Comscore Tracker

5 Hal Elegan yang Bisa Dilakukan saat Banyak Orang Mengejek Pendapatmu

Gak usah pakai emosi, ya!

Setiap orang pasti punya sudut pandang berbeda-beda dalam melihat fenomena. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang bisa menerima perbedaan tersebut dan menghargainya. Bahkan, ada segelintir orang yang malah mengejek pendapatmu ketika sangat bertentangan dengan pola pikir mereka.

Ketika hal itu terjadi, emosimu pasti bakal menggebu-gebu untuk membungkam mulutnya. Daripada melakukan hal tersebut, sebenarnya ada beberapa langkah elegan yang bisa dilakukan saat orang lain mengejek pendapatmu. Simak pembahasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

1. Fokuslah pada pembuktian perihal kebenaran pendapatmu

5 Hal Elegan yang Bisa Dilakukan saat Banyak Orang Mengejek Pendapatmuilustrasi berdiskusi (pexels.com/RF._.studio)

Kamu bisa lebih fokus kepada pembuktian perihal kebenaranmu. Orang-orang seperti mereka cenderung menghakimi pola pikirmu yang mungkin berseberangan. Mereka menganggap bahwa perspektifnya adalah yang paling benar. Tetapi, percayalah bahwa mereka bakal terdiam jika kamu berhasil membuktikannya.

Cobalah untuk fokus saja kepada pembuktian kebenaran dalam pendapatmu. Namun, hal ini memakan waktu yang agak lama sehingga kamu harus bersabar. Langkah ini dilakukan dengan tidak menggunakan emosi agar kamu lebih terlihat elegan.

2. Jangan gampang down ketika mereka menertawakan perspektifmu

5 Hal Elegan yang Bisa Dilakukan saat Banyak Orang Mengejek Pendapatmuilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Ketika mereka mengejek pendapatmu, jangan langsung down dan mengikuti arus. Ingatlah, bahwa segala bentuk pendapat itu tidak ada yang benar secara mutlak. Jika menurutmu apa yang kamu katakan itu benar, cobalah untuk tetap mempertahankannya tanpa terganggu oleh tekanan orang lain.

Mereka itu hanya ingin memaksamu untuk masuk ke dalam arus utama. Hal semacam ini sejatinya gak dianjurkan sebab menantang kebebasan berekspresi. Mulai sekarang cobalah untuk tetap bertahan dengan pendapatmu tanpa langsung menyerah saat mereka mengejek.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Pendapat Orang Lain yang Berseberangan Denganmu

3. Jangan memaksa menjelaskan pendapatmu kepada orang yang bisanya hanya mengejek

5 Hal Elegan yang Bisa Dilakukan saat Banyak Orang Mengejek Pendapatmuilustrasi mengobrol (pexels.com/Keira Burton)

Selanjutnya, kamu gak boleh memaksakan pendapat kepada orang-orang yang bisanya hanya mengejek. Percayalah bahwa mereka sejatinya merupakan sosok kepala batu sehingga tidak harus diladeni. Kamu tidak dianjurkan untuk menghadapi mereka sebab energimu bakal terbuang.

Biarkan mereka mengejekmu asalkan apa yang ada di dalam pikiranmu itu tidak melanggar norma. Percayalah, lambat laun mereka pasti bakal lelah dengan sendirinya untuk mengejekmu. Alhasil, nantinya mereka juga akan diam begitu saja.

4. Tetaplah menjadi dirimu sendiri tanpa harus berusaha memenuhi ekspektasi orang lain

5 Hal Elegan yang Bisa Dilakukan saat Banyak Orang Mengejek Pendapatmuilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Selain itu, kamu juga harus bisa berusaha untuk tetap menjadi dirimu. Selagi pendapatmu itu tidak melanggar norma apapun, cobalah untuk mempertahankannya. Lagipula, kamu tidak dianjurkan untuk memenuhi ekspektasi orang lain sebab mereka sejatinya tak mengenal dirimu.

Biarkan mereka mengejek pendapatmu sebab belum tentu apa yang dipikirkannya benar. Jadilah diri sendiri karena kamulah yang mengetahui apa yang baik maupun buruk menurut sudut pandangmu. Hiraukan saja mereka, ya!

5. Jangan menghardik mereka balik sebab hal itu hanya buang-buang waktu

5 Hal Elegan yang Bisa Dilakukan saat Banyak Orang Mengejek Pendapatmuilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebelumnya telah disinggung bahwa kamu pasti bakal merasa panas ketika orang lain mengejek pendapatmu. Ketika hal ini terjadi, jangan mudah terpancing karena itu hanya akan membuang waktumu sia-sia. Tidak ada gunanya menanggapi orang yang memiliki sikap keras kepala.

Janganlah membalasnya dengan kata-kata kasar sebab hal tersebut bisa menandakan bahwa kamu sama saja dengan mereka. Hadapilah mereka dengan bijaksana tanpa menggunakan perkataan ataupun omongan yang kiranya bisa menyakiti hati orang lain.

Dari kelima hal di atas, mana saja yang bisa kamu lakukan? Menghadapi orang yang suka mengejek pendapat itu sebenarnya gampang-gampang susah. Intinya, kamu gak boleh menghadapi dengan emosi karena hal itu bisa saja menjadi bumerang untukmu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Mampu Jaga Lisan, Masih Suka Mengejek

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya