Comscore Tracker

5 Hal Negatif yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepala

Belajar lebih bijak, yuk!

Setiap orang pasti memiliki sikap keras kepala. Hal itu karena pada dasarnya seseorang itu punya ego yang tinggi. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa sikap tersebut pasti tertanam di dalam sanubarinya. Apakah kamu sering melakukannya?

Namun, kamu harus menyadari bahwa hal tersebut sejatinya tidak baik bagi segala aspek hidupmu. Ada beberapa hal negatif yang terjadi jika kamu terlalu bersikap keras kepala. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Kamu tidak akan bisa mendefinisikan salah dan benar secara seutuhnya

5 Hal Negatif yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepalailustrasi stres (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setiap orang itu harus bisa membedakan mana yang salah atau benar. Jika terlalu bersikap keras kepala, kamu pasti akan susah menentukan hal tersebut. Itu terjadi sebab yang ada di pikiranmu hanyalah semuanya tentang dirimu.

Segala sesuatu yang kamu anggap benar itu terus dipertahankan. Alhasil, terkadang kamu pun membenarkan sesuatu yang mungkin secara norma atau logika salah. Kamu enggan disalahkan sebab sudah berpatokan pada pemikiranmu.

2. Orang lain pasti akan geram terhadapmu

5 Hal Negatif yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepalailustrasi perundungan (pexels.com/Yan Krukov)

Percayalah bahwa orang lain pasti akan geram terhadapmu jika kamu terlalu bersikap keras kepala. Terlebih, hal ini bakal terjadi jika ada banyak orang yang keputusannya berubah hanya untuk menuruti egomu.

Kamu pun harus menanggung semua risiko yang mereka hadapi. Jika gagal, percayalah bahwa mereka pasti akan memarahimu habis-habisan. Cobalah untuk tidak terlalu bersikap keras kepala dan menghargai orang lain.

Baca Juga: 5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!

3. Kamu tidak akan pernah bersikap terbuka terhadap sebuah perbedaan

5 Hal Negatif yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepalailustrasi mengobrol (pexels.com/George Pak)

Seseorang yang bersikap keras kepala cenderung punya pola pikir tertutup. Maksudnya, kamu tidak menerima segala bentuk perbedaan sebab yang menurutmu benar itu harus disetujui oleh orang-orang di sekitarmu.

Tindakan tersebut tentunya bakal memicu reaksi banyak pihak yang berurusan denganmu. Mereka juga tak akan ambil pusing untuk mendesakmu menggugurkan segala bentuk idealisme yang merugikan kepentingan bersama.

4. Emosimu pasti akan terus-terusan tidak stabil untuk mempertahankan hal itu

5 Hal Negatif yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepalailustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selanjutnya, emosimu pasti gak akan stabil sebab kamu selalu berusaha mati-matian untuk mempertahankan ego tersebut. Terkadang, kamu akan rela melakukan langkah apa saja agar apa yang menurutmu benar itu diterima semua orang.

Berangkat dari hal tersebut, boleh dibilang bahwa sikap keras kepalamu itu lambat laun bakal merugikanmu sendiri. Nantinya, kamu pasti akan terlalu terobsesi terhadap hal tersebut dan gak bisa melihat kenyataan yang terjadi.

5. Kamu pasti akan menyesal jika suatu saat nanti idealismemu gagal tergapai

5 Hal Negatif yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepalailustrasi merenung (pexels.com/mentatdgt)

Kamu pasti setuju bahwa sebuah penyesalan pasti datang di akhir. Itu bakal dirasakan jika kamu cenderung bersikap keras kepala terhadap pencapaian-pencapaianmu. Hal tersebut terjadi sebab kamu gak bisa melihat seberapa kuat kemampuanmu sendiri.

Alhasil, ketika di hadapkan dengan sebuah kegagalan, kamu akan merasa bahwa apa yang telah dilakukan kemarin merupakan kesalahan. Kamu menyesal telah bersikap terlalu idealis dengan sesuatu yang gak bisa kamu gapai.

Setelah membaca kelima dampak negatif di atas, apakah kamu masih ingin bersikap keras kepala? Cobalah untuk menjadi seseorang yang lebih bijak sebab hidup itu tidak melulu tentang dirimu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Berdebat dengan Orang Keras Kepala

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya