Comscore Tracker

5 Hal yang Kelihatannya Positif namun Berdampak Buruk bagi Hidup

Sadarlah bahwa itu bukan hal baik!

Dalam menjalani hidup, kita memang dituntut untuk senantiasa melakukan hal-hal positif. Hal tersebut dilakukan demi menjaga hubungan baik antar sesama manusia. Namun ada banyak hal yang melihatannya positif, tetapi nyatanya malah berdampak buruk bagi hidupmu.

Hal tersebut biasanya berkaitan dengan perilakumu terhadap orang-orang di sekitarmu. Beberapa hal positif yang sebenarnya berdampak buruk akan dirangkum di dalam tulisan ini dengan saksama. Simak pembahasan lengkapnya baik-baik, ya!

1. Kamu terlalu sering menuruti permintaan tolong orang lain

5 Hal yang Kelihatannya Positif namun Berdampak Buruk bagi HidupIlustrasi membantu (pexels.com/mikhail nilov)

Membantu antar sesama merupakan sebuah hakikat dari seorang manusia. Namun dalam memberikan bantuan, kamu harus memberikan batasan terhadap diri sendiri. Batasan ini ditujukan agar kamu tidak terlalu berlebihan dalam berbuat baik.

Jika hal tersebut tetap dilakukan, kamu pasti akan dirugikan sebab mereka bakal memanfaatkanmu. Hati-hati, ya!

2. Kamu selalu memaksakan diri untuk tersenyum meskipun sedang tidak baik-baik saja

5 Hal yang Kelihatannya Positif namun Berdampak Buruk bagi HidupIlustrasi senyum palsu (pexels.com/pavel danilyuk)

Ketika menghadapi sebuah kekecewaan, pasti akan timbul kesedihan dari dalam diri. Saat hal itu terjadi, terkadang banyak orang cenderung berlagak sok kuat hanya agar tidak dicap sebagai manusia lemah. Padahal, hal tersebut tentunya malah akan memberikan pengaruh buruk bagi dirimu.

Kamu pasti akan terbiasa membohongi diri sendiri sehingga mudah merasakan makan hati. Jika merasakan sebuah kesedihan, jangan pernah ragu untuk mengungkapkannya. Ingatlah bahwa sejatinya manusia memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dari Menulis Lirik Lagu

3. Kamu selalu memaksa diri untuk melakukan sesuatu di luar kemampuan

5 Hal yang Kelihatannya Positif namun Berdampak Buruk bagi HidupIlustrasi kerja keras (pexels.com/yan krukov)

Tidak bisa dimungkiri, bahwa setiap orang pasti memiliki limit kemampuan ataupun energi masing-masing. Dengan adanya hal tersebut, seseorang pantang melakukan sesuatu yang sejatinya di luar kemampuannya. Selain hanya mendapatkan kesedihan, waktu pasti akan terbuang sia-sia.

Cobalah untuk melihat hal-hal yang mudah kamu gapai dan sesuai kemampuanmu. Hal tersebut tentunya akan memudahkanmu dalam meraih mimpi-mimpi hidup. Oleh karena itu, mulai sekarang coba deh jangan terlalu memaksakan diri!

4. Kamu selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang disegani orang lain

5 Hal yang Kelihatannya Positif namun Berdampak Buruk bagi HidupIlustrasi berbuat konyol (pexels.com/elina fairytale)

Di awal sudah disebutkan bahwa sejatinya manusia itu harus menjaga hubungan baik sesama manusia. Namun pernyataan tersebut tidak membenarkan bahwa kamu harus menyenangkan hati semua orang.

Meskipun kamu berusaha untuk bersikap sebaik mungkin, pasti ada beberapa orang yang tidak menyukaimu. Hidupmu sesuai keinginanmu asalkan hal itu tidak melanggar peraturan dan norma sosial.

5. Kamu selalu berharap terlalu tinggi tanpa memerhatikan kenyataan

5 Hal yang Kelihatannya Positif namun Berdampak Buruk bagi HidupIlustrasi merenung (pexels.com/cottonbro)

Banyak orang cenderung memiliki mimpi yang spektakuler. Hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja untuk dilakukan tetapi jangan terlalu berlebihan. Terkadang kamu harus menerima apapun yang ada di hadapanmu dengan lapang dada. Salah satu contohnya adalah perihal cinta.

Jika kamu memiliki perasaan kepada sang pujaan hati namun dia tidak membalasnya, janganlah mamu menurunkan harga dirimu demi mendapatkannya. Cobalah untuk berpikiran lebih terbuka karena sejatinya manusia yang bisa dicintai bukanlah dia saja.

 

Kelima hal positif di atas sebenarnya perlu disaring agar tidak malah merugikanmu. Berperilaku positif dalam menjalani hidup memang sebuah kewajiban, namun kamu harus tetap memerhatikan realita yang ada, ya!

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Suka Menyebarkan Energi Positif, Bukan untuk Pencitraan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya