Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsisten

Siapa nih yang masih susah dalam menjaga konsistensi?

Tidak ada orang yang tak memiliki keinginan untuk merealisasikan mimpinya. Namun hal tersebut akan susah dilakukan karena banyak cobaan yang menghadang. Satu hal penting yang dibutuhkan agar mimpi mudah tercapai adalah dengan menanamkan konsistensi diri. Tetapi hal tersebut sangat susah dilakukan karena kamu diharuskan berjuang melawan kemalasan.

Kemalasan itu biasanya malah memunculkan sikap inkonsisten dalam berjuang. Hal tersebut pastilah sangat berbahaya bagi dirimu karena semua angan yang kamu mimpikan itu bisa saja hanya menjadi angan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sikap inkonsisten itu hilang dari dirimu. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Selalu berpatokan pada puncak keberhasilan mimpi

Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsistenpexels.com/karolina grabowska

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki mimpi dalam hidupnya. Jika kamu sedang dihadapkan pada sikap inkonsisten, cobalah untuk lebih berpatokan pada keberhasilan mimpi-mimpi. Bayangkan semua kebahagiaan yang akan didapatkan jika kamu telah berhasil merealisasikan mimpi.

Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan terdorong untuk lebih disiplin dalam menghargai waktu. Kamu pasti tidak akan menyia-nyiakan sisa hidupmu untuk tidak berjuang. Satu hal yang harus diingat adalah hukum timbal balik itu akan terus berlaku. Jika kamu ingin hasil terbaik, maka perjuangkan mimpimu sebaik mungkin.

2. Senantiasa mengingat orang-orang terdekat yang tak lelah mendukungmu

Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsistenpexels.com/fauxels

Biasanya seseorang pasti akan lebih bersemangat jika ada orang-orang tersayang yang senantiasa mendukungnya. Begitupula dirimu, dukungan moral dari orang tersayang sangatlah berpengaruh pada pencapaian mimpi. Tak akan ada kata lelah yang ada dalam dirimu karena banyak yang mengharapkan kesuksesanmu.

Maka dari itu cobalah untuk selalu berdiskusi dengan mereka jika lelah mulai melanda. Mereka adalah tempat yang paling tepat untuk berkeluh kesah atas semua kepedihan yang kamu rasakan dalam berjuang. Lagipula mereka juga pasti akan dengan senang hati menjadi tempatmu untuk bersandar.

3. Menjadikan pekerjaan itu sebagai hobi

Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsistenpexels.com/startup stock photos

Jika pekerjaanmu saat ini sangatlah berat, cobalah untuk mengubah pola pikirmu mengenai hal itu. Biasanya seseorang pasti tidak akan mudah lelah jika melakulan sesuatu yang disukainya. Begitupula pekerjaanmu, cobalah ubah hal tersebut dari yang cukup memberatkan menjadi hobi.

Dengan adanya hal tersebut, kamu pasti akan lebih mudah untuk konsisten karena tak ada yang dirasa cukup memberatkan. Kamu akan melakukan semuanya dengan senang hati dan tak ada kata menyerah yang bisa muncul dalam diri. Semua mimpi pasti akan mudah terealisasi karena konsistensi diri yang cukup tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Jika Kamu Konsisten Tidak Pacaran Selama Kuliah

4. Tak pernah lelah untuk mencari motivasi dari orang lain

Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsistenpexels.com/helena lopes

Biasanya seseorang butuh bantuan orang lain untuk lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Motivasi-motivasi yang dilontarkan dari mulut orang lain cenderung lebih efektif untuk memunculkan aura positif dalam diri. Hal tersebut juga akan sangat membantumu untuk membuang segala hal yang berbau sikap inkonsisten.

Jangan pernah tutup telingamu dan menganggap bahwa kamu bisa melewati semuanya dengan sendirian. Ingatlah bahwa pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu cobalah untuk meminta nasihat dari orang-orang yang kamu percayai.

5. Memberi sanksi untuk diri sendiri ketika sikap buruk itu tiba-tiba muncul

Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsistenpexels.com/inzmam khan

Sikap inkonsisten itu biasanya muncul ketika beban yang dipikul semakin berat dan semangat untuk menjalaninya mulai berkurang. Agar bisa lebih disiplin dalam berjuang, alangkah lebih baik jika kamu membuat beberapa sanksi untuk diri sendiri jika sikap itu tiba-tiba muncul kembali.

Hal tersebut pasti akan sangat efektif karena tekanan yang dihasilkan dapat membuatmu lebih menghargai waktu. Dengan adanya hal tersebut, kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang tidak pernah membuang waktu secara percuma karena tidak ingin hal-hal tak diinginkan terjadi padamu melalui sanksi yang telah ditetapkan.

Jika kamu ingin menjadi orang sukses, maka jangan pernah menjadi seseorang yang tak bisa menghargai waktu. Disiplinlah mulai dari sekarang!

Baca Juga: Patut Ditiru, 5 Zodiak Ini Paling Konsisten Jalani Pola Hidup Sehat

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya