Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegas

Apakah kamu masih suka gak enakan terhadap orang lain?

Setiap orang memang dituntut untuk bisa bersikap tegas dalam kehidupan bersosial agar tidak ditindas. Apakah kamu sudah bisa bersikap tegas? Hal itu sebenarnya susah untuk dilakukan karena sejatinga nurani setiap manusia itu cenderung bersifat lemah lembut terhadap siapapun.

Namun mau tidak mau kamu harus berani keluar dari zona tersebut agar hidupmu tidak dipenuhi rasa ketakutan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kamu bisa bersikap tegas terhadap siapapun. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu harus bisa mencintai diri sendiri terlebih dahulu

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegaspexels.com/@thiszun

Mencintai diri sendiri merupakan sebuah langkah yang wajib dilakukan agar kamu bisa bersikap tegas. Biasanya ketidak tegasan itu bersumber dari tidak adanya kemauan untuk membuat diri sendiri bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Hal tersebut tentunya akan mendorongmu untuk terlalu bersikap baik dan tidak memerhatikan kondisi diri sendiri.

2. Hilangkan sikap gak enakan terhadap orang lain

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegaspexels.com/keria burton

Ketidak tegasan itu bersumber dari rasa tidak enakan terhadap orang lain. Hal itu terjadi karena kamu akan cenderung mendahulukan kepentingan orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan pengakuan sebagai "orang baik".

Cobalah untuk berhenti melakukan hal semacam itu karena hanya akan menyiksa diri sendiri. Lagipula kamu juga harus bersikap tegas agar tidak ada orang yang bisa meremehkanmu.

3. Pikirkan konsekuensi yang akan terjadi jika kamu gak bersikap tegas

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegaspexels.com/Kindel Media

Setiap hal yang dilakukan pasti ada konsekuensinya. Begitupula jika kamu gak bersikap tegas, percayalah bahwa orang lain pasti akan mudah mengucilkanmu. Ketidak mampuanmu dalam mengambil sikap membuatmu terlihat lemah di mata orang lain.

Alhasil hidupmu pasti akan terus-terusan berada sebagai "bawahan" karena tidak bisa menentukan arah. Apakah kamu ingin seperti itu? Coba pikirkan lagi dengan bijak, ya!

Baca Juga: 5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Bersikap Fleksibel, Gak Kaku

4. Jangan mau jadi orang yang terbiasa terbawa arus

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegaspexels.com/fauxels

Sikap tidak tegas itu bersumber dari diri sendiri yang mudah terbawa arus. Kamu senantiasa mencari jalan aman untuk terbawa arus sehingga semuanya bisa terkendali sesuai kepentingan bersama. Percayalah bahwa hal tersebut malah akan membuatmu terlihat lemah. Kamu tidak bisa menentukan arah tujuan hidup sehingga orang lain mudah mengintervensimu.

5. Belajarlah untuk senantiasa bersikap realistis

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Kesulitan dalam Bersikap Tegasunsplash.com/anthony tran

Dalam menjalani hidup kita memang diwajibkan untuk bersikap realistis. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar kamu bisa paham sesuatu apa saja yang sejatinya baik untukmu. Namun pada kenyataannya kebanyakan orang masih terjatuh dalam pikiran idealis.

Hal itu tentunya akan membuatmu bisa disetir oleh siapapun. Kamu pasti akan mudah termakan omongan orang lain demi terciptanya angan yang besar itu. Buang kebiasaan buruk itu jika kamu ingin terbiasa bersikap tegas, ya!

Sikap tegas dalam memutuskan sesuatu merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Belajarlah untuk tidak mudah terbawa arus dan bisa memilih keputusan sesuai keinginanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hidup

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya