Comscore Tracker

Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkan

Apakah kamu seorang people pleasure?

People pleaser dapat diartikan sebagai sebuah keadaan di mana seseorang cenderung menempatkan kepentingan orang lain di atas segalanya. Hal tersebut biasanya berdampak cukup buruk bagi kehidupan orang tersebut sehingga dia mengesampingkan prinsip self love.

Jika saat ini kamu terjebak dalam kondisi seperti itu, cobalah untuk berbenah agar orang lain tidak menganggapmu remeh. Ada beberapa hal yang bisa dibiasakan agar kamu bisa terlepas dari prinsip people pleaser dalam menjalani hidup. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan berikut ini.

1. Mulailah untuk menempatkan kepentingan pribadi di atas yang lainnya

Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkanunsplash.com/thought catalog

Kebanyakan seorang people pleaser cenderung tidak menggubris kepentingan pribadinya demi membuat orang lain bahagia. Cobalah untuk berpikir secara realistis apakah hal tersebut dapat membuatmu bahagia atau tidak. Sejatinya kepentingan pribadi itu harus di atas segalanya agar kamu dapat bertahan hidup.

Agar terhindar dari prinsip people pleaser, cobalah untuk senantiasa menempatkan kepentingan sendiri di atas yang lainnya. Ingatlah bahwa kamu juga berhak bahagia terhadap semua pilihan hidupmu. Jangan jadikan sikap terlalu baikmu itu menjadi sebuah bumerang untukmu kelak.

2. Berhentilah mencari pengakuan bahwa dirimu adalah orang baik

Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkanunsplash.com/NONRESIDENT

Terkadang seorang people pleaser itu cenderung mencari pengakuan kepada orang lain bahwa dirinya itu baik. Namun yang harus diingat adalah bahwa sejatinya kamu tidak bisa membuat semua orang di dunia ini menyukaimu. Percayalah bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang konyol untuk dilakukan.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk mencari kebahagiaanmu sendiri dengan tidak senantiasa rela melakukan apapun demi orang lain. Jadilah seseorang yang memiliki prinsip agar orang lain tidak mudah merendahkan martabatmu.

3. Buanglah kebiasaan gak enakan terhadap orang lain

Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkanunsplash.com/les anderson

Seorang people pleaser kebanyakan terjebak dalam rasa gak enakan ketika orang lain meminta bantuan. Sebenarnya untuk melepas perasaan gak enakan itu cukup susah karena pada hakikatnya manusia harus saling tolong menolong. Namun jangan pernah lupa untuk memerhatikan porsinya.

Pada saat orang lain meminta bantuan namun kamu sedang ada kesibukan, jangan pernah ragu untuk menolaknya. Percayalah bahwa mereka pasti akan mengerti keadaanmu saat itu juga. Jangan takut dibenci oleh orang lain selagi hal tersebut tidak merugikanmu.

Baca Juga: Sama-sama Cinta Diri, 5 Perbedaan Narsis dan Self-Love 

4. Jangan mudah percaya terhadap omongan orang lain

Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkanunsplash.com/ashkan forouzani

Sebelumnya telah disebutkan bahwa seorang people pleaser itu kebanyakan sering menjadikan omongan orang lain sebagai sebuah patokan kebahagiaan. Dengan adanya hal tersebut, cobalah untuk mengubah pola pikir tersebut agar kamu tidak mudah mengiyakan permintaan orang lain.

Selain itu, coba deh untuk gak mudah percaya terhadap omongan orang lain yang menganggapmu baik. Bisa saja hal tersebut hanya sebagai kedok agar kamu bisa dimanfaatkan olehnya. Maka dari itu cobalah untuk lebih bijak dalam melakukan sesuatu agar tidak malah merugikan dirimu.

5. Mulailah mencari jati diri agar gak mudah dibodohi

Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkanunsplash.com/eloise ambrusley

Dalam menjalani hidup, setiap orang dituntut untuk dapat menemukan jati dirinya sendiri. Namun untuk mewujudkan hal itu sangat susah karena kamu pasti cenderung sulit beranjak dari zona nyaman. Ketika telah menemukan jati diri, kamu pasti akan paham bagaimana cara yang tepat bagimu untuk bahagia.

Ingatlah bahwa tidak kebahagiaan yang ada di dunia ini itu berdasarkan omongan orang lain. Cobalah untuk menggali prinsip hidup yang dapat menjadi patokanmu agar kamu tidak mudah dibodohi. Lakukan hal tersebut sebelum terlambat agar hidupmu dapat dipenuhi dengan kebaikan.

Mau bagaimanapun juga, prinsip people pleaser harus cepat-cepat dihilangkan di dalam diri. Cintailah dirimu sendiri melebihi apapun agar tidak ada orang yang berani menggubris kebahagiaanmu.

Baca Juga: 5 Pesan Self Love Melalui "I Love Me", Lagu Terbaru Demi Lovato

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya