Comscore Tracker

Jauhi 5 Hal Negatif Ini Jika Kamu Tidak Ingin Dicap 'Belum Dewasa'

Tinggalkan yuk!

Semua orang di dunia ini lasti memerlukan sikap dewasa untuk bisa bertahan hidup. Namun terkadang hal itu sangat susah dibangung karena kebiasaan buruk pada masa remaja. Mau tidak mau kamu harus bisa bergegas dari zona itu demi kebaikan dirimu.

Ada beberapa hal yang menggambarkan bahwa kamu bisa dibilang belum dewasa. Kedewasaan biasanya didapat oleh penilaian orang lain terhadap diri sendiri. Oleh karena itu kamu haruslah cepat-cepat berbenah dan menjauhi lima hal buruk di bawah ini.

1. Selalu mengeluh

Jauhi 5 Hal Negatif Ini Jika Kamu Tidak Ingin Dicap 'Belum Dewasa'pexels.com/min an

Seiring berjalannya waktu, beban yang dipikul dalam hidup memang bertambah berat. Hal tersebut biasanya malah menjadikan dirimu terdorong untuk mengeluh. Sebenarnya hal itu tidak dapat terelakkan karena setiap orang pasti memiliki kesabaran dan kemauan menahan diri yang berbeda-beda.

Namun ingatlah bahwa mengeluh bukanlah satu-satunya jalan terbaik agar masalahmu cepat selesai. Bisa saja banyak masalah baru yang mengintai dan mungkin malah masuk dalam kehidupanmu. Seseorang yang telah dewasa selalu bersyukur terhadap apa yang didapatkannya. Tak ada keluhan yang dikeluarkan dari mulutnya.

2. Tidak pernah peduli dengan kesusahan orang lain

Jauhi 5 Hal Negatif Ini Jika Kamu Tidak Ingin Dicap 'Belum Dewasa'pexels.com/cottonbro

Semua orang pasti setuju bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Hal itu membuatmu dituntut untuk selalu peduli terhadap orang-orang disekitar. Jika kamu selalu merasa bodo amat terhadap orang lain yang kesusahan, maka kamu belumlah dewasa.

Salah satu ciri dari orang dewasa adalah dia yang selalu membantu orang lain tanpa pamrih. Membantu yang dimaksud itu tidak hanya tentang dukungan materi, menanyakan permasalahan yang dihadapi juga merupakan termasuk bantuan yang cukup berdampak.

3. Terbiasa melalaikan tanggung jawab

Jauhi 5 Hal Negatif Ini Jika Kamu Tidak Ingin Dicap 'Belum Dewasa'pexels.com/pixabay

Orang dewasa adalah dia yang bisa menjalankan tanggung jawab dengan baik. Dalam hidup ini, semua orang pasti tidak akan terlepas dari tanggung jawab masing-masing. Seseorang yang cenderung menyepelekan hal tersebut dapat dikatakan bahwa dia belumlah dewasa.

Mau tidak mau kamu harus menjalankan tanggung jawab karena hal itu akan sangat mempengaruhi kehidupanmu. Ingatlah bahwa jika tanggung jawab itu tidak dikerjakan, maka tak dapat dipungkiri kamu juga tak memiliki survive yang mumpuni.

Baca Juga: Memandang Cinta, Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa Punya 7 Perbedaan 

4. Selalu mengedepankan ego daripada hati nurani

Jauhi 5 Hal Negatif Ini Jika Kamu Tidak Ingin Dicap 'Belum Dewasa'pexels.com/andrea piacquadio

Tidak ada orang yang tak memiliki ego dalam dirinya. Namun tidak semua orang bisa menahan egonya demi kepentingan bersama. Menahan keinginan sendiri agar bisa terealisasi memang sangatlah susah. Namun hal tersebut harus kamu lakukan jika ingin dicap dewasa oleh orang lain.

Kanu tidak boleh menjadi orang yang cenderung egosentris. Ingatlah bahwa dunia ini berputar bukan hanya untukmu. Cobalah untuk memikirkan kehidupan orang lain yang terpengaruhi oleh egomu. Meskipun susah, tetapi mau tidak mau kamu harus melakukannya.

5. Tidak konsisten dengan apa yang diucapkan

Jauhi 5 Hal Negatif Ini Jika Kamu Tidak Ingin Dicap 'Belum Dewasa'pexels.com/pixabay

Selain tanggung jawab terhadap perbuatan, kamu juga harus melakukan hal itu kepada ucapan yang telah dilontarkan. Pada saat berbicara dengan orang lain, maka cobalah untuk memikirkannya terlibah dahulu perihal mampu atau tidak mampu.

Jika kamu terlanjur telah mengucapkan sesuatu yang mungkin susah direalisasikan, maka cobalah untuk mengusahaknnya. Jangan menghilang begitu saja akibat kamu tidak bisa membuktikannya. Orang dewasa adalah dia yang selalu konsisten terhadap semua ucapan yang keluar dari mulutnya.

Itulah kelima hal yang harus kamu jauhi jika ingin dicap sebagai orang yang telah dewasa. Jangan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat ya!

Baca Juga: Sering Putus Nyambung? 7 Tanda Cara Berpacaranmu Masih Belum Dewasa

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya