Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lain

Baik mahasiswa atau pekerja, kamu wajib baca!

Agar bisa menemukan jati diri, sebagian besar orang memilih untuk merantau ke kota lain. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin menimba ilmu, bahkan juga merintis karier.

Merantau ke kota lain merupakan bukan perkara yang mudah sebab kamu perlu mempersiapkan banyak hal. Hal tersebut wajib dilakukan agar kamu tidak mengalami kebingungan dan bisa mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Ada beberapa hal penting yang wajib dipersiapkan sebelum pergi merantau ke kota lain. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu harus menemukan tempat untuk ditinggali selama di sana

5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lainpexels.com/pixabay

Hal pokok yang perlu dilakukan sebelum merantau adalah kamu harus menemukan tempat tinggal selama di sana. Carilah tempat tinggal strategis yang memiliki akses mudah untuk pergi ke tempat kerja atau kampus, serta banyak warung makanan di sebelahnya.

Kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu dengan berkunjung secara langsung ataupun via internet. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar kamu bisa mendapatkan hunian nyaman, sehingga gampang fokus dalam menata hidup selama tinggal di kota orang.

2. Kamu harus mempersiapkan pola perencanaan keuangan yang baik

5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lainpexels.com/Lukas

Ketika hidup di rantau, kamu perlu memiliki perencanaan keuangan yang baik. Hal tersebut karena semua biaya pokok seperti makan, transportasi, dan sebagainya itu semuanya harus kamu tanggung sendiri.

Dengan adanya hal tersebut, kamu harus bisa memanfaatkan uang bulanan dengan baik. Cobalah untuk mencatat beberapa pengeluaran pokok dan sisihkan sebagian uangnya ke sana.

Hal tersebut agar kamu tidak membelanjakan uang secara berlebihan yang dapat menyebabkan uang cepat habis. Kamu harus mencari metode sebaik mungkin agar uangmu bisa cukup sampai akhir bulan, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Biasa Dinasihatkan Orangtua saat Anak Hendak Merantau 

3. Kamu harus memiliki sikap lebih terbuka kepada orang lain

5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lainpexels.com/Zen Chung

Tidak dapat dimungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Ketika merantau di kota orang, jangan jadi seseorang yang cenderung menyendiri dan membatasi dalam bergaul. Ingatlah bahwa kamu perlu teman baik agar kehidupanmu di sana tidak hambar.

Cobalah untuk mengikuti beberapa kegiatan yang dapat membantumu dalam menemukan teman baru. Hal itu dilakukan semata-mata agar kamu tidak merasa sendirian meskipun jauh dari rumah.

4. Kamu harus siap untuk bisa bersikap lebih mandiri

5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lainpexels.com/Marcus Aurelius

Jika sebelumnya kamu senantiasa bergantung kepada orang tua, percayalah bahwa hal tersebut tidak akan bisa dirasakan ketika merantau. Kamu harus bisa beradaptasi dengan cara bersikap lebih mandiri.

Apakah kamu sudah terbiasa untuk bisa bersikap mandiri? Jika belum, cepat-cepat belajar mulai dari sekarang agar ketika di rantau nanti kamu bisa dimudahkan!

5. Kamu perlu mengenali kota tujuanmu terlebih dahulu agar tidak terjadi culture shock

5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lainpexels.com/andrea piacquadio

Culture shock merupakan sebuah hal yang mudah didapatkan oleh para perantau. Kehidupan sosial yang berbeda jauh membuat setiap orang perlu belajar menyesuaikan diri agar bisa tetap hidup. Cobalah untuk mengenali kota tujuanmu terlebih dahulu agar culture shock tidak terjadi.

Hal itu juga akan membantumu agar bisa mudah mendapatkan kawan-kawan baru, lho! Apakah kamu sudah belajar terkait kota tujuanmu sebelum pergi merantau?

 

Itulah kelima hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi merantau. Persiapan yang matang akan membuatmu mudah menemukan rumah kedua ketika sedang berada di perantauan.

Baca Juga: Merantau? 6 Tips Jaga Kesehatan bagi Mahasiswa yang Jauh dari Rumah

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya