Comscore Tracker

Jangan Lakukan! 5 Hal Sepele yang Bisa Buat Rencanamu Gagal Total

Kamu harus berhati-hati dalam melangkah

Merencakan sebuah hal merupakan sesuatu yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Baik itu dalam sebuah pekerjaan ataupun hal lainnya, semuanya memerlukan persiapan yanh matang. Namun pada kenyataannya tidak semua rencana akan berjalan dengan mulus. Hal itu bisa saja terjadi sebab kelakuan diri sendiri.

Apakah kamu pernah merencanakan sesuatu namun malah gagal? Agar itu terjadi, ada beberapa hal yang barus dihindari agar perencanaanmu tidak gagal total. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Tidak mau mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

Jangan Lakukan! 5 Hal Sepele yang Bisa Buat Rencanamu Gagal TotalIlustrasi pusing (pexels.com/monstera)

Agar rencana tidak gagal total, kamu perlu mengevaluasi semuanya yang telah dilewati pada hari itu. Kamu perlu melihat hal apa saja yang perlu diperbaiki sehingga rencana tersebut bisa tetap terjaga. Namun jika kamu membiarkan kesalahan kecil terjadi, bisa saja rencanamu menjadi gagal total. Maka dari itu jangan biarkan kesalahan sepele menghancurkan semua rencana besarmu.

2. Tidak mempersiapkan semuanya dengan matang

Jangan Lakukan! 5 Hal Sepele yang Bisa Buat Rencanamu Gagal TotalIlustrasi malas (pexels.com/andrea piacquadio)

Sebuah rencana pasti akan berhasil jika kamu mempersiapkannya dengan matang. Namun pada kenyataannya kebanyaka orang cenderung bersikap meremehkan rencana yang akan dibuat. Hal itu terjadi karena orang tersebut terlalu dikuasai rasa malas sehingga tidak bisa melakukannya secara totalitas.

Agar hal buruk semacam itu gak bisa terjadi, cobalah untuk mempersiapkan semuanya dengan matang. Perhatikan setiap detail kecil agar rencanamu tidak hanya menjadi sebuah angan-angan.

3. Sering menunda dalam memulai langkah awal untuk merealisasikan rencana

Jangan Lakukan! 5 Hal Sepele yang Bisa Buat Rencanamu Gagal TotalIlustrasi istirahat (pexels.com/molly champion)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kebanyakan orang cenderung malas dalam merealisasikan sebuah rencana karena terlalu malas. Sebuah rencana tidak akan berjalan dengan baik jika kamu tak mau untuk mengerjakannya. Dengan adanya hal tersebut, apapun yang kamu rencanakan pun akan menjadi sia-sia.

Semua waktu yang kamu buang untuk membangun sebuah rencana juga akan terbuang. Bukankah hal tersebut sangat merugikan? Maka dari itu jangan pernah menunda dalam merealisasikan sebuah rencana agar hal tersebut tidak sia-sia, ya!

Baca Juga: Awas! 5 Jenis Permasalahan Ini Bisa Bikin Rencana Pernikahanmu Batal

4. Terlalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi

Jangan Lakukan! 5 Hal Sepele yang Bisa Buat Rencanamu Gagal TotalIlustrasi overthinking (pexels.com/andrea piacquadio)

Seseorang yang sering menunda dalam merealisasikan sebuah rencana itu cenderung terlalu memikirkan masa depan secara jauh. Maksudnya di sini adalah oramg tersebut cenderung bersikap overthinking karena memikirkan hal-hal yang belum terjadi. Padahal hal itu sebenarnya gak boleh dilakukan karena hanya akan membuatmu enggan memulai. Rencanamu pun menjadi gagal total sebab ketakutan yang kamu ciptakan sendiri.

5. Tidak berani mengambil risiko

Jangan Lakukan! 5 Hal Sepele yang Bisa Buat Rencanamu Gagal TotalIlustrasi takut (pexels.com/moose photos)

Tidak bisa dimungkiri bahwa segala sesuatu di dunia ini pasti ada risikonya. Begitupula rencana yang telah dibuat, dalam merealisasikannya kamu perlu memberanikan diri untuk mengambil risiko. Pada dasarnya setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana masa depannya.

Begitupula keberlanjutan dari rencanamu, entah itu hasilnya baik ataupun buruk, yang harus kamu lakukan hanyalah memulainya. Cobalah untuk lebih berani dalam mengambil risiko agar rencanamu itu bisa menuai hasil, meskipun itu negatif maupun malah sebaliknya.

Dalam merencanakan sesuatu, memang semuanya harus dipersiapkan secara matang. Jangan lakukan kelima hal di atas agar semua rencanamu tidak gagal total.

Baca Juga: 5 Cara Agar Rencana Hidup Gak Cuma Sebatas Wacana Saja

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya