Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Sulit Beradaptasi di Lingkungan Baru

Apakah kamu susah untuk bergaul dengan orang baru?

Tidak dapat dimungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal tersebut kamu dituntut untuk dapat mudah beradaptasi. Namun pada kenyataannya tidak semua orang itu memiliki kemampuan adaptasi yang baik.

Jika kamu termasuk salah satu dari orang tersebut, cobalah untuk upgrade diri dalam kehidupan bersosial. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan pernah ragu untuk memulai pembicaraan dengan topik umum

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Sulit Beradaptasi di Lingkungan Barupexels.com/August de Richelieu

Menngobrol adalah salah satu jalanmu untuk dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial. Cobalah untuk menguasai pembicaraan umum tentang pekerjaan maupun studi terhadap lawan bicaramu. Dia pasti akan senang menjawabnya jika kamu bersikap humble kepadanya.

Jangan berpikiran yang berlebihan terkait lawan bicaramu karena hal tersebut malah akan membuatmu jadi minder. Cobalah untuk berbicara kepadanya menggunakan senyuman agar dia juga merasa dihargai ketika mengobrol denganmu.

2. Jangan pernah lupa untuk melakukan kontak mata ketika sedang berbicara

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Sulit Beradaptasi di Lingkungan Barupexels.com/Mental Health America (MHA)

Mempertahankan kontak mata adalah hal yang wajib dilakukan agar lawan bicara bisa merasakan kenyamanan ketika sedang mengobrol denganmu. Ketika mengajak ngobrol orang lain, usahakan untuk memfokuskan dirimu terhadap apa yang dia katakan.

Tunjukkan rasa empati terhadap apa yang dia ceritakan kepadamu meskipun itu hanya hal-hal sepele. Dengan melakukan hal tersebut, percayalah bahwa orang lain pasti akan sangat senang mengobrol denganmu sehingga mereka bakal membantumu untuk beradaptasi.

Baca Juga: 5 Bukti Kurangi Konsumsi Media Sosial Baik untuk Kesehatan Mental

3. Perbanyaklah literasi agar kamu tidak terbata-bata dalam berbicara

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Sulit Beradaptasi di Lingkungan Barupexels.com/Alina Vilchenko

Semua orang pasti setuju bahwa membaca adalah sebuah hal yang dapat membantumu dalam mendapatkan berbagai macam pengetahuan. Baik membaca buku maupun berita, kamu bisa mendapatkan topik-topik pembicaraan baru sehingga dapat memudahkanmu dalam berkomunikasi.

Sempatkan diri untuk membaca apapun di pagi hari agar ketika bertemu dengan orang baru, kamu tidak bingung untuk membicarakan hal apa. Maka dari itu mulai sekarang bangunlah kebiasaan positif dengan membaca segala hal yang faktual dan menarik untuk dijadikan topik pembicaraan.

4. Mulailah untuk membuka diri meskipun hanya sekadar menyapa ketika bertemu

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Sulit Beradaptasi di Lingkungan Barupexels.com/gustavo fring

Ketika bertemu orang baru di jalan, cobalah untuk menyapanya meskipun hanya sekadar tersenyum dan menganggukkan kepala. Hal tersebut dapat membuat first impression menarik terhadap dirimu di mata orang lain. Mereka akan menganggap bahwa kamu adalah orang yang cukup ramah.

Percayalah bahwa hal tersebut akan menjadi poin plusmu untuk beradaptasi di lingkungan baru. Ketika ada kesempatan untuk mengobrol, cobalah untuk membuka pembicaraan dengan berkenalan. Setelah itu cobalah untuk membicarakan topik-topik umum yang dapat membuat orang lain merasa nyaman.

5. Ikutlah kegiatan-kegiatan yang berada di lingkunganmu

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Sulit Beradaptasi di Lingkungan Barupexels.com/fauxels

Jika keempat cara di atas kurang manjur, yang harus kamu lakukan agar mudah beradaptasi adalah langsung terjun di dalamnya. Maksudnya adalah kamu harus mengikuti berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan oleh lingkunganmu.

Hal tersebut akan memudahkanmu untuk menemukan teman baru karena kalian bakal melakukan proyek bersama. Maka dari itu ketika ada kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut, jangan berdiam diri dengan bersikap apatis karena hal tersebut tidak datang dua kali.

Kepercayaan diri itu mudah diasah jika kamu ada effort lebih untuk memperbaikinya. Jangan pernah ragu untuk nimbrung di lingkungan baru dengan cara membawa aura yang positif.

Baca Juga: Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernih

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya