Comscore Tracker

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan agar Kamu Bisa Lebih Punya Wibawa

Lakukan segala hal dengan bijaksana, ya!

Setiap orang memang harus memiliki wibawa yang lebih agar bisa dihargai. Untuk memunculkan kewibawaan dalam diri, dibutuhkan adanya personal branding yang cukup mumpuni sehingga orang lain bisa menghargaimu.

Apakah kamu masih kesulitan dalam membangun kewibawaan diri? Sebenarnya, wibawa seseorang itu bisa ditentukan oleh bagaimana caranya bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar kamu kewibawaanmu bisa muncul. Untuk ulasan lebih lengkapnya, simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan terlalu banyak berbicara perihal sesuatu yang kurang penting

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan agar Kamu Bisa Lebih Punya Wibawailustrasi berdebat (unsplash.com/Cherrydeck)

Seseorang yang memiliki wibawa itu biasanya senantiasa mengucapkan sesuatu sebutuhnya saja. Jangan terlalu berbicara perihal sesuatu yang gak terlalu penting karena hal tersebut bakal membuat orang lain kurang segan terhadapmu.

Alangkah lebih baik jika kamu mulai meningkatkan kualitas obrolan dengan membicarakan hal-hal yang penting saja. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti bakal dipandang tinggi oleh orang-orang yang ada di sekitarmu.

2. Biasakan diri untuk tidak terlalu berlebihan dalam menghadapi sesuatu yang baru

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan agar Kamu Bisa Lebih Punya Wibawailustrasi merenung (unsplash.com/ABDULLA M)

Apakah kamu sering terheran-heran saat menemukan sesuatu yang baru? Hal tersebut sebenarnya harus segera dikurangi sebab orang yang memiliki wibawa tinggi sennatiasa stay cool. Kamu bisa merespon hal tersebut dengan sikap yang biasa-biasa saja.

Tunjukkan bahwa kamu punya minat dan pemikiran yang berkualitas sehingga tidak mudah mengucap kata 'wow' terhadap hal-hal baru. Meskipun susah, kamu harus melatih sikap berkualitas semacam itu agar terlihat lebih berwibawa.

Baca Juga: Lebih Bijaksana, 6 Tips Berikut Menguatkan untuk Hadapi Penolakan 

3. Jadilah orang yang bijak dalam menghadapi sebuah masalah

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan agar Kamu Bisa Lebih Punya Wibawailustrasi mengobrol (pexels.com/Armin Rimoldi)

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang bakal menghadapi permasalahan hidup. Ketika kamu menghadapi suatu masalah, cobalah untuk menggunakan kebijaksanaan dalam menghadapinya. Jangan mudah termakan emosi sebab hal tersebut gak akan menyelesaikan masalah.

Agar terlihat lebih berwibawa, kamu bisa menyusun strategi untuk pemecahan masalah. Usahakanlah untuk lebih objektif dalam menilai sesuatu agar tidak ada permasalahan baru yang tiba-tiba muncul.

4. Jangan ragu untuk menegur orang yang salah

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan agar Kamu Bisa Lebih Punya Wibawailustrasi bertengkar (unsplash.com/Roland Samuel)

Agar punya wibawa berlebih, kamu wajib banget menegur orang yang berbuat salah kepadamu. Bukannya baper, namun hal tersebut dilakukan agar orang lain lebih menghargai sosok dirimu. Jangan biarkan orang lain mengusik kehidupanmu jika hal itu terasa menganggu.

Ingatlah bahwa kamu itu sejatinya memiliki hak untuk tidak diganggu orang lain. Lakukan hal tersebut agar kamu tidak merasa minder dan memiliki wibawa yang berlebih dalam menghadapi sesuatu.

5. Biasakan diri untuk berani mengambil keputusan tanpa menunggu orang lain

5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan agar Kamu Bisa Lebih Punya Wibawailustrasi mengobrol (unsplash.com/Austin Distel)

Apakah kamu sering merasa ragu dalam mengambil keputusan? Saat keraguan itu muncul, kamu pasti menunggu orang lain terlebih dahulu untuk mengambil keputusan. Hal semacam itu malah akan membuatmu kelihatan kurang berwibawa.

Tunjukkanlah bahwa kamu itu merupakan seseorang yang memiliki sikap tegas. Tidak perlu menunggu orang lain, mulai sekarang coba deh untuk berani mengambil keputusan sekaligus risiko. Biasakan hal tersebut mulai dari sekarang agar kamu bisa menjadi manusia yang berwibawa.

Tanamkan kebiasaan-kebiasaan positif yang bisa membuatmu terlihat berwibawa. Sebuah wibawa terkadang bisa membuat seseorang lebih dihargai jika berada di suatu lingkungan sosial. Yuk, praktikkan kelima hal di atas!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Sifat Ragu-ragu Harus Segera Dihilangkan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya