Comscore Tracker

5 Hal Buruk Ini Pantang Dilakukan Saat Bertengkar dengan Sahabat

Apakah kamu sering bertengkar dengan sahabatmu?

Pertengkaran dalam sebuah hubungan persahabatan adalah hal wajar terjadi. Terkadang, kamu perlu menahan ego agar tali persahabatan tersebut tidak putus begitu saja. Namun di sisi lain, kamu juga perlu memerhatikan keadaan diri sendiri terkait kerugian yang didapatkan akibat masalah tersebut.

Sebuah kebijaksanaan dalam menghadapi permasalahan tersebut sangatlah diperlukan. Ada beberapa hal buruk yang pantang dilakukan ketika sedang bertengkar dengan sahabat. Apa saja ya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memutuskan tali persahabatan begitu saja  

5 Hal Buruk Ini Pantang Dilakukan Saat Bertengkar dengan Sahabatunsplash.com/priscilla du preez

Memutuskan tali persahabatan begitu saja karena sebuah pertengkaran dengan sahabat terkadang tidak boleh dilakukan. Ketika permasalahan tersebut masih bisa dibicarakan, jangan sesekali mencoret dia dari daftar sahabatmu karena hal tersebut dapat menjadi bumerang suatu saat nanti.

Percayalah bahwa meskipun cukup menjengkelkan, suatu saat nanti kamu pasti akan membutuhkannya. Cobalah untuk lebih bersikap dewasa meskipun hatimu tergerak untuk menjauhinya. Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan menjadi orang yang lebih legowo dalam menjalani hidup.

2. Membicarakan tentang keburukannya di belakang 

5 Hal Buruk Ini Pantang Dilakukan Saat Bertengkar dengan Sahabatunsplash.com/NONRESIDENT

Salah satu hal yang pantang dilakukan ketika sedang berkonflik dengan sahabat adalah membicarakan segala keburukannya di belakang. Ingatlah bahwa kamu dan dia itu masih bersahabat sehingga menjaga privasi adalah hal yang wajib dilakukan.

Kamu memang sudah mengetahui baik dan buruknya dia namun jangan jadikan hal tersebut sebagai senjata untuk menjatuhkannya. Jangan menjadi seorang monster yang hanya menjatuhkan harga diri orang lain akibat konflik sepele. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih berhati-hati dalam mengambil langkah, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Lebih Membuka Diri dengan Sahabat Dibanding Keluarga

3. Tidak mau membicarakan solusi dari permasalahan 

5 Hal Buruk Ini Pantang Dilakukan Saat Bertengkar dengan Sahabatunsplash.com/Icons8 Team

Konflik dapat membuat beban yang harus dipikul di dalam diri semakin bertambah. Dengan adanya hal tersebut, apakah kamu tidak ingin berdamai dengan keadaan begitu saja? Sebelumnya telah disebutkan bahwa permasalahan dalam sebuah persahabatan itu wajar terjadi.

Gak perlu menjadi seseorang yang terlalu konservatif dengan gak mau membicarakan solusi permasalahan. Cobalah untuk tidak bersikap egosentris dalam berteman selagi permasalahan tersebut masih bisa ditoleransi. Ajaklah dia berbicara, dan jangan lupa untuk mengucapkan kata maaf karena telah bertengkar dengannya.

4. Melakukan balas dendam terhadap semua kesalahannya 

5 Hal Buruk Ini Pantang Dilakukan Saat Bertengkar dengan Sahabatunsplash.com/Alex Mihai C

Melakukan balas dendan terhadap keburukan yang dilakukan oleh sahabat itu pantang dilakukan. Ingatlah bahwa kamu adalah manusia yang masih memiliki hati nurani untuk tidak melakukan tindakan merugikan. Buang jauh-jauh jika ada pikiran untuk membalaskan dendam yang ada di dalam pikiran.

Berdamai dengan keadaan itu terkadang perlu dilakukan agar kamu bisa belajar mana yang baik ataupun buruk. Ketika hatimu tidak bisa menerima kesalahannya, cobalah untuk bersikap bodo amat dan menganggap bahwa semua hal telah terjadi begitu saja.

5. Tidak berpikir realistis terhadap keadaan diri sendiri 

5 Hal Buruk Ini Pantang Dilakukan Saat Bertengkar dengan Sahabatunsplash.com/Raychan

Tidak selamanya kamu harus senantiasa memaksa diri untuk selalu menerima kesalahan seorang sahabat. Ketika permasalahan tersebut bersifat toxic untukmu, tidak masalah jika kamu memutuskan untuk menjauhinya demi kebaikan diri sendiri. Ingatlah bahwa self-love adalah nomer satu.

Keluar dari lingkar pertemanan toxic yang hanya akan menyakiti diri sendiri terkadang perlu dilakukan. Jangan memaksakan diri untuk selalu bersikap baik kepada orang lain jika mereka melakukan kesalahan yang sesungguhnya tak bisa ditoleransi oleh sanubarimu.

 

Itulah kelima hal yang gak boleh dilakukan saat sedang bertengkar dengan sahabat. Belajarlah untuk bersikap lebih dewasa ketika ada konflik di kehidupan sosialmu. Cobalah untuk mengambil keputusan yang tidak merugikan semua pihak, termasuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Tips biar Kamu Selalu Ada bagi Sahabat saat Mengalami Masa Sulit

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya