Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyalahkan Diri Sendiri

Apakah kamu sering menyalahkan diri sendiri ketika gagal?

Kebanyakan orang ketika gagal itu selalu menyalahkan dirinya sendiri. Padahal banyak hal yang dapat membuat kegagalan itu terjadi. Lagipula sering menyalahkan diri sendiri dapat membuatmu minder dalam menjalani hidup. Jika saat ini kamu terjebak pada situasi tersebut, alangkah lebih baik untuk keluar dari sana.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan agar tidak gampang menyalahkan diri sendiri hanya karena terjadinya sebuah kegagalan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri melebihi apa pun

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyalahkan Diri Sendiriunsplash.com/raychan

Jika sering menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk lebih mencintai apa yang kamu punya saat ini. Ingatlah bahwa dirimu itu lebih berharga dari apa pun hal yang dilakukan oleh orang lain. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri hanya karena satu kegagalan saja.

Bukankah kamu sudah berjuang sekuat tenaga untuk merealisasikan mimpi-mimpi yang ada di anganmu? Hal tersebut merupakan sesuatu yang cukup membanggakan karena tidak semua orang sanggup bertahan meskipun banyak cobaan menghadang.

2. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membuat orang lain terkesan kepadamu

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyalahkan Diri Sendiriunsplash.com/NeONBRAND

Apakah kamu sering berusaha untuk membuat orang lain terkesan terhadapmu? Jika iya, alangkah lebih baik meninggalkan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Percayalah bahwa hal tersebut hanya akan membuatmu menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pengakuan.

Selain itu, kamu pasti akan mengorbankan kebahagiaan diri sendiri demi membuat orang lain mengakui kehebatanmu. Mulai sekarang cobalah untuk fokus pada diri sendiri tanpa memiliki ambisi berlebih dalam melakukan segala hal di luar kemampuanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Menyalahkan Diri Sendiri Itu Salah Besar dan Harus Dihentikan

3. Berikan self-reward setelah perjuangan yang panjang

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyalahkan Diri Sendiriunsplash.com/icons8 team

Memberikan self-reward merupakan sebuah langkah yang cukup bijak agar kamu tidak sering memaki diri sendiri. Jangan terlalu melihat kegagalannya, namun cobalah rasakan bagaimana perjuangan tanpa lelahmu saat ini. Hal tersebut merupakan sesuatu yang cukup pantas untuk dirayakan.

Percayalah bahwa kegagalan akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih kuat dari sebelumnya. Mulai sekarang cobalah untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri setelah perjuangan panjang yang telah dilakukan tanpa mengenal rasa lelah.

4. Jangan terlalu berpatokan pada hasil akhir yang bahagia

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyalahkan Diri Sendiriunsplash.com/thought catalog

Tidak semua yang kamu harapkan itu akan terealisasi. Terkadang kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa kegagalan itu memang tidak dapat dihindarkan. Dengan adanya hal tersebut, cobalah untuk lebih berpatokan terhadap caramu dalam berjuang, bukan bagaimana hasil akhir yang bahagia.

Percayalah bahwa apa pun yang terjadi di depan sana itu pasti memiliki hikmahnya tersendiri. Mulai sekarang cobalah untuk lebih fokus dalam jalan perjuangan dengan cara memaksimalkan usahamu. Jangan terlalu berharap akan keberhasilan karena hal itu akan menyakitkan jika gak sesuai ekspektasi.

5. Stop menuntut diri sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang mustahil

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyalahkan Diri Sendiriunsplash.com/JESHOOTS.COM

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah tidak menuntut diri sendiri untuk mengharapkan sesuatu di luar kemampuan. Percayalah bahwa terlalu memaksakan diri hanya akan membuatmu mudah menyalahkan apa yang kamu lakukan saat ini. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi kebahagiaanmu sendiri.

Oleh karena itu cobalah untuk lebih realistis dalam bermimpi agar tidak ada ekspektasi yang gak bisa tercapai. Ingatlah bahwa kamu harus berjuang sesuai kemampuanmu. Mulai sekarang jangan pernah lupa untuk menjunjung tinggi pola pikir realistis dalam menjalani hidup.

Itulah kelima hal yang perlu dilakukan agar kamu tidak mudah menyalahkan diri sendiri saat mendapatkan kegagalan. Ingatlah bahwa setiap orang itu punya jalan suksesnya masing-masing. Jangan berhenti dalam berjuang karena kamu berhak mendapatkan apa yang ada di dalam mimpi-mimpimu.

Baca Juga: Demi Kebahagiaanmu, Stop Menyalahkan Diri Sendiri karena 6 Hal Ini!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya