Comscore Tracker

Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernih

Apakah pikiranmu sering kacau?

Mood seseorang itu terkadang sering berubah berdasarkan sebuah keadaan. Ketika menjalani hari buruk, pikiranmu pasti akan menjadi kacau yang disebabkan oleh badmood. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi karena setiap orang gak bisa menjamin bahwa hidupnya akan senantiasa berjalan mulus.

Sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang harus dihilangkan agar pikiranmu senantiasa menjadi lebih jernih dalam menjalani hari-hari. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kebiasaan buruk apa saja yang wajib dihilangkan, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kebiasaan gak enakan terhadap orang lain

Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernihunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Tidak dapat dimungkiri bahwa banyak orang yang terbelenggu dalam kebiasaan gak enakan ketika dimintai tolong. Hal tersebut sebenarnya malah membuat pikiran menjadi kacau karena kamu akan diselimuti rasa bersalah jika menolak permintaannya.

Selain itu kamu juga akan lebih condong menuruti segala permintaannya hanya karena rasa gak enakan di dalam diri. Buanglah kebiasaan buruk tersebut karena terkadang kamu perlu mengedepankan kepentingan pribadi. Lagipula hal tersebut akan membuat pikiranmu menjadi lebih jernih tanpa diselimuti rasa bersalah.

2. Kebiasaan membicarakan kekurangan orang lain di belakang

Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernihunsplash.com/Kevin Yudhistira Alloni

Membicarakan kekurangan orang lain di belakang atau bergosip merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan. Hal tersebut sebenarnya memberikan dampak yang cukup buruk bagi keseharianmu karena kamu akan terus-terusan berprasangka buruk terhadap orang lain.

Kamu akan lebih condong untuk memerhatikan orang lain daripada diri sendiri. Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Berhentilah dalam membicarakan kekurangan orang lain di belakang jika ingin pikiranmu menjadi lebih jernih tanpa diselimuti berbagai macam prasangka.

3. Kebiasaan menunda pekerjaan hanya karena rasa malas

Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernihunsplash.com/tom morel

Menunda pekerjaan merupakan sebuah hal yang cukup nikmat bila dilakukan namun bakal menjadi bom waktu. Hal tersebut sebaiknya wajib dihilangkan karena menunda pekerjaan hanya akan menambah derita. Lagipula pikiranmu akan menjadi kalut karena kamu dituntut untuk bisa multi-tasking dalam mengerjakan hal tersebut.

Ketika mepet deadline, tidak akan ada waktu bagimu untuk beristirahat sedikitmu karena beban akan semakin berat di akhir. Maka dari itu kamu harus melepaskan kebiasaan menunda pekerjaan agar pikiranmu tidak menjadi kacau. Jadilah orang yang lebih disiplin dalam mengerjakan sebuah tanggung jawab.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamu Capek Sendiri, Hindari Yuk! 

4. Kebiasaan menjadi seorang workaholic

Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernihunsplash.com/JESHOOTS.COM

Workaholic merupakan sebuah istilah yang dapat diartikan sebagai keadaan di mana seseorang bekerja secara berlebihan tanpa memerhatikan kondisi diri sendnri. Hal tersebut sebenarnya akan membuatmu menjadi mudah dalam mendapatkan banyak materi.

Namun ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Ketika menjadi seorang workaholic, pikiranmu pasti akan menjadi kacau karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu yang hampir bersamaan. Bekerjalah secukupnya agar kamu bisa mengistirahatkan raga dan pikiran.

5. Kebiasaan menyendiri tanpa ada rasa ingin bersosialisasi

Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini, Pikiranmu Akan Lebih Jernihunsplash.com/freddie marriage

Semua orang pasti setuju bahwa manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal itu, setiap orang dituntut untuk bisa beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan sosial. Ketika memutuskan untuk menyendiri, kamu pasti akan merasa kesepian.

Hal tersebut akan menjadi bumerang untukmu kelak karena kamu tidak memiliki teman untuk menghibur diri. Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan menyendiri karena hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Percayalah bahwa mencari teman baru merupakan sebuah hal yang cukup mengasyikkan jika kamu bisa menikmatinya.

Jernih atau tidaknya sebuah pikiran seseorang itu berdasarkan bagaimana perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu buanglah jauh-jauh kebiasaan buruk di atas agar pikiranmu bisa senantiasa jernih.

Baca Juga: Segera Tinggalkan, 6 Kebiasaan Buruk Ini Menghancurkan Kebahagiaanmu

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya