Comscore Tracker

5 Hal Ini Harus Dilakukan saat Teman Seperjuangan Meninggalkanmu

Gak perlu bersedih!

Setiap orang pasti memiliki lingkaran pertemanan agar tidak merasa sendirian dalam menjalani hidup. Namun, ada kalanya teman-teman seperjuanganmu itu bakal meninggalkanmu.

Hal ini terjadi ketika mereka sudah menemukan apa yang diharapkannya. Entah terpisah oleh karier ataupun perihal asmara, mereka pasti akan fokus ke jalan hidupnya yang baru. Ketika hal itu terjadi padamu, jangan bersedih.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat mendapati mereka sudah tidak bisa bersama denganmu lagi. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Jangan paksa mereka untuk tetap menemanimu

5 Hal Ini Harus Dilakukan saat Teman Seperjuangan Meninggalkanmuilustrasi mengobrol (pexels.com/George Pak)

Ketika mulai meninggalkanmu, cobalah untuk menerima dengan ikhlas perihal kepergiannya. Saat ini, mereka sudah menemukan apa yang dicari dalam hidupnya.

Sebagai sosok teman baik, kamu harus mendukung segala keputusan yang telah diambilnya. Janganlah kamu memaksa mereka untuk tetap menemanimu.

Boleh dibilang bahwa hal semacam itu merupakan sesuatu yang sangat egois. Suatu saat nanti, kamu juga pasti akan merasakan bagaimana rasanya ketika sudah menemukan tujuan hidup.

2. Sudah saatnya kamu melangkah ke depan dan mencari lingkaran pertemanan yang baru

5 Hal Ini Harus Dilakukan saat Teman Seperjuangan Meninggalkanmuilustrasi merenung (pexels.com/Zen Chung)

Setelah itu, kamu harus melangkah ke depan dan mulai mencari lingkaran pertemanan yang baru. Ingatlah bahwa tiap orang itu bakal datang dan pergi.

Tidak selamanya kamu akan bersama mereka sebab sebuah keadaan gak bakal merestui hal semacam itu. Jangan bersedih sebab di depan sana masih banyak orang yang bisa kamu jadikan teman.

Carilah lingkaran pertemanan baru yang memiliki kondisi sama denganmu saat ini. Dengan begitu, kesepian yang kamu rasakan beberapa waktu terakhir pasti bakal terobati.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Teman Playing Victim, Jangan Terpancing!  

3. Jangan membenci mereka sebab hal itu hanya akan membuat hatimu sakit

5 Hal Ini Harus Dilakukan saat Teman Seperjuangan Meninggalkanmuilustrasi berjanji (pexels.com/William Fortunato)

Pasti kamu pernah berpikiran untuk membenci mereka yang meninggalkanmu. Namun, hal semacam ini merupakan sebuah hal yang gak boleh dilakukan, sebab akan membuat hatimu sakit. Biarlah mereka mengambil bagaimana jalan hidupnya dan jangan menahan.

Jika kamu bisa membiarkan mereka pergi begitu saja tanpa membenci, percayalah bahwa tidak akan ada rasa sakit yang menyelimuti hatimu. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk berusaha menerima keadaan tersebut agar hidupmu lebih tenang.

4. Fokuslah terhadap diri sendiri tanpa memikirkan mereka lagi

5 Hal Ini Harus Dilakukan saat Teman Seperjuangan Meninggalkanmuilustrasi menyendiri (pexels.com/Daria Sannikova)

Selain itu, kamu juga harus memutuskan untuk fokus ke diri sendiri saja. Terkadang, sebuah permasalahan hidup yang kamu hadapi itu tak bisa dibantu oleh orang lain.

Hanya kamu sendirilah yang memiliki kekuatan untuk menyelesaikannya. Lagipula, tak seharusnya kamu terus-terusan memberikan beban kepada seorang teman.

Ketika mereka pergi, mulailah untuk fokus ke jalan hidupmu saja. Ingatlah bahwa di depan sana masih ada banyak rintangan yang harus dilewati sehingga gak boleh menunda-nunda dalam merealisasikannya.

5. Berusahalah untuk tidak melibatkan mereka lagi dalam urusanmu

5 Hal Ini Harus Dilakukan saat Teman Seperjuangan Meninggalkanmuilustrasi merenung (pexels.com/Nguyen Lam)

Terakhir, jangan pernah melibatkan mereka lagi ke dalam urusanmu. Memang sih, mereka adalah sosok yang senantiasa menemani waktu dulu.

Namun, ingatlah bahwa sejatinya masa sudah berubah. Ketika mereka sudah menemukan jalan hidup masing-masing, stop ajak mereka masuk ke dalam hidupmu.

Terkadang, mereka itu tidak akan memiliki waktu sebab sudah fokus terhadap impiannya. Jika masih ingin melibatkannya, sama saja kamu telah mengusik zona nyaman yang sudah mereka buat. Oleh karena itu, berhentilah melibatkan mereka dan coba pakai sendiri kekuatanmu.

 

Jangan bersedih ketika teman-teman seperjuangan mulai meninggalkanmu. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar sebab setiap orang berhak mengejar apa yang mereka inginkan.

Baca Juga: 5 Tips Percaya Diri Bergaul dengan Teman Beragam Karakter dan Status 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya