Comscore Tracker

5 Hal untuk Mengatasi Kesulitan Berbicara dengan Orang Lain

Perhatikan baik-baik sebelum berbicara dengan orang lain,ya!

Saat berbicara dengan orang lain pastinya sering merasa nervous dan tidak percaya diri. Apalagi jika lawan bicara memiliki status yang lebih tingga. Pasti rasa gugup tiba-tiba datang menyerang sehingga seseorang kesulitan berbicara.

Kesulitan berbicara dengan orang lain juga timbul ketika lawan bicara tidak merespon baik. Entah topik pembicaraan yang disampaikan kurang menarik atau ada masalah lain yang muncul. Hal itu akan membuat seseorang bertanya-tanya dan semakin takut untuk melanjutkan obrolan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa baca penjelasan berikut ini.

1. Hindari bau mulut 

5 Hal untuk Mengatasi Kesulitan Berbicara dengan Orang Lainlife.viva.co.id

Bau mulut yang muncul saat seseorang sedang berbicara sangat mengganggu kenyamanan lawan. Apalagi jarak saat berbicara dengan orang lain sangat dekat sehingga bau tak sedap yang keluar dari mulut membuat lawannya tidak nyaman.

Tentunya mulut sebagai indra pengecap yang membantu seseorang untuk bebicara. Maka dari itu untuk menghindari ketidaknyamanan lawan saat berbicara pastikan terlebih dahulu bahwa bau mulut sudah wangi. Jika memang lupa untuk membersihkan bau mulut maka cobalah atur jarak yang bisa memungkinkan lawan bicara tidak bisa menghirup.

2. Perbanyak menggali informasi

5 Hal untuk Mengatasi Kesulitan Berbicara dengan Orang Lainunsplash.com/bruce mars

Mencari topik yang menarik saat diskusi atau bicara dengan orang lain memang sangat penting. Hal itu dikarenakan semakin banyak informasi yang kamu dapatkan membuat orang lain tertarik untuk diskusi. Bayangkan saja ketika seseorang minim informasi, pastinya dia akan kesulitan untuk membahas topik yang sesuai dengan perbincangan.

Maka dari itu dengan membaca atau mendengarkan infomasi dari media sangat membantu seseorang untuk meningkatkan pengetahuan yang ada. Untuk itu, seringlah membaca buku untuk meningkatkan mindset atau mendengarkan informasi terkini lewat media massa.

3. Sering latihan berbicara

5 Hal untuk Mengatasi Kesulitan Berbicara dengan Orang Lainpexels.com/mary taylor

Berbicara memang butuh latihan yang sering agar tidak berbelit saat berdiskusi dengan orang lain. Jika seseorang berbelit dalam berbicara tentunya informasi yang akan disampaikan tidak bisa tersalurkan. Orang lain yang menerima juga akan kebingungan dan tidak mengerti obrolan tersebut.

Maka dari itu perlunya latihan berbicara sangat penting untuk meningkatkan public speaking. Cobalah membuat obrolan dengan orang lain atau sekadar latihan di depan cermin. Selanjutnya evaluasi terkait obrolan tersebut agar lebih tau kekurangan saat berbicara dan memperbaikinya lagi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menguasai Audiens Saat Berbicara di Depan Publik

4. Fokus kepada orang lain

5 Hal untuk Mengatasi Kesulitan Berbicara dengan Orang Lainunsplash.com/CoWoman

Saat berbicara sebaiknya fokus terhadap orang yang diajak diskusi. Jangan fokus terhadap pikiran-pikiran yang mengganggu dalam berbicara. Apalagi terganggu dengan masalah di masa lalu atau mencemaskan masa depan.

Fokus kepada orang lain sangat penting sehingga tau gerak-gerik lawan bicara. Tak lupa tetap fokus terhadap topik yang dibahas agar tidak melenceng dari bahan diskusi.

5. Santai saat berbicara

5 Hal untuk Mengatasi Kesulitan Berbicara dengan Orang Lainpexels.com/buro millennial

Berbicara perlu santai agar pembahasan bisa diterima oleh orang lain. Hindari terburu-buru saat berbicara karena akan mengganggu performance di depan orang lain. Bayangkan saja jika kamu berbicara terburu-buru, pastinya orang lain akan bingung. 

Berbicara terburu-buru akan menimbulkan informasi tidak tersampaikan dengan baik. Maka dari itu cobalah untuk berbicara dengan santai dan hati-hati agar lawan diskusi bisa mengerti terkait informasi yang disampaikan.

Nah, kelima hal tersebut sangat mampu mendorong kamu meningkatkan interaksi dengan orang lain. Intinya selalu percaya diri saat akan berbicara dengan orang lain, dan hindari kesalahan fatal yang mengakibatkan kamu kesulitan berdiskusi. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif jika Anak Diajarkan Sopan Berbicara Sejak Kecil

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya