Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiri

Padahal kepentingan pribadi itu harus diprioritaskan

Tak bisa dimungkiri, manusia adalah makhluk sosial yang harus hidup berdampingan dengan orang lain. Namun, kamu juga harus mengetahui bahwa banyak orang yang hidup di dunia ini cenderung bersikap individualis. Mereka pun akan menghalalkan segalanya cara untuk kepentingannya sendiri.

Dengan adanya hal tersebut, terkadang kamu gak boleh terlalu berlebihan dalam berbuat baik agar tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, kamu wajib banget menghindari kelima hal ini agar tidak mengabaikan kepentingan pribadi. Simak baik-baik, ya!

1. Kamu terlalu sering meminta validasi orang lain atas kebaikanmu

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiriilustrasi mengobrol (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Meminta validasi orang lain terhadap tindakan baikmu merupakan sesuatu yang sebenarnya gak perlu dilakukan. Hal itu malah akan membuatmu terus-terusan berusaha berbuat baik dengan tujuan membuat orang lain merasa senang.

Alhasil, kamu pun lambat laun akan mengabaikan kepentingan diri sendiri. Ingatlah bahwa hal tersebut sebenarnya harus kamu hentikan sebab nantinya bakal menjadi bumerang untukmu. Berbuat baiklah semaumu tanpa mengharap validasi orang lain.

2. Kamu selalu ingin dipandang sebagai sosok yang berguna

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiriilustrasi mengobrol (unsplash.com/Eliott Reyna)

Selain meminta validasi, kamu pasti ingin dipandang sebagai sosok yang berguna jika sering berbuat baik. Hal itu sebenarnya sih boleh-boleh saja tetapi lama kelamaan bakal memperburuk pola pikirmu. Maksudnya di sini adalah kamu pasti akan menjadi orang yang suka berbuat baik hanya bukan untuk diri sendiri.

Sebelum mindset tersebut merusak dirimu, cobalah untuk lebih belajar tidak mengabaikan kepentingan diri sendiri. Ingatlah bahwa kamu itu punya banyak urusan yang seharusnya segera diselesiakan. Jadilah berguna untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum ke orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk Pasangan

3. Kamu terlalu mengandalkan omongan orang lain sebagai sumber kebahagiaan

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiriilustrasi mengobrol (unsplash.com/Jorge Flores)

Siapa yang suka banget mengandalkan omongan orang lain sebagai sumber kebahagiaan? Hal semacam itu wajib banget dihindari sebab akan memperumit hidupmu. Kamu pun gak akan menemukan bagaimana definisi kebahagiaan sesuai versimu.

Lagipula, kebahagiaan sejati itu pada dasarnya muncul dari dalam diri. Mulai sekarang cobalah untuk menghindari pemikiran semacam itu sebab lambat laun bakal menggerogoti hidupmu. Buatlah kebahagiaan sesuai versimu sendiri, ya!

4. Kamu tidak mau membuat orang lain kecewa karena penolakanmu

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiriilustrasi mengobrol (unsplash.com/kevin laminto)

Apakah kamu sering merasa takut ketika mengecewakan orang lain? Hal semacam itu sebenarnya sesuatu yang wajar dalam diri setiap manusia. Namun, kamu wajib mengendalikannya sebab ketakutan tersebut bisa saja menjadi momok yang buruk bagi hidupmu nanti.

Maksudnya di sini adalah kamu bakal berusaha untuk mengedepankan kepentingannya sehingga punyamu sendiri tidak tersentuh. Saat hal itu terjadi, kamu gak akan memiliki pendirian yang tegap untuk mempertahankan keinginan guna menyelesaikan segala urusan pribadimu.

5. Kamu menganggap bahwa setiap manusia harus selalu bersikap baik kepada sesama

5 Hal yang Harus Dihindari agar Tak Abai pada Kepentingan Diri Sendiriilustrasi mengobrol (unsplash.com/Eliott Reyna)

Di awal sudah disebutkan bahwa setiap orang pasti berpikiran untuk terus berbuat baik kepada sesama. Anggapan semacam itu harus ditelaah secara lebih lanjut agar tidak merugikanmu. Terkadang, ada sekelompok orang yang cenderung toxic sehingga tidak harus kamu bantu.

Bahkan, lebih baik kamu menyelesaikan urusanmu sendiri terlebih dahulu karena hal tersebut tentunya lebih penting. Jangan sekali-sekali berpikiran untuk berbuat baik ke semua orang tanpa terkecuali. Ingatlah bahwa ada beberapa oknum manusia yang malah akan merugikanmu saat kamu mendedikasikan diri untuk membantunya.

Mengabaikan kepentingan diri sendiri merupakan sebuah hal yang cukup buruk. Kamu boleh saja membantu orang lain namun jangan pernah lupa terhadap tanggung jawab pribadimu. Intinya adalah kamu wajib menyeimbangkan semuanya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlibat dalam Persaingan Toksik, Hati-hati!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya