Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisi Keuanganmu Bisa Stabil

Apakah kamu sudah bisa menjaga stabilitas kondisi keuangan?

Setiap orang dituntut untuk bisa menjaga kondisi keuangannya agar tetap stabil. Kestabilan tersebut tentunya didapatkan dengan cara yang gak gampang. Kamu harus bisa menjaga habit positif yang ada di dalam diri sehingga keadaan finansialmu pun matang.

Menjaga habit merupakan sebuah hal yang susah-susah gampang karena kamu perlu mengubah pola hidup dari negatif ke positif. Ada beberapa hal yang perlu berhenti dilakukan agar kondisi keuanganmu bisa stabil. Seperti apa?

1. Bergaya hidup mewah, padahal pengeluaran lebih besar dari pemasukan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisi Keuanganmu Bisa Stabilunsplash.com/Sofiane Bouzroud

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki gaya hidup mewah? Hal tersebut sebenarnya tidak bisa disalahkan jika kamu memiliki pemasukan yang dapat menyeimbangkan pengeluaranmu.

Jika kamu belum memiliki penghasilan yang lebih dari cukup, cobalah untuk bergaya hidup seadanya. Hal itu karena terkadang kamu perlu menyesuaikan penghasilan dengan gaya hidup agar tidak berat sebelah.

2. Tidak pernah membuat rencana keuangan bulanan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisi Keuanganmu Bisa Stabilunsplash.com/Scott Graham

Membuat rencana keuangan bulanan merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga stabilitas kondisi keuangan. Rencana keuangan di sini maksudnya adalah terkait catatan berisikan bagaimana alur pengeluaran dan pemasukkanmu untuk satu bulan ke depan.

Hal itu penting dilakukan karena kamu bisa memproyeksikan terkait spending habit-mu untuk bulan tersebut. Ketika spending habit telah terkendali, hal terrsebut dapat memberikan pengaruh besar terhadap terjaganya stabilitas finansialmu.

Baca Juga: 6 Strategi Simpel Mengatur Keuangan dengan Cara yang Benar  

3. Malas untuk belajar perihal investasi

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisi Keuanganmu Bisa Stabilunsplash.com/Ishant Mishra

Investasi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk memberikan dampak positif terhadap kestabilan finansial. Investasi dapat berupa emas, saham, reksa dana, maupun pendidikan. Hal itu menjadi sangat penting agar kamu bisa merealisasikan goals hidupmu.

Jika saat ini saja kamu malas untuk belajar berinvestasi, percayalah bahwa kondisi keuanganmu nantinya akan terancam. Hal itu karena kamu tidak membiasakan diri untuk memutarkan uangmu agar bisa mendapatkan passive income yang memiliki pengaruh signifikan.

4. Tidak mau mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisi Keuanganmu Bisa Stabilunsplash.com/Brooke Cagle

Kestabilan finansial akan terjaga jika kamu mau mencari penghasilan tambahan. Saat penghasilanmu itu hanya bisa memenuhi kebutuhan pokok, kamu perlu memutar otak untuk mencari tambahan penghasilan.

Hal itu dilakukan agar kamu bisa menabung ataupun berinvestasi. Cobalah untuk memanfaatkan skills-mu seperti desain, editor video, atau skill apapun yang bisa berguna agar kamu menjadi freelancer sehingga penghasilan tambahan pun tersedia.

5. Mudah menggampangkan orang lain yang berutang

Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Kondisi Keuanganmu Bisa Stabilunsplash.com/Alexis Brown

Siapa yang suka mengutangi orang lain dengan gampang, nih? Percayalah, bahwa menggampangkan orang lain untuk berutang kepadamu merupakan sebuah hal yang wajib dihindari. Hal itu karena akan berdampak buruk bagi keadaan finansialmu jika utang tersebut tidak dibayarkan.

Perihal utang, kamu harus bisa bersikap tegas terkait tenggat waktu dalam pembayarannya. Ini karena kamu memiliki hak untuk menagihnya sesuai perjanjian yang telah dibuat.

 

Menjaga stabilitas finansial merupakan sebuah hal yang dapat berpengaruh besar bagi kehidupanmu kini maupun masa depan. Ketika keadaan finansialmu stabil, percayalah bahwa hidupmu akan dipenuhi dengan kebahagiaan.

Baca Juga: Keluar dari Zona Nyaman, Lakukan 5 Hal Ini Demi Keamanan Finansial

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya