Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidup

Hidup itu dibawa santai aja!

TIdak dapat dimungkiri bahwa setiap orang itu memiliki parameter kebenaran yang berbeda-beda. Dengan adanya hal tersebut terkadang kamu perlu mempersiapkan diri agar tidak mudah tersinggung terhadap perilaku ataupun perkataan orang lain.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu bisa menjalani hidup sesuai ekspektasimu. Sebenarnya ada beberapa yang cukup mudah agar kamu gak mudah tersinggung dengan perilaku orang lain terhadapmu. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simaklah pembahasan berikut ini.

1. Jangan mudah percaya dengan omongan orang lain

Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidupunsplash.com/ben white

Bersikap skeptis terhadap segala hal yang belum terjadi itu perlu dilakukan. Hal tersebut dapat membuatmu menjadi gak gampang percaya terhadap segala hal yang mungkin bisa menyinggung perasaanmu. Ketika kamu merasa ada seseorang yang berbicara buruk di belakangmu, jangan keburu tersinggung.

Bisa saja pikiran buruk itu hanyalah sugesti yang tiba-tiba muncul sehingga mempermainkan emosimu. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk gak mudah percaya terhadap omongan orang lain yang kiranya dapat menyinggung hatimu.

2. Jangan terlalu baik kepada orang lain

Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidupunsplash.com/joshua rodriguez

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Namun kamu gak bisa secara mentah-mentah menerima pernyataan tersebut untuk menghindari hal buruk dapat terjadi. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik.

Begitu pula dalam berbuat baik, terkadang kamu perlu menyaring orang-orang yang akan dibantu. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu gak mudah dimanfaatkan orang lain sehingga hatimu mudah rapuh karena kebanyakan makan hati.

Baca Juga: Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero Syndrome

3. Jalani hidup dengan menggunakan prinsip "let it flow"

Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidupunsplash.com/connor wilkins

Semua orang pasti setuju bahwa hidup itu banyak dipenuhi dengan tantangan dan cobaan sehingga kekuatan hati harus tangguh. Selain itu, kamu juga perlu senantiasa bersikap ikhlas karena terkadang apapun yang diharapkan itu gak sesuai realita.

Menggunakan prinsip let it flow dalam menjalani hidup akan membuatmu gak mudah tersinggung. Hal itu karena kamu akan menikmati jalannya kehidupan tanpa disertai dengan berbagai prasangka yang dapat membuat makan hati. 

4. Jangan mudah baper ketika ada orang lain yang menyindirmu

Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidupunsplash.com/alexis brown

Setiap orang pasti memiliki parameter kebenarannya masing-masing. Kamu gak bisa memaksa orang lain untuk satu visi denganmu. Dengan perbedaan tersebut terkadang aktivitas sindir-menyindir tidak dapat terelakkan karena yang kamu anggap baik itu belum tentu orang lain sepaham denganmu.

Ketika ada orang yang berbicara buruk tentangmu, anggaplah hal tersebut sebagai angin lali. Mereka yang berkata buruk terhadapmu itu belum sepenuhnya tahu dan paham bagaimana hidupmu sebenarnya. Jangan buang-buang waktumu hanya untuk meladeni orang seperti.

5. Jangan lupa untuk senantiasa menstabilkan emosi di dalam diri

Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidupunsplash.com/eli deFaria

Mengelola emosi di dalam diri dengan baik adalah hal yang sangat susah untuk dilakukan. Hal tersebut sebenarnya bisa dlakukan jika kamu berani melatihnya mulai dari sekarang. Kamu harus bisa menahan amarah akibat beberapa hal yang memicu emosimu.

Ingatlah bahwa kamu gak bisa menghindari permasalahan dalam menjalani hidup. Kamu harus bisa menerima apapun yang terjadi di depan sana tanpa terkecuali. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk belajar menstabilkan emosi dengan hidup yang lebih baik lagi.

Setiap orang memang memiliki kapasitas hati yang berbeda-beda. Namun kamu bisa meng-upgrade hal tersebut agar tidak mudah tersingguh jika ada sesuatu yang mengikis hati.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menahan Diri Tidak Baik untuk Kelangsungan Hidupmu

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya