Comscore Tracker

Jika Kamu Sering Kesusahan dalam Menahan Ego, Lakukan 5 Hal Ini!

Siapa yang masih suka bersikap egois?

Menahan ego adalah sebuah hal yang sangat susah dilakukan karena pada hakikatnya manusia itu ingin semua kemauannya bisa terealisasi. Namun hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan agar tidak membahayakan diri sendiri maupun kehidupan sosial.

Kamu harus membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut dengan konsisten agar bisa benar-benar berubah. Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan agar sikap egosentris itu bisa terkelola. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu, simak pembahasannya berikut ini.

1. Senantiasa mengingat bahwa hakikat manusia itu sebagai makhluk sosial

Jika Kamu Sering Kesusahan dalam Menahan Ego, Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/kate kalvach

Cobalah untuk senantiasa mengingat bahwa pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Jangan menganggap bahwa kamu bisa hidup di dunia ini dengan tidak membutuhkan orang lain. Terkadang orang lain akan membantumu jika dirimu sedang merasa kesusahan.

Cobalah untuk berpikir lebih logis dalam menjalani hidup di dunia ini, terutama dalam hal sosial. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk senantiasa merenungkan apa saja dampak yang terjadi jika kamu bersikap egosentris. Ingatlah bahwa kamu membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup.

2. Pertimbangkan perasaan orang lain terlebih dahulu sebelum bertindak

Jika Kamu Sering Kesusahan dalam Menahan Ego, Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/JESHOOTS.COM

Setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda. Dengan adanya hal tersebut cobalah untuk senantiasa mempertimbangkan perasaan orang lain dalam mengambl keputusan. Coba lihatlah apakah dia akan merasa tersakiti atau tidak ketika kamu bersikap egosentris.

Hal tersebut akan membantumu untuk menumbuhkan sikap empati agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Percayalah bahwa terkadang sikap egosentris yang kamu lakukan itu membuat orang lain tersakiti. Sebelum mengambil keputusan, pikirkanlah dua kali perihal dampak.

3. Senantiasa belajar terkait dampak buruk dari sikap egosentris

Jika Kamu Sering Kesusahan dalam Menahan Ego, Lakukan 5 Hal Ini!pexels.com/pelpoer lara

Sebelumnya telah disebutkan secara singkat bahwa kamu harus senantiasa melihat dampak apa yang terjadi ketika menjunjung tinggi sikap egosentris. Baik dampak positif maupun negatif wajib kamu pelajari untk meminimalirsi blunder yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Ketika terlanjur mengedepankan sikap egosentris dalam kehidupan sosial, cobalah untuk berhenti sejenak dan pikirkan apakah hal itu akan membuatmu menjadi lebih baik. Cobalah untuk senantiasa mempelajari apa saja dampak yang kamu rasakan agar lebih bijaksana dalam mengelola ego.

Baca Juga: Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!

4. Lakukan intropeksi diri sesering mungkin

Jika Kamu Sering Kesusahan dalam Menahan Ego, Lakukan 5 Hal Ini!pexels.com/luis quintero

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan adanya hal tersebut seseorang dituntut untuk senantiasa melakukan intropeksi diri agar kekurangan itu bisa ditambal. Cobalah untuk sesering mungkin melakukan intropekesi diri agar kemampuan menahan ego bisa terlatih.

Jangan sampai kekurangan tersebut malah menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti. Maka dari itu mulai sekarang beri waktu diri sendiri untuk melakukan perenungan yang dapat menambal berbagai macam kekuranganmu, khususnya sikap egosentris.

5. Biasakan diri untuk tidak mengambil keputusan yang hanya menguntungkanmu saja

Jika Kamu Sering Kesusahan dalam Menahan Ego, Lakukan 5 Hal Ini!pexels.com/min an

Mengesampingkan ego memanglah susah karena kamu dituntut untuk mau mengambil keputusan yang tidak hanya berpihak padamu saja. Mau tidak mau hal tersebut harus dilakukan agar kamu bisa mengetahui pentingnya menghargai pendapat orang lain.

Kamu hanya bisa memaksa diri untuk tidak mengambil keputusan yang hanya menguntungkan sepihak. Biasakanlah hal tersebut secara perlahan agar kamu bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru yang dapat membuatmu lebih baik itu.

Tidak perlu mengedepakan ego untuk membahagiakan diri sendiri. Ketika telah mengetahui nikmatnya saling menghargai, kamu pasti akan lebih merasakan definisi bahagia yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Turunkan Ekspektasimu, Jangan Egois!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya