Comscore Tracker

5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupa

Yuk hilangkan kebiasaan pelupa!

Setiap manusia pasti sering mengalami lupa ketika hendak melakukan sesuatu. Pelupa memang sifat alamiah manusia yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya yaitu faktor pertambahan usia seseorang yang membuat daya ingat semakin menurun. 

Selain itu faktor beban pikiran juga membuat seseorang mudah lupa terhadap sesuatu. Pelupa ini sering menjadi masalah dalam aktivitas hidup seseorang. Hanya karena melupakan satu hal membuat kegiatan tersebut semakin terhambat.

Maka dari itu simak penjelasan berikut ini untuk bisa membantu meningkatkan daya ingat yang baik. 

1. Melakukan olahraga secara rutin

5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupapexels.com/Tirachard Kumtanom

Gaya hidup seperti olahraga sangat membantu meningkatkan kesehatan fisik maupun otak. Olahraga bisa membantu dalam meningkatkan daya ingat otak. Ketika berolahraga seluruh tubuh akan bekerja dan terlatih sehingga tidak mengalami ketumpulan fungsi.

Selain itu juga dengan berolahraga aliran darah akan berjalan lancar. Hal ini akan mendukung terhadap kinerja jantung dan oksigenasi otak.

Maka dari itu lakukan olahraga secara rutin agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja otak.

2. Mengatur pola makan dengan baik

5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupapexels.com/Ella Olsson

Pola makan yang baik sangat mempengaruhi terhadap daya ingat seseorang. Alangkah baiknya jika mengonsumsi makanan bernutrisi supaya bisa meningkatkan daya ingat. Hal itu dikarenakan makanan bernutrisi bisa menambah kinerja organ tubuh semakin baik.

Menurut penjelasan Klikdokter.com bahwasanya dengan mengonsumsi makanan jenis berserat, kaya antioksidan dan bervitamin dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.

Yuk mulai atur pola makan dengan baik agar kinerja otak tidak terganggu.

3. Membaca berulang-ulang informasi yang didapatkan

5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupapexels.com/Kaboompics .com

Supaya informasi dapat masuk dalam memori otak dengan baik alangkah baiknya dengan mengulangi kata-kata yang didapatkan. Kebiasaan mengulangi suatu informasi yang didapatkan sangat mendukung dalam mengingat sesuatu dengan baik. 

Bukan hanya itu saja dengan menulis kemudian dibaca berulang-ulang akan mudah membantu mengingat informasi yang didapatkan.

Maka dari itu mulailah dengan mencatat dan membaca informasi yang sekiranya berpengaruh dalam aktivitas kerja maupun belajar.

Baca Juga: 7 Trik Gampang Menghafal Materi Kuliah Buat Kamu yang Pelupa

4. Mengatur informasi menjadi beberapa bagian

5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupapexels.com/ Karolina Grabowska

Cara ini sangat efektif yaitu dengan mempersingkat informasi menjadi sebuah kata atau kalimat yang menarik agar seseorang lebih gampang mengingat sesuatu. Misalnya warna pelangi yang disingkat menjadi mejikuhibiniu.

Selain itu juga bisa dilakukan ketika sedang menghafal suatu angka. Seperti saat mengingat nomor telepon, biasanya seseorang akan membagi menjadi tiga angka untuk bisa menghafal secara menyeluruh.

Maka dari itu cobalah cara ini untuk bisa mengelola informasi ke dalam otak dengan baik.

5. Melakukan permainan yang seru

5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupapexels.com/Alex Green

Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Cara yang bisa dilakukan untuk melatih otak yaitu dengan melakukan permainan seperti catur, puzzle, mengisi teka-teki silang, dan permainan strategi lainnya.

Hal ini akan mendukung dalam perkembangan otak agar bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika otak tidak terbiasa diasah maka lama-kelamaan akan tumpul. Otak perlu diasah supaya bisa memiliki daya intelegensi dan konsentrasi yang oke.

Mulailah untuk melakukan kelima cara tersebut agar kemampuan dalam mengingat sesuatu tidak menurun meskipun usia sudah mulai bertambah.

Baca Juga: Pahami 5 Hal Ini Biar Daya Juangmu dalam Hidup Meningkat

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya