Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lain

Apakah kamu sering tersinggung?

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan dihadapkan pada lingkungan sosial yang beraneka ragam. Jika beruntung, terkadang kamu akan menemui orang-orang yang memiliki aura positif. Namun terkadang kamu juga tidak bisa menghindar dari orang-orang yang cenderung toxic.

Orang-orang tersebut biasanya suka mengomentari gaya hidupmu sehingga bisa saja membuatmu menjadi down karena tersinggung. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kamu gak mudah tersinggung dengan omongan orang lain. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Jangan terlalu percaya terhadap omongan buruk orang lain

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lainpexels.com/Askar Abayev

Langkah awal yang harus dilakukan agar gak mudah tersinggung adalah dengan tidak percaya terhadap omongan buruk orang lain. Ingatlah bahwa orang lain itu hanya menilai apa pun yang kamu lakukan tanpa melihat bagaimana keadaan sebenarnya.

Jika banyak omongan buruk yang datang, cobalah untuk menerimanya namun jangan percaya agar kamu tidak terbawa perasaan. Dengan adanya hal tersebut, percayalah bahwa kamu akan menjadi orang yang gak mudah baper meskipun banyak omongan buruk kepadamu.

2. Bersikaplah bodo amat jika omongan tersebut benar-benar gak penting

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lainpexels.com/cottonbro

Bersikap bodo amat terhadap omongan orang lain merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Jangan tempatkan omongan orang lain sebagai patokan kebahagiaanmu. Ingatlah bahwa yang bisa menyelamatkan hidupmu sehari-hari hanyalah dirimu sendiri.

Jangan mudah terpaku pada omongan orang lain yang tidak ada gunanya itu. Mulai sekarang cobalah untuk lebih memikirkan kebahagiaan diri sendiri daripada memerhatikan omongan buruk orang lain. Dengan melakukan hal tersebut, percayalah bahwa kamu akan memiliki hati yang kuat.

Baca Juga: 5 Aturan dalam Mengkritik, Bebas Tersinggung dan Sakit Hati

3. Carilah teman sebanyak-banyaknya agar kamu bisa mengerti berbagai macam perspektif

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lainpexels.com/helena lopes

Tidak dapat dimungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal tersebut kamu dituntut untuk selalu membaur terhadap lingkungan sosial. Hal tersebut juga akan membantumu agar gak mudah tersinggung dalam keseharian.

Coba bayangkan jika memiliki banyak teman, kamu pasti akan terbiasa melihat sudut pandang lain. Kamu akan membiasakan diri untuk percaya bahwa setiap orang pasti memiliki perspektif sendiri-sendiri dalam melihat apa pun hal. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk lebih terbuka dalam lingkungan sosial.

4. Fokuslah ke dirimu sendiri dalam berbagai macam hal

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lainpexels.com/Dziana Hasanbekava

Banyak hal yang bisa kamu lakukan daripada memikirkan omongan buruk orang lain. Selain bersikap bodo amat, kamu juga harus fokus terhadap kehidupan pribadi agar gak mudah tersinggung. Ingatlah bahwa seiring berjalannya waktu usiamu akan terus bertambah.

Apakah kamu yakin masih tetap mempertahankan kebiasaan mudah tersinggung padahal ada banyak mimpi yang harus diraih? Cobalah untuk lebih bijaksana dalam mengambil langkah hidup agar waktumu tidak terbuang sia-sia hanya karena menuruti perkataan orang lain.

5. Anggaplah omongan buruk orang lain sebagai kritik yang membangun

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Tersinggung Omongan Orang Lainpexels.com/Canva Studio

Setiap orang memang membutuhkan kritikan untuk bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Jika ada celaan yang kamu dengarkan, anggaplah hal tersebut sebagai kritikan bersifat membangun. Tidak perlu tersinggung ataupun patah hati karena gak ada gunanya mempermasalahkan hal seperti itu.

Cobalah untuk lebih bijak meskipun banyak omongan buruk yang dapat membuat hatimu semakin terusik. Percayalah bahwa setiap orang itu punya jalan hidupnya masing-masing. Begitu pula hidupmu, kamu berhak menjalankan keseharian sesuai dengan angan-angan asalkan tidak melanggar norma.

Wajib dilakukan ya tips di atas agar kamu gak mudah tersinggung dengan omongan orang lain. Mulailah menjadi manusia yang lebih bijak dengan tidak mempermasalahkan hal sepele.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menegur Kesalahan Rekan Kerja Tanpa Bikin Dia Tersinggung

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya