Comscore Tracker

Stop Getting Distracted! 5 Hal yang Membantu Fokus dalam Bekerja

Bagi kalian yang mudah terdistraksi, yuk merapat!

Sebagian besar orang sering mengalami gagal fokus dalam bekerja. Hal itu bisa jadi karena banyaknya gangguan dari luar sehingga mengalihkan perhatian seseorang dalam bekerja.

Sesuatu yang membuat tidak fokus akan mengakibatkan pekerjaan semakin buruk. Misalnya saja seseorang bisa mengerjakan tugas dalam 6 jam, tapi karena tidak fokus tersebut memungkinkan waktu sehari dalam menyelesaikannya.

Mudahnya terdistraksi oleh gangguan luar sangat susah untuk dikendalikan. Bahkan orang-orang tidak mengetahui bahwa saat itu dirinya sedang terdistraksi.

Maka dari itu, simak penjelasan berikut ini untuk bisa meningkatkan fokus dalam bekerja dan melatih konsentrasi supaya tidak mudah terdisraksi.

1. Ketahui pekerjaan yang harusnya dikerjakan

Stop Getting Distracted! 5 Hal yang Membantu Fokus dalam Bekerjapexels.com/Christina Morillo

Hal pertama yang harusnya dilakukan agar bisa memulai fokus yaitu kenali pekerjaan terlebih dahulu. Seseorang harus bisa mengetahui pekerjaannya mulai dari yang sangat penting dan tidak supaya bisa membagi waktu dalam mengerjakan hal tersebut. Know your atraction ini sangat penting agar bisa menyadari bahwa seseorang sedang terdistraksi.

Orang-orang terkadang memang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terdistraksi. Maka dari itu sangat penting mengetahui pekerjaan yang harus dilakukan. Hal itu bisa memudahkan seseorang untuk mengendalikan gagal fokus ketika terdistraksi oleh pekerjaan yang tidak penting.

2. Buat jadwal pekerjaan sesuai tingkat urgensi

Stop Getting Distracted! 5 Hal yang Membantu Fokus dalam Bekerjapexels.com/Bich Tran

Sering sekali orang-orang dituntut untuk bisa membagi waktu dalam mengerjakan apapun. Membuat jadwal pekerjaan sesuai dengan tingkat urgensi membantu seseorang dalam menentukan skala prioritas. Jadi seseorang bisa mengerjakan hal yang lebih mendesak terlebih dahulu.

Adanya jadwal pekerjaan ini juga bisa menentukan perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga seseorang tidak banyak menghabiskan waktu lebih banyak untuk kategori pekerjaan yang tergolong mudah.

Namun terkadang orang-orang akan lebih menyepelekan tugas yang tergolong lebih mudah. Maka dari itu tentukan waktu dan skala prioritas yang tepat dalam mengerjakan tugas apapun agar bisa efektif serta efisien. Tak lupa hindari pengaruh dari luar agar bisa berkonsentrasi penuh supaya menghasilkan kinerja yang baik.  

Baca Juga: 5 Cara Hindari Distraksi saat Work From Home, Bisa Fokus Deh!

3. Coba lakukan teknik Pomodoro

Stop Getting Distracted! 5 Hal yang Membantu Fokus dalam Bekerjapexels.com/Pixabay

Teknik pomodoro mengajarkan tentang time management supaya membantu fokus dalam bekerja. Dalam teknik ini hanya dibutuhkan timer sebagai alat bantu dalam mengatur waktu selama bekerja.

Cobalah melakukan teknik ini dengan membagi interval waktu 25 menit dilakukan untuk fokus bekerja sedangkan 5 menit sebagai waktu istirahat sebentar. Maka dari itu lakukan beberapa ronde hingga berhasil menyelesaikan tugas. Selanjutnya, kamu pun bisa menggunakan waktu untuk kegiatan lain.

Teknik tersebut bisa membantu mengatasi kebosanan dalam bekerja sehingga dapat terhindar dari susah konsentrasi. Yuk, coba teknik satu ini agar tidak mudah terdistraksi oleh gangguan luar yang tidak penting.

4. Blokir possible distraction

Stop Getting Distracted! 5 Hal yang Membantu Fokus dalam Bekerjapexels.com/cottonbro

Ketika seseorang sudah memasuki waktu kerja maka siapkan lingkungan sebaik mungkin yang mendukung dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika memang tidak membutuhkan smartphone maka matikanlah supaya bisa berkonsentrasi penuh. Hal itu karena notifikasi dari smartphone sering menghambat dalam bekerja.

Smartphone sering menjadi halangan seseorang untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Hal itu sering terjadi ketika seseorang menggunakan smartphone hanya untuk keperluan pekerjaan tetapi terdistraksi oleh notifikasi yang tidak penting.

Maka dari itu batasi penggunaan smartphone dan blokir sementara notifikasi yang mengganggu ketika bekerja. Saatnya mulai bijak dalam menggunakan smartphone untuk hal yang bermanfaat.

5. Kerjakan sesuatu di tempat yang hening 

Stop Getting Distracted! 5 Hal yang Membantu Fokus dalam Bekerjaunsplash.com/wes hicks

Mengerjakan sesuatu di tempat yang hening dan jauh dari keramaian membantu agar tidak mudah terdistraksi. Hal itu karena lingkungan yang bising dan banyak orang terkadang akan mengganggu konsentrasi pikiran dalam bekerja.

Seseorang akan mudah terdistraksi oleh suara bising. Bahkan mereka bisa terganggu dengan orang lain yang tiba-tiba mengajak bicara tentang hal tidak penting.

Banyaknya orang atau lingkungan yang ramai memang sangat mengganggu fokus dalam bekerja. Maka dari itu pilihlah tempat yang hening dan bisa meningkatkan konsentrasi berpikir ketika sedang mengerjakan tugas apapun.

Jika seseorang bisa konsentrasi dalam mengerjakan apapun maka hasil dari kinerja tersebut bisa memuaskan dan dapat time management dengan baik. Bisa saja seseorang mengerjakan sesuatu di lingkungan yang bising. Tapi, terkadang malah membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugas tersebut. 

Sudah saatnya untuk berhenti melakukan hal-hal yang mempengaruhi dalam produtivitas bekerja. Maka dari itu cobalah kelima cara tersebut untuk bisa melatih konsentrasi dalam berpikir supaya tidak mudah terdistraksi oleh gangguan dari luar. Yuk, mulai produktif dengan hal-hal yang bisa kita kerjakan.

Baca Juga: 10 Desain Meja Kerja Minimalis yang Minim Distraksi untuk WFH 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya