Apa saja manfaatnya?

Menunjukkan pola pikir yang berbeda dalam sebuah diskusi adalah sesuatu yang terkadang harus dilakukan. Namun, hal ini jarang dilakukan karena kebanyakan orang lebih suka berjalan sesuai arus.

Artinya, mereka tidak berani tampil berbeda sebab enggan ribet soal menjelaskan pemikirannya. Padahal ada beberap ada beberapa dampak positif yang bisa mereka dapatkan, lho. Apa saja itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Kamu pasti akan belajar mengenai sudut pandang orang lain

5 Dampak Positif jika Kamu Selalu Menunjukkan Pola Pikir yang Berbedailustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Pertama, kamu pasti akan belajar mengenai sudut pandang orang lain. Jika tampil dengan pola pikir berbeda, mau tidak mau kamu harus bisa mencerna bagaimana sudut pandang orang lain dengan saksama.

Itu tentunya akan membuatmu berkesempatan untuk bisa mempelajari pemikirannya lebih jauh. Selain digunakan untuk meng-counter pendapatnya, hal itu jika bisa membuatmu lebih banyak belajar perihal bagaimana pemikirannya.

2. Orang lain bakal lebih tertarik untuk diskusi denganmu

5 Dampak Positif jika Kamu Selalu Menunjukkan Pola Pikir yang Berbedailustrasi mengobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Percayalah, bahwa orang lain pasti akan lebih tertarik untuk diskusi denganmu. Hal ini terjadi karena kamu sudah menunjukkan sesuatu yang menjadi pembeda dirimu dengan orang lain. Ini merupakan hal yang tidak dimiliki oleh segelintir orang.

Alhasil, nantinya kamu akan berkesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut dengannya. Setelah melakukan hal tersebut, kamu pun akan bisa meneladani bagaimana sesuatu yang menurutnya benar.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Bisa Membantumu saat Hadapi Tantangan Hidup

3. Kamu akan mengetahui apa saja kelemahan dari pola pikirmu

5 Dampak Positif jika Kamu Selalu Menunjukkan Pola Pikir yang Berbedailustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap pemikiran pasti memiliki kelemahan. Perihal pemikiranmu yang berbeda dari orang lain, kamu wajib mengetahui di mana letak kelemahannya. Dengan diskusi bersama orang lain, kamu akan mengetahuinya.

Orang lain bakal berusaha untuk mencari celah perihal pemikiran yang kamu anggap benar itu. Setelah hal tersebut terjadi, kamu pun berkesempatan untuk memperbaikinya agar pola pikirmu menjadi lebih baik lagi.

4. Kamu bakal menyadari bahwa ada hal yang lebih baik dari pemikiranmu

5 Dampak Positif jika Kamu Selalu Menunjukkan Pola Pikir yang Berbedailustrasi mengobrol (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa kebenaran dalam sebuah pemikiran itu bersifat gak mutlak. Artinya, pemikiran yang benar itu cenderung bersifat subjektif. Setelah mengetahui hal itu, kamu pun akan mencari yang lebih baik.

Itu tentunya akan membuatmu mempunyai pola pikir yang lebih bijak dalam menghadapi suatu hal. Tidak akan ada pemikiran kolot yang membuatmu bersikap keras kepala terhadap sebuah sudut pandang.

5. Kamu akan menjadikan sebuah forum diskusi lebih hidup

5 Dampak Positif jika Kamu Selalu Menunjukkan Pola Pikir yang Berbedailustrasi diskusi (pexels.com/Matheus Bertelli)

Dengan berani tampil beda, kamu akan menjadikan forum diskusi menjadi lebih hidup. Itu tentunya merupakan sebuah hal baik yang membuat citramu terangkat di mata orang lain. Alhasil, itu juga bakal bermanfaat bagi keberlangsungan hidupmu.

Dalam sebuah forum diskusi memang diperlukan sosok pembeda seperti itu. Jika tidak ada orang yang seperti itu, jangan ragu untuk menjadi salah satunya. Kamu pasti akan merasakan keasyikan saat melakoni hal tersebut.

Usai membaca kelima dampak positif di atas, apakah kamu berani untuk menunjukkan pola pikir berbeda? Jangan ragu untuk melakukannya sebab setiap orang berhak mengekspresikan apa yang menurutnya benar.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Perlu Kamu Tanamkan Supaya Hidupmu Lebih Tenang 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya