Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapan

Tetap bertahan, ya!

Kehilangan harapan merupakan sebuah hal yang bisa banget membuat sedih. Apalagi jika harapan tersebut merupakan sebuah hal yang sangat diinginkan, kamu akan merasa bahwa semuanya sudah gagal. Biasanya, hal itu terjadi saat usahamu yang sudah dilakukan maksimal malah berakhir sia-sia.

Saat hal itu terjadi, yang ada di dalam pikiranmu adalah mencari bagaimana caranya untuk menyerah. Namun, hal tersebut sebenarnya gak boleh dilakukan karena hanya akan membuat keadaan bertambah buruk. Selain itu, kamu juga pantang melakukan kelima hal ini saat mulai kehilangan harapan.

1. Menyalahkan diri sendiri terhadap apa yang terjadi

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapanilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Janganlah kamu menyalahkan diri sendiri ketika mulai kehilangan harapan. Biasanya, hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan sebab pikiranmu bakal menjadi kalut. Bahkan, kamu pasti akan susah menemukan solusi terkait harapan yang tak kunjung terealisasi. Jika sering melakukan hal semacam itu, lebih baik berhenti aja, deh!

Fokuslah terhadap apa yang kamu hadapi saat ini. Ketika ada terbesit rasa untuk menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk menghilangkannya dengan segera. Lagipula, masih ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh untuk meraih kesuksesan daripada menyalahkan diri sendiri.

2. Bersikap kolot dan tidak mau melakukan introspeksi perihal usahamu

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapanilustrasi menangis (pexels.com/Ivan Samkov)

Saat kamu mulai kehilangan harapan, cobalah untuk membuat pola pikir kolot yang ada di dalam kepalamu. Janganlah kamu merasa bahwa apa pun yang sudah dilakukan kemarin itu benar. Terkadang, pemikiran semacam itu malah akan membuat permasalahan yang kamu hadapi bertambah rumit.

Cobalah untuk mau melakukan introspeksi diri agar harapan yang barusan gagal itu bisa dibetulkan. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang kamu inginkan itu bakal terealisasi jika mau mengusahakannya. Saat mulai kehilangan harapan, teruslah melakukan introspeksi terkait usahamu.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Tidak Punya Harapan

3. Mencari pelampiasan untuk meredakan kekecewaanmu

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapanilustrasi pasangan sedang berdebat (pexels.com/Vera Arsic)

Apakah kamu sering mencari pelampiasan ketika dikecewakan oleh keadaan? Hal semacam itu sejatinya gak boleh dilakukan, karena hanya akan membuat hidupmu menjadi bertambah buruk. Ketika kehilangan harapan, cobalah untuk berusaha fokus kepada titik permasalahannya.

Janganlah kamu mencari pelampiasan atas kekecewaanmu yang malah merugikan orang lain. Cobalah untuk bertindak sebijak mungkin agar keadaan yang kamu hadapi saat ini tidak merugikan orang lain. Alhasil, hal tersebut pasti akan membuat hatimu menjadi lebih tenang.

4. Memutuskan untuk menjauh dari Tuhan

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapanilustrasi merenung (unsplash.com/Yosi Prihantoro)

Saat mulai kehilangan harapan, jangan pernah menjauh dari Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan merupakan tempatmu untuk mengadu nasib perihal harapan-harapan yang tak kunjung terealisasi. Kamu pasti akan merasakan ketenangan jika mau mendekat kepada-Nya.

Lagipula, nantinya Tuhan pasti akan membantumu untuk meringankan setiap beban yang harus kamu hadapi. Cobalah untuk senantiasa menempatkan kepercayaanmu kepada Tuhan serta berusaha semaksimal mungkin agar harapanmu bisa kunjung terkabul.

5. Tidak menerima perihal keadaan yang terjadi

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Merasa Kehilangan Harapanilustrasi merenung (pexels.com/Laker)

Janganlah kamu merasa sok kuat ketika harapanmu tak kunjung terealisasi. Terkadang, kamu harus jujur terhadap perasaan yang sedang kamu rasakan saat ini. Ketika rasa sedih terus menggebu-gebu, jangan pernah ragu untuk mengekspresikan bagaimana kekecewaanmu. Hal itu bakal membuatmu lebih tenang.

Kamu tak boleh bersikap seolah tidak terjadi apa-apa. Hal tersebut bisa saja disebut sebagai upaya untuk membohongi diri sendiri. Ingatlah bahwa berbohong kepada diri sendiri merupakan sebuah hal yang kurang baik. Oleh karena itu, mulailah untuk menerima keadaan yang terjadi saat ini.

Ketika mulai kehilangan harapan, kamu harus tetap melakukan hal-hal yang positif. Jangan pernah melakukan kelima hal di atas sebab hanya akan memperburuk keadaan. Yuk, belajar lebih bijak dalam menerima keadaan sulit.

Baca Juga: 5 Sumber Kekecewaan ketika Membangun Harapan, Jangan Diulangi

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya