Comscore Tracker

Patuhi 5 Etika Ini Ketika Berada di Lingkungan Sosial agar Dihargai

Jangan seenaknya sendiri ya!

Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal tersebut, tiap orang dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan yang lainnya agar dapat tercipta hubungan baik. Namun dalam bersosialisasi itu juga memiliki etika yang wajib dipatuhi.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi hingga menyebabkan hubungan menjadi berantakan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai apa saja etika yang perlu dipatuhi dalam bersosialisasi, simak pembahasan berikut ini.

1. Tidak boleh menyela orang lain ketika dia sedang berbicara

Patuhi 5 Etika Ini Ketika Berada di Lingkungan Sosial agar Dihargaipexels.com/mentatdgt

Berbincang dengan orang lain adalah suatu hal yang sering terjadi jika kamu berada di lingkungan sosial. Namun hal tersebut memiliki etika yang wajib dipatuhi yaitu dengan tidak menyela ketika orang lain berbicara.

Jika kamu terbiasa melakukan tersebut ketika sedang mengobrol, cobalah untuk berhenti mulai dari sekarang. Hargailah lawan bicaramu agar kamu juga diperlakukan sama. Dengarkan dia sampai berhenti berbicara lalu kamu bisa menanggapinya.

2. Jangan bermain ponsel ketika sedang berbincang

Patuhi 5 Etika Ini Ketika Berada di Lingkungan Sosial agar Dihargaipexels.com/sheep .

Bermain ponsel ketika orang lain sedang berbicara merupakan hal yang sering terjadi. Kamu pasti pernah melakukan hal tersebut 'kan? Dia pasti akan merasa tidak dihargai karena fokusmu pada saat itu tidak untuk menanggapi ceritanya.

Mulailah untuk berhenti melakukan hal tersebut demi hubungan baikmu dengan orang lain. Meskipun susah untuk dilakukan, cobalah untuk membiasakan diri demi tidak adanya seseorang yang merasa gak dihargai.

Baca Juga: 5 Etika Sharing di Media Sosial, Jangan Sembarangan!

3. Selalu menghargai pendapat meskipun berbeda sudut pandang

Patuhi 5 Etika Ini Ketika Berada di Lingkungan Sosial agar Dihargaipexels.com/fauxels

Sebelumnya telah disebutkan bahwa mengobrol merupakan sesuatu yang lumrah terjadi dalam kehidupan bersosial. Dengan perbincangan tersebut, terkadang pertentangan mudah terjadi akibat perbedaan sudut pandang ketika melihat sebuah fenomena.

Jangan pernah terpancing emosi jika ada seseorang yang tidak sependapat denganmu. Cobalah untuk senantiasa menghargai tanpa menghardik. Lakukan hal tersebut agar hubungan sosialmu tidak mengalami kerusakan hanya karena sikap egosentris.

4. Senantiasa mengucap kata "terima kasih" sehabis dibantu orang lain

Patuhi 5 Etika Ini Ketika Berada di Lingkungan Sosial agar Dihargaipexels.com/fauxels

Secara tidak langsung, mengapresiasi orang lain merupakan hal yang wajib dilakukan. Meskipun itu perkara kecil, kamu wajib berterima kasih agar orang lain merasa sangat dihargai. Hal tersebut pasti akan membuat orang lain merasa tidak sia-sia karena telah membantumu.

Jangan pernah lupa untuk melakukan hal tersebut karena meskipun kelihatannya sangat sepele, namun efek positifnya sangatlah besar. Maka dari itu mulai sekarang yuk biasakan diri untuk senantiasa mengapresiasi.

5. Jangan sok pintar hingga merendahkan orang lain

Patuhi 5 Etika Ini Ketika Berada di Lingkungan Sosial agar Dihargaipexels.com/spencer selover

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan adanya hal tersebut kamu gak boleh sesekali merendahkan orang lain hanya karena kekurangan yang dia miliki. Dia pasti akan sangat sakit hati jika kamu melakukan hal itu.

Maka dari itu jika sedang berada di lingkungan sosial, cobalah untuk senantiasa berusaha menghargai orang lain. Kamu juga gak boleh terbiasa berlagak menggurui karena tidak semua orang dapat menerima hal itu. Tetaplah saling menghargai satu sama lain.

Meskipun tidak ada peraturan tertulis, namun etika sosial itu wajib dipatuhi agar kamu bisa mengerti apa artinya saling menghargai.

Baca Juga: 5 Etika Sederhana yang Sering Lupa Dilakukan, Jangan Sampai Itu Kamu!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya