Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gampang Meninggalkan Tanggung Jawab

Siapa nih yang suka meninggalkan tanggung jawab?

Menjaga tanggung jawab merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Namun pada kenyataannya, terkadang banyak orang yang cenderung mudah melepaskan tanggung jawab dengan alasan beragam. Entah itu memiliki kesibukan lain ataupun tidak terlalu bisa melakukannya, kedua hal tersebut merupakan alasan yang sering dijumpai.

Padahal ketika sudah diberi kepercayaan oleh orang lain, sebuah tanggung jawab perlu dilakukan semaksimal mungkin. Ada beberapa hal yang tanpa disadari membuatmu mudah melepaskan tanggung jawab. Apakah kamu termasuk orang yang mudah meninggalkan tanggung jawab? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasan ini, ya!

1. Terbiasa menunda pekerjaan dengan alasan terlalu kelelahan

5 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gampang Meninggalkan Tanggung JawabIlustrasi merenung (pexels.com/bruno bueno)

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang memang memiliki limit energi yang berbeda-beda. Ketika sudah mencapai limit, seseorang akan cenderung merasa lelah dan ingin beristirahat. Namun percayalah bahwa hal tersebut merupakan suatu tindakan yang bisa membuatmu melepaskan tanggung jawab.

Maksudnya di sini adalah banyak orang yang sering menunda pekerjaannya hanya karena ingin mengistirahatkan diri. Sebenarnya beristirahat merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan untuk tahap recovery. Namun hal tersebut bisa menimbulkan efek candu sehingga membuatmu mudah meninggalkan tanggung jawab.

2. Perihal mengerjakan tugas kelompok kuliah, kamu sering susah dihubungi

5 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gampang Meninggalkan Tanggung JawabIlustrasi lelah (pexels.com/khoa võ)

Tanpa disadari, kebiasaan slow respon juga merupakan sebuah hal yang dapat membuatmu gampang meninggalkan tanggung jawab. Contohnya adalah ketika sedang mengerjakan tugas kelompok kuliah, kebiasaan slow respon akan membuatmu rekan-rekan menjadi jengkel terhadapmu.

Padahal komunikasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam mengerjakan suatu proyek. Apakah kamu termasuk orang yang sering slow repson jika ada proyek bersama? Jika iya, coba deh untuk menguranginya sebab rekan-rekanmu juga akan merugi.

3. Sering meremehkan pekerjaan yang akan dihadapi

5 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gampang Meninggalkan Tanggung JawabIlustrasi meremehkan (pexels.com/william fortunato)

Percayalah bahwa sering meremehkan sebuah pekerjaan merupakan salah satu hal yang dapat membuatmu gampang meninggalkan tanggung jawab. Biasanya kamu pun akan menunda-nunda dalam mengerjakan hal tersebut karena dianggap terlalu enteng.

Namun yang perlu di garis bawahi adalah menunda pekerjaan hanya akan menambah derita di kemudian hari. Alhasil kamu pasti akan mengerjakan hal tersebut saat mepet deadline, sehingga semuanya menjadi keteteran.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah Pekerjaan

4. Tidak bersikap totalitas karena diri terlalu dikuasai oleh rasa malas

5 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gampang Meninggalkan Tanggung JawabIlustrasi bekerja (pexels.com/anete lusina)

Dalam mengerjakan sebuah tanggung jawab, diperlukan adanya sikap totalitas yang tinggi agar hasilnya nanti bisa memuaskan. Seseorang yang gampang meninggalkan tanggung jawab itu cenderung tidak bersikap totaliras sebab terlalu dikuasai rasa malas.

Alhasil hal tersebut pun membuatmu mudah meremehkan sesuatu sehingga semuanya tidak dikerjakan dengan baik. Maka dari itu mulai sekarang jika memiliki tanggung jawab, jangan biarkan dirimu dikuasai oleh rasa malas, ya!

5. Mengerjakan sesuatu asalkan selesai tanpa memerhatikan kesempurnaan hasil

5 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gampang Meninggalkan Tanggung JawabIlustrasi bekerja (pexels.com/ono kosuki)

Siapa nih yang sering mengerjakan sesuatu asalkan selesai tanpa memerhatikan kesesuaian hasil? Orang semacam itu biasanya cenderung gampang menyepelekan tanggung jawab sebab sikapnya yang buruk. Padahal sejatinya sebuah tanggung jawab itu harus dilakukan sebaik mungkin agar orang lain bisa percaya terhadapmu.

Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu menjaga kepercayaan orang lain dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika diberi tanggung jawab, coba lakukan hal tersebut sebaik mungkin agar nantinya kamu terbiasa bersikap totalitas ketika ada pekerjaan baru yang lainnya.

Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu termasuk orang yang sering meninggalkan tanggung jawab atau tidak? Jika iya, cobalah untuk membenahi semuanya. Lagipula hal tersebut perlu dilakukan demi kebaikanmu sendiri, kok!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung Jawab

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya