Comscore Tracker

Hindari 5 Hal Ini agar Kamu Gak Terus Menerus Jadi Orang Malas

Hayo mana nih yang kamu banget?

Tidak dapat dimungkiri bahwa bermalas-malasan merupakan sebuah hal yang cukup nikmat namun memiliki dampak buruk. Salah satu dampak buruk yang dimaksud adalah kamu akan terlena karena kenyamanan tersebut sehingga tidak ada keinginan untuk meninggalkan hal itu.

Mau tidak mau kamu harus bisa beranjak dari rasa kemalasan yang senantiasa menyelimuti diri. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari agar rasa malas tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Menunda pekerjaan untuk memperbanyak waktu santai

Hindari 5 Hal Ini agar Kamu Gak Terus Menerus Jadi Orang Malasunsplash.com/bruce mars

Jika saat ini kamu lebih sering menghabiskan waktu dengan bersantai, cobalah untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Ingatlah bahwa masih banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan agar dapat mempengaruhi kehidupanmu. Memperbanyak waktu santai hanya akan menambah derita.

Coba bayangkan jika saat ini kamu masih bermalas-malasan, lantas bagaimana nasib pekerjaanmu yang menggunung itu? Cobalah untuk menjadi seseorang yang lebih bijak dalam menggunakan waktu. Mulai sekarang buang kebiasaan terlalu banyak bersantai demi kehidupan yang lebih baik.

2. Melakukan hobi tanpa memerhatikan waktu

Hindari 5 Hal Ini agar Kamu Gak Terus Menerus Jadi Orang Malasunsplash.com/florian olivo

Setiap orang pasti memiliki hobi yang dapat menenangkan pikirannya. Namun ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Begitupula dalam melakukan hobi, kamu pasti tidak akan memerhatikan waktu sehingga banyak hal penting yang terbuang sia-sia.

Ingatlah bahwa kamu harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik agar tidak ada pekerjaan yang tertunda. Kamu boleh melakukan hobi namun jangan pernah lupa untuk batas waktunya. Lagipula sesekali kamu butuh refreshing untuk menenangkan otak, bukan?

Baca Juga: Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malas

3. Mencari ponsel terlebih dahulu selepas bangun tidur

Hindari 5 Hal Ini agar Kamu Gak Terus Menerus Jadi Orang Malasunsplash.com/the creative exchange

Kebanyakan orang pasti sering mencari ponselnya saat bangun tidur untuk mengecek apakah ada notifikasi. Namun percayalah bahwa hal tersebut merupakan sumber dari kemalasan. Ketika ada notifikasi menarik, kamu pasti tidak akan langsung beranjak dari kasur.

Mulai sekarang cobalah untuk langsung mandi setelah bangun tidur agar tubuh pikiranmu menjadi segar. Percayalah bahwa jika berhasil menahan diri untuk tidak memegang ponsel saat bangun tidur, maka kamu akan melewati hari-harimu dengan penuh semangat.

4. Tidak pernah berolahraga dalam waktu yang lama

Hindari 5 Hal Ini agar Kamu Gak Terus Menerus Jadi Orang Malasunsplash.com/zhang kenny

Berolahraga merupakan sebuah hal yang dapat membantumu untuk menyegarkan badan dan pikiran. Ketika sering berolahraga, kamu akan memiliki ketahanan tubuh dan otot yang kuat sehingga tidak mudah sakit dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jika tidak mau berolahraga, maka bersiaplah untuk berhadapan dengan rasa malas sepanjang waktu. Cobalah untuk lebih mementingkan kesehatan diri daripada mempertahankan rasa malas yang hanya menimbulkan dampak buruk bagi kehidupanmu.

5. Terlalu banyak memberikan self-reward tanpa alasan yang pasti

Hindari 5 Hal Ini agar Kamu Gak Terus Menerus Jadi Orang Malasunsplash.com/Pablo Merchán Montes

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Begitupula dalam memberikan self-reward, terkadang kamu perlu membatasinya agar tidak ada rasa malas yang terus-terusan membelenggu. Memberikan terlalu banyak self-reward akan membuatmu terlalu nyaman dalam situasi enak.

Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk tidak mudah memberikan self-reward jika gak ada sesuatu yang harus benar-benar dirayakan. Lagipula memberi penghargaan terhadap diri sendiri merupakan sesuatu yang dapat menguras kantongmu, bukan?

Itulah kelima kebiasaan yang wajib dihilangkan agar kamu tidak terbebas dari belenggu rasa malas. Ingatlah bahwa apa pun yang dilakukan saat ini akan mencerminkan bagaimana dirimu di masa depan.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Terbuang Sia-sia Karena Sikap Malas, Segera Hentikan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya