Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaan

Kunci kebahagiaan adalah kesederhanaan

Semua orang pasti setuju bahwa kehidupan di dunia ini akan mulus ketika dibarengi dengan harta yang mencukupi. Namun di sisi lain tidak banyak orang yang secara ekonomi tak mampu untuk menghidupi kesehariannya. Mereka hidup dengan segala keterbatasan namun tetap tabah dalam menjalani kehidupan. Bagi kita yang mampu dalam hal materi, sebaiknya harus bisa mencontoh sikap yang dimiliki oleh orang-orang tersebut.

Sikap yang dimaksudkan adalah tentang kesederhanaan. Memang agak susah ketika kita telah bergelimang harta jika disuruh untuk hidup sederhana. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba. Lagipula dampak-dampak yang dihasilkan ketika menerapkan kesederhaan itu tentunya bersifat baik. Jika tidak percaya, cobalah untuk menyimak penjelasannya berikut ini.

1. Kamu pasti akan disegani oleh orang lain

5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaanunsplash/brooke cagle

Ketika kamu terlahir dari keluarga yang tercukupi ataupun telah berhasil meraih mimpi-mimpi sehingga bisa mendapatkan harta yang melimpah, tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mengedepankan kesederhanaan pada semua aspek di dalam hidupmu.

Manfaat yang akan diraih itu tidak melulu berasal dari dalam diri, melainkan dari faktor luar pasti akan berdampak ketika kamu melakukan hal yang positif tersebut. Contoh yang paling nyata adalah orang lain pasti akan segan terhadapmu.

Mereka akan menganggap bahwa meskipun dirimu telah diselimuti oleh kekayaan, tetapi kehidupan yang down to earth selalu kamu terapkan dalam menjalani kehidupan. Itu pasti menjadi keuntungan untukmu jika suatu saat dirimu sedang mengalami kesusahan, orang lain tidak akan segan-segan untuk membantumu.

2. Tidak akan ada beban hidup yang cukup berat untuk dipikul

5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaanunsplash.com/william rouse

Sikap sederhana tidak hanya harus dimiliki oleh orang yang hartanya melimpah saja, melainkan orang-orang biasa seperti kita pun harus menerapkan sikap tersebut agar terhindar dari beban hidup yang cukup memberatkan.

Ketika kamu berada pada tingkat ekonomi yang menengah, kesederhanaan akan membantumu dalam mengentaskan beban-beban yang sebelumnya telah dipikul, bahkan juga kamu bisa mencegah sebuah beban untuk muncul dalam kehidupanmu.

Contoh kongkritnya adalah ketika kamu hidup berfoya-foya namun tidak berdasarkan isi dompet, beban material dan moral pun pasti akan menyelimuti kehidupanmu. Oleh karena itu, membentuk sikap kesederahaan dalam diri merupakan solusi utama jika ingin bahagia.

3. Dirimu akan dijauhkan dari sifat serakah

5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaanunsplash/brooke cagle

Semua orang yang telah bekerja pasti akan merasakan masa-masa gajian. Hal utama yang harus dimiliki agar gajimu itu tidak terbuang sia-sia adalah dengan cara meningkatkan kualitas diri dalam mengatur keuangan. Seseorang tidak akan merasakan kekayaan jika dia tidak pandai menabung.

Selalu bersikap sederhana merupakan langkah awal untuk melatih kemampuanmu dalam mengatur keuangan. Kamu tidak akan merasa untuk memiliki apapun yang bertujuan hanya untuk mengikuti arus tren. Oleh karena itu, tanamkanlah kesederhanaan dalam dirimu mulai sekarang. 

Baca Juga: 5 Cara Ini Membuatmu Belajar Menjalani Hidup Sederhana tanpa Mengeluh 

4. Kamu akan mudahnya mensyukuri terhadap apapun yang telah dicapai

5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaanunsplash.com/radu florin

Roda kehidupan pasti akan berputar terus berputar seiring berjalannya waktu. Terkadang kamu bisa merasakan puncak dari keberhasilanmu, namun suatu saat kamu juga akan bisa menderita karena pahitnya kehidupan yang harus dirasakan. Jika kamu ingin bahagia terhadap kehidupan yang sifatnya labil seperti itu, kunci utamanya adalah selalu bersyukur.

Hakikat dari kata bersyukur sendiri adalah menerima apapun yang kamu dapatkan dengan lapang dada. Jika sebelumnya kamu telah menerapkan sikap sederhana dalam hidupmu, perasaan untuk selalu bersyukur pasti akan tertanam kuat dalam hatimu

5. Hidupmu pasti akan dipenuhi dengan ketenteraman

5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaanunsplash.com/radu florin

Setiap orang yang hidup di dunia pasti mengharapkan kehidupan yang damai. Hidup damai itu sendiri dapat dirasakan ketika kamu bisa untuk menerima apapun yang terjadi pada hidupmu. Jika kamu telah memutuskan untuk selalu hidup dengan kesederhanaan, maka hidup tenteram bisa terjamin.

Kesederhanaan akan sangat membantumu dalam menumbuhkan rasa syukur dalam diri.  Banyak orang pasti setuju bahwa kunci utama dari kebahagiaan adalah bersyukur. Hal itu terjadi karena dengan bersykur, akan tidak ada penyakit hati yang dapat menyelimuti dirimu.

Itulah kelima manfaat yang akan didapat jika menerapkan kesederhanaan dalam hidup. Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan dampak positifnya. Semangat ya!

Baca Juga: 6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresi

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya