Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Sering Pamer Kekayaan

Apakah kamu masih sering pamer kekayaan?

Banyak orang yang berpikiran bahwa memiliki materi berlimpah merupakan sumber kebahagiaan. Kenyataan semacam itu memang tidak dapat dihindarkan sebab jika memiliki banyak materi, kamu akan mendapatkan semua hal yang diinginkan. Namun kamu juga perlu menahan diri agar tidak gampang pamer kekayaan di depan orang lain.

Memang kamu memiliki hak untuk pamer sebab harta yang didapatkan oleh jerih payahmu. Tetapi ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan itu pasti ada dampak buruknya. Begitupula dengan pamer kekayaan, beberapa hal berikut ini pasti akan kamu dapatkan jika masih tetap dipraktikkan. Simak baik-baik!

1. Kamu akan menjadi seseorang yang bersikap sombong

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Sering Pamer KekayaanIlustrasi sombong (pexels.com/jeremy royan)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa orang yang sering pamer kekayaan akan mudah terkontaminasi sikap sombong. Hal terssbut terjadi karena orang semacam itu cenderung merasa bahwa dirinya paling hebat. Tidak ada orang lain yang bisa mengalahkannya perihal kekayaan. Padahal sejatinya di atas langit itu masih ada langit. Jangan biarkan sikap sombong bisa menguasaimu karena punya banyak harta!

2. Lambat laun, banyak orang yang akan menjauhimu

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Sering Pamer KekayaanIlustrasi merenung (pexels.com/Nguyễn Lâm)

Jika terus-terusan pamer kekayaan, percayalah bahwa banyak orang yang akan menjauh. Pada dasarnya tidak semua orang itu menyukai seseorang yang bersifat sombong karena hanya akan membuat makan hati. Jika hal itu diteruskan, lambat laun mereka pasti akan kesal dengan sikapmu.

Orang-orang pun akan menjauhimu karena kesalahanmu sendiri. Hal tersebut tentunya akan berdampak buruk sebab sejatunya akmu lerlu orang lain untuk bertahan hidup. Apakah kamu rela kehilangan orang-orang terdekatmu hanya karena kesalahan konyol semacam itu?

3. Kamu akan terlena sehingga tidak bisa menjaga kekayaan dengan baik

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Sering Pamer KekayaanIlustrasi membeli barang (pexels.om/andrea piacquadio)

Orang yang sering pamer kekayaan biasanya hanya berfokus pada pembangunan citra. Hal itu terjadi karena orang tersebut ingin diakui kehebatannya. Tidak akan ada usaha untuk mengembangkan diri lagi sebab semuanya hanya berfokus pada pamer kekayaan. Jika hal itu dikakukan, maka pasti akan berdampak buruk pada kondisi finansialmu.

Lambat laun kamu akan cenderung membelu barang-barang mewah sebab ingin dicap sebagai orang kaya. Jika terus belanja barang mahal secara membabi buta, maka kondisi keuanganmu pasti akan memburuk. Lambat laun semua kekayaan pun pasti akan sirna hanya karena perilakumu sendiri.

Baca Juga: 5 Batasan bagi Pasangan untuk Pamer Kemesraan di Muka Umum

4. Kamu pasti menjadi seseorang yang haus akan pengakuan

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Sering Pamer KekayaanIlustrasi merenung (pexels.com/dids)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang yang sering pamer kekayaan itu cenderung membutuhkan pengakuan. Hal semacam itu wajar terjadi karena kamu cenderung ingin dicap sebagai manusia yang paling hebat. Segala sesuatu pasti akan dilakukan, entah itu memperbaiki citra dengan cara bergaya hidup mewah. Sikap haus akan pengakuan semacam itu tentunya lambat laun bakal mengikis citramu sendiri, lho!

5. Terkadang kamu akan terbiasa melebih-lebihkan kenyataan

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Sering Pamer KekayaanIlustrasi berbicara (pexels.com/zen chung)

Kebanyakan orang yang sering pamer kekayaan itu cenderung melebih-lebihkan kenyataan. Maksudnya di sini adalah orang semacam itu cenderung membuat cerita yang berlebihan hanya karena ingin dicap paling kaya. Sikap mudah berbohong pun akan timbul sehingga lambat laun bisa menjadi kebiasaanmu.

Kamu pasti tahu 'kan berbohong itu merupakan hal yang dilarang? Jika kamu terus berbohong hanya karena ingin memperbaiki citra, maka lambat laun hal tersebut pasti akan terbongkar. Oleh karena itu jangan terlalu terbiasa pamer kekayaan sebab hal tersebut akan mendatangkan banyak keburukan.

Kebiasaan suka pamer kekayaan adalah hal yang wajib dihentikan sebab hanya menimbulkan dampak buruk. Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu masih ingin tetap pamer kekayaan? Berpikirlah dengan bijak!

Baca Juga: 5 Alasan Kuat agar Kamu Menahan Keinginan untuk Pamer Kekayaan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya