Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinking

Siapa yang masih suka overthinking tiap malam?

Overthinking merupakan sebuah hal yang mendorong orang untuk memikirkan sesuatu secara berlebihan. Kebiasaan tersebut biasanya terjadi setelah menyadari hal buruk yang telah diperbuat. Apakah kamu terbiasa overthinking terhadap apapun hal?

Sebenarnya boleh-boleh saja overthinking, namun kamu pantang melakukan hal tersebut secara berlebihan. Ada beberapa dampak buruk yang akan terjadi jika kamu terlalu sering overthinking dalam menjalani keseharian. Seperti apa?

1. Hidupmu pasti gak akan tenang

5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinkingpexels.com/karolina grabowska

Jika sering overthinking, percayalah bahwa hidupmu gak akan pernah tenang. Kamu pasti akan terus-terusan dihantui oleh rasa was-was sehingga menyebabkan pikiran menjadi kalut. Ketakutan tersebut akan membuatmu memikirkan sesuatu yang sebenarnya gak penting. Jika ingin hidup tenang, buang kebiasaan overthinking itu, ya!

2. Kamu akan sering was-was dalam menjalani keseharian

5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinkingpexels.com/andrea piacquadio

Sebelumnya telah disebutkan bahwa perasaan was-was akan mengganggu ketenteraman batinmu. Ingatlah bahwa sejatinya kamu memiliki hal untuk merasakan ketenangan dalam menjalani hidup tanpa disertai pikiran-pikiran buruk.

Tidak ada gunanya terus-terusan overthinking, jika hal tersebut hanya membuat hidupmu bertambah buruk. Jangan buang-buang waktu dengan melakukan hal tersebut, sebab kamu memiliki impian yang harus direalisasikan.

Baca Juga: 5 Jenis Overthinking Ini Paling Sering Menyerang, Kamu yang Mana?

3. Kamu akan bersikap terlalu serius dalam menghadapi segala hal

5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinkingpexels.com/ketut subiyanto

Dalam menjalani hidup, terkadang kamu harus santai dan mengandalkan ketenangan. Menjalani hidup secara serius memang dianjurkan namun kamu gak boleh melakukannya secara berlebihan. Terlalu serius dalam menjalani hidup hanya akan membuatmu mudah resah.

Sikap terlalu serius tersebut biasanya akan didapatkan jika kamu terbiasa overthinking. Ingatlah bahwa terkadang kamu harus bersikap secara biasa-biasa saja agar tidak ada pikiran buruk yang melintasi dirimu.

4. Kamu akan susah melakukan aksi nyata

5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinkingpexels.com/Min An

Terlalu banyak berpikir hanya akan membuatmu malas beraksi. Hal tersebutlah yang dirasakan ketika kamu terlalu sering overthinking dalam menjalani hidup.

Kamu pasti akan cenderung memikirkan sesuatu yang sebenarnya gak perlu diingat karena hanya membuat sakit hati. Mulai sekarang, cobalah untuk berhenti overthinking agar ada aksi nyata terkait realisasi mimpimu.

5. Kamu tidak akan memerhatikan keadaan batinmu sendiri

5 Hal Buruk yang Bisa Kamu Dapat jika Sering Overthinkingunsplash.com/Anthony Tran

Mencintai diri sendiri merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Namun hal tersebut tidak akan dilakukan jika kamu terlalu sering overthinking. Kamu pasti hanya cenderung memikirkan sesuatu yang gak pasti daripada keadaan diri sendiri.

Kamu tidak akan tahu bahwa sejatinya batinmu tersiksa oleh kebiasaanmu itu. Keadaan pasti akan semakin memburuk jika kamu gak cepat-cepat sadar untuk berhenti melakukan overthinking. Cobalah untuk lebih memerhatikan keadaan batinmu, karena hal tersebut sangatlah penting bagi keberlangsungan hidupmu.

 

Kebiasaan overthinking mau tidak mau memang harus dihilangkan. Jika kebiasaan tersebut dirasa akan melanda diri, cepat-cepatlah mencari kesibukan agar tidak berdampak buruk bagimu, ya!

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Mengurangi Kebiasaan Overthinking, Tertarik Coba?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya