Comscore Tracker

Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko, Ini 5 Alasan Logisnya

Jangan menyerah sebelum berperang!

Semua orang pasti setuju bahwa untuk menggapai sebuah kesuksesan, diperlukan kerja keras yang diselingi sikap pantang menyerah. Namun terkadang banyak orang yang hanya bermain aman agar tidak mendapatkan risiko kegagalan.

Padahal semakin berani kamu mengambil risiko, maka akan semakin besar pula hasil yang akan didapat. Memang tidak ada salahnya jika bermain aman tetapi mau sampai kapan kamu terpaku dengan hasil kecil? Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan ini.

1. Kamu tidak akan tahu hasil yang akan dicapai jika tak berani memulai

Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko, Ini 5 Alasan Logisnyaunsplash.com/hannah wei

Tidak peduli baik atau buruk, sebuah hasl pasti akan didapatkan jika kamu berani memulai mengerjakan sesuatu. Memilih jalan hidup memang penuh risiko yang harus ditanggung, apalagi tentang pekerjaan. Kamu harus mengambil risiko agar dapat mengetahui pekerjaan tersebut akan cocok untukmu atau tidak.

Seiring berjalannya waktu, kegagalan pasti akan kamu rasakan karena hal itu merupakan bagian dari proses menuju kesuksesan. Berani mengambil risiko juga akan menambah pengalamanmu menjadi semakin banyak. Ingatlah bahwa guru terbaik di hidup ini adalah sebuah pengalaman.

2. High risk high return

Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko, Ini 5 Alasan Logisnyaunsplash.com/ali yahya

Jika kamu pernah berkecimpung di dunia investasi saham, pasti kamu tidak akan asing dengan istilah ini. Maksud dari high risk high return adalah ketika kamu berani mengambil risiko tinggi, maka hasil yang kamu dapatkan akan sangat besar pula.

Seperti contoh adalah ketika kamu berani megambil keputusan untuk bekerja di sebuah perusahaan yang bekerjanya sangat underp pressure, maka kamu pasti akan mendapatkan gaji yang besar pula karena pekerjaan yang cukup melelahkan tersebut.

3. Terkadang hidup itu perlu pengorbanan

Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko, Ini 5 Alasan Logisnyaunsplash.com/nghia le

Dalam sebuah perjuangan pasti diperlukan pengorbanan yang harus dilakukan. Tidak hanya korban materi, terkadang kamu juga harus mengorbankan hati dan mental. Makan hati pasti akan didapatkan jika kamu ternyata gagal dama meraih impian.

Namun ingatlah bahwa kegagalan adalah sebuah awal dari kesuksesan. Berani mengambil risiko memang akan lebih mendorongmu untuk bisa meraih kegagalan, namun semua itu pasti akan mendapatkan hasil yang setimpal. Lakukanlah dengan baik selama kamu mampu.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Perlu Jadi Seorang "Risk Taker" dalam Hidup

4. Kegagalan adalah hal yang biasa dalam berjuang

Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko, Ini 5 Alasan Logisnyaunsplash.com/austin schmid

Sebelumnya telah disebutkan bahwa mengambil risiko pasti akan menambah potensimu untuk jatah dalam lubang kegagalan. Namun ingatlah bahwa sebuah keberhasilan tidak akan terlepas dari yang namanya gagal.

Tidak ada kesuksesan yang bersifat instan. Kamu perlu merasakan kegagalan jika ingin merealisasikan mimpi yang ada di anganmu. Jangan takut gagal ketika mengambil risiko karena tidak ada yang perlu ditakutkan ketika dirimu gagal. Jika jatuh, cobalah untuk bangkit lagi.

5. Hidup itu memang perlu tantangan

Jangan Pernah Takut Mengambil Risiko, Ini 5 Alasan Logisnyaunsplash.com/annie spratt

Tidak ada artinya jika hidup tidak dipenuhi dengan tantangan. Salah satu tantangan yang bisa kamu dapatkan adalah dengan cara mengambil risiko. Kamu pasti akan merasakan kebingungan yang menjadi-jadi karena hal tersebut sangat menentukan masa depanmu.

Namun kembali lagi pada prinsip kegagalan merupakan sebuah keberhasilan yang tertunda. Semakin banyak tantangan yang dihadapi dalam hiduo, maka kamu pasti akan menjad manusia yang lebih tangguh dari sebelumnya. Jangan pernah berhenti untuk mencari petualangan baru karena hal itu bisa menunjang hidupmu.

Itulah kelima alasan mengapa kamu tak perlu takut dalam mengambil sebuah risiko. Lakukanlah segala sesuatu dengan baik, maka hasil yang baik pasti akan menyertaimu.

Baca Juga: Berani Ambil Risiko, 6 Zodiak Ini Tidak Takut Keluar dari Zona Nyaman

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya