Comscore Tracker

Gak Buruk, Kebiasaan Overthinking akan Menimbulkan 5 Hal Positif Ini

Apakah kamu sering overthinking terhadap segala hal?

Setiap orang pasti pernah melakukan overthinking, terlebih lagi jika di malam hari. Overthinking adalah sebuah kegiatan yang biasanya membuat diri menjadi merasa serba salah. Hal itu biasanya dilakukan ketika seseorang merasa bahwa perbuatannya itu merugikan orang lain.

Meskipun banyak kesan buruk, namun ada banyak hal positif yang sebenarnya bisa dipetik dan cukup bermanfaat bagi keberlangsungan hidupmu. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal apa saja yang dimaksud, cobalah simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Kamu akan menjadi orang yang lebih peduli  

Gak Buruk, Kebiasaan Overthinking akan Menimbulkan 5 Hal Positif Inipexels.com/andrea piacquadio

Ketika terbiasa overthinking, kamu akan menjadi seseorang yang lebih peduli terhadap orang lain. Hal itu karena kamu pasti akan cenderung memikirkan perasaan orang lain sehingga menjaga perbuatan serta perkataan agar tidak menyakiti hatinya.

Orang lain pasti akan sangat menghargai perbuatanmu yang memikirkan dirinya terkait apa yang telah kamu lakukan. Alhasil ikatanmu dengannya akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Maka dari itu kebiasaan overthinking memang sebenarnya perlu dilihat dari segi positif.

2. Kamu akan terbiasa hidup di bawah tekanan sehingga menjadi lebih kuat 

Gak Buruk, Kebiasaan Overthinking akan Menimbulkan 5 Hal Positif Inipexels.com/Elle Hughes

Hal buruk yang didapat jika terbiasa overthinking adalah kamu akan cenderung memikirkan sebuah hal gak penting. Alhasil kamu akan merasakan sebuah tekanan hidup sehingga banyak makan hati yang didapat olehmu. Namun dibalik keburukan itu, kamu akan menjadi seseorang yang lebih kuat.

Kamu akan terbiasa hidup di bawah tekanan sehingga hal tersebut dapat menjadi poin plus untuk kariermu. Ingatlah bahwa banyak perusahaan butuh seseorang yang kuat mental sehingga dapat bekerja di bawah tekanan. Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan poin tersebut karena telah terbiasa melakukannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamu Capek Sendiri, Hindari Yuk! 

3. Kamu punya banyak waktu untuk melakukan introspeksi diri 

Gak Buruk, Kebiasaan Overthinking akan Menimbulkan 5 Hal Positif Inipexels.com/Ivan Oboleninov

Selain kepedulian terhadap orang lain, kamu akan menjadi lebih terbuka dengan diri sendiri. Kebiasaan overthinking dapat membuatmu untuk senantiasa menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya. Introspeksi diri akan sering kamu lakukan agar tidak ada orang yang tersakiti karena tingkahmu.

Dengan adanya hal tersebut kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih bijaksana dalam menjalani hidup. Maka dari itu cobalah untuk mengelola kebiasaan overthinking dengan baik agar kamu dapat menjadi manusia seutuhnya.

4. Kamu akan lebih memerhatikan dampak sebelum bertindak 

Gak Buruk, Kebiasaan Overthinking akan Menimbulkan 5 Hal Positif Inipexels.com/rene asmussen

Hal lain yang akan didapat jika terbiasa melakukan overthinking adalah kamu akan lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Kamu akan belajar bahwa sebelum bertindak, memerhatikan dampak adalah hal yang perlu dilakukan. Hal itu bertujuan agar tidak ada orang yang tersakiti karena tingkahmu baik disengaja maupun tidak.

Alhasil kamu akan terhindarkan dari hal-hal yang dapat menyakiti orang lain meskipun tidak ada maksud untuk melakukannya. Dengan adanya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kebiasaan overthinking dapat membantumu untuk menjadi orang yang tidak tergesa-gesa dalam bertindak. 

5. Kamu akan paham apa yang terbaik untukmu

Gak Buruk, Kebiasaan Overthinking akan Menimbulkan 5 Hal Positif Inipexels.com/andrea piacquadio

Setiap orang memang dituntut untuk bisa lebih baik dari sebelumnya. Kebiasaan overthinking dapat membantumu untuk mengetahui hal apa saja yang terbaik untukmu dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah bahwa tidak semua orang bisa paham tentang dirinya sendiri.

Terkadang seseorang perlu menggali lebih dalam mengenai langkah apa yang cocok untuk ke depannya. Maka jika kamu ingin melihat bagaimana sebenarnya bagian terbaik dari dirimu, lakukanlah kegiatan overthinking dengan tujuan untuk merenungkan segala hal yang berhubungan dengan hidupmu. 

Satu hal yang harus diingat adalah jangan sampai kebiasaan overthinking tersebut dapat membuatmu terlalu banyak meratapi nasib. Lakukan seperlunya dan jangan berlebihan!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamu Capek Sendiri, Hindari Yuk! 

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya