Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Jalan Hidup Tak Sesuai Ekspektasi

Jangan larut dalam kesedihan, ya!

Setiap orang pasti berharap semua mimpinya bisa terealisasi. Namun, terkadang kenyataan akan menamparmu dengan keras sehingga kamu kecewa hal itu terjadi. Mimpi-mimpi hidup pun menjadi sirna sehingga membuatmu malas untuk melanjutkan perjalanan.

Saat hal itu terjadi, janganlah kamu menyerah dengan situasi yang ada. Kamu harus bisa bangkit sebab pasti ada hikmah di balik semuanya. Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan saat jalan hidupmu tidak sesuai ekspektasi.

1. Jangan menuntut diri untuk melakukan sesuatu di luar kemampuanmu

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Jalan Hidup Tak Sesuai Ekspektasiilustrasi merenung (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Jika harapanmu tidak terealisasi, cobalah untuk bersikap biasa-biasa saja tanpa memaksakan diri sendiri. Maksudnya, kamu gak boleh menuntut diri untuk melakukan sesuatu di luar kemampuanmu. Apakah kamu masih sering melakukan hal tersebut?

Alangkah lebih baik jika kamu mulai untuk lebih menghargai diri sendiri. Tidak apa-apa jika harapanmu kini gak sesuai ekspektasi. Hal yang terpenting di sini adalah kamu tidak terlalu menuntut diri karena hal tersebut malah bisa membahayakan ketenangan hidupmu.

2. Cobalah untuk mau menerima keadaan meskipun itu sulit

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Jalan Hidup Tak Sesuai Ekspektasiilustrasi bersedih (unsplash.com/Ihor Malytskyi)

Meskipun susah, menerima keadaan yang sulit semacam itu memang harus dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar kamu terbiasa menghadapi rintangan berat tanpa disertai kesedihan yang berlarut-larut. Lagi pula kamu masih memiliki mimpi yang lain, bukan?

Jangan mau dikalahkan oleh satu kegagalan saja, karena di luar sana masih banyak jalan yang bisa kamu gapai. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk lebih melapangkan dada demi ketenangan hidupmu ke depannya. Selain itu, kamu juga harus fokus terhadap jalan hidup barumu yang sekarang.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Gak Ketinggian Ekspetasi pada Orang Lain

3. Carilah zona nyamanmu sendiri di jalan hidup tersebut

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Jalan Hidup Tak Sesuai Ekspektasiilustrasi bekerja (unsplash.com/Andrew Neel)

Ketika bekerja di tempat tidak sesuai ekspektasimu, kamu wajib membuka diri untuk menemukan bagaimana zona nyamanmu sendiri. Terkadang, pasti ada rasa kurang nyaman saat bekerja di suatu tempat yang sebelumnya belum pernah kamu pikirkan.

Cobalah untuk menerima keadaan saat ini karena kamu gak akan tahu apa kejutan selanjutnya yang mungkin saja bakal diraih. Bisa saja jalan yang ditakdirkan untukmu saat ini lebih baik dari harapan-harapanmu sebelumnya.

4. Berhenti bersedih secara berlarut-larut terkait harapan yang gak terealisasi

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Jalan Hidup Tak Sesuai Ekspektasiilustrasi stres (unsplash.com/Francisco Gonzalez)

Bersedih karena gagal meraih ekspektasi memang sebuah hal yang wajar. Namun, kamu harus ingat, bahwa segala sesuatu itu harus ada batasannya. Begitupula saat bersedih karena kecewa, kamu gak boleh melakukan hal tersebut secara berlarut-larut.

Ingatlah, bahwa kamu masih memiliki alternatif lain untuk membantumu dalam meraih harapan hidup lainnya. Pergunakan kesempatanmu saat ini dengan baik sebab masa depan merupakan sesautu yang sangat misterius. Berhenti bersedih dan mulailah mengembangkan diri.

5. Carilah rekan baru yang bisa memantik semangatmu di jalan hidupmu saat ini

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Jalan Hidup Tak Sesuai Ekspektasiilustrasi diskusi (unsplash.com/CoWomen)

Supaya merasakan kenyamanan di tempat yang tidak kamu harapkan, cobalah untuk membangun hubungan baik dengan orang-orang di dalamnya. Terkadang, ketidak nyamanan itu bisa hilang seketika saat kamu menemukan orang-orang yang suportif.

Jangan pernah lupa untuk membangun hubungan baik. Sebab merekalah yang nantinya bakal membantumu bertahan di sana. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih tenang jika ada tempat untuk bercerita di kala menghadapi masa-masa sulit nantinya.

Tidak masalah jika saat ini jalan hidupmu tak sesuai ekspektasi. Ingatlah, bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Belajarlah menerima keadaan dan terus mengembangkan diri, agar kamu bisa meraih keberhasilan lainnya.

Baca Juga: 5 Ekspektasi yang Gak Masuk Akal, Hentikan Daripada Kecewa

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya