Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritik

Siapa nih yang paling gak suka jika dikritik?

Apakah kamu termasuk orang yang anti kritik? Percayalah bahwa hal tersebut sebenarnya cukup buruk jika terus dilakukan. Hal tersebut akan membuatmu menjadi orang yang keras kepala sehingga senantiasa ingin mendapatkan pengakuan kehebatan.

Cobalah untuk cepat berubah jika kamu memiliki kebiasaan seperti itu. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa kamu gak boleh menjadi seseorang yang anti kritik. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Ingatlah bahwa sejatinya gak ada manusia yang sempurna

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritikpexels.com/@thiszun

Tidak ada manusia yang benar-benar sempurna di dunia ini. Dengan adanya hal tersebut, tidak bisa dimungkiri bahwa kamu pasti memiliki beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Cara paling ampuh untuk mengetahui kekurangan tersebut adalah dari kritikan orang lain. Coba bayangkan jika kamu gak pernah mau untuk dikritik, lantas bagaimana caramu memperbaiki diri?

2. Kritikan dapat membuatmu menjadi lebih baik

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritikpexels.com/august de richelieu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kamu perlu penilaian orang lain agar bisa menjadi lebih baik. Sebuah kritikan memang kebanyakan terkesan negatif, namun perayalah bahwa kamu masih bisa mengambil hal-hal positif di dalamnya.

Kritikan dapat membuatmu belajar mana saja hal yang harus diperbaiki. Ketika sudah menemukannya, kamu pasti akan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Ingatlah bahwa kamu itu hidup di lingkungan sosial

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritikunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Dalam kehidupan bersosial, kamu harus bisa beradaptasi agar bisa diterima orang lain. Menjadi seseorang yang anti kritik akan membuat sebagian orang di sekitarmu merasa jengkel. Hal itu karena sikapmu yang cukup keras kepala membuat mereka gak mau bergaul denganmu.

Maka dari itu cobalah untuk membuang kebiasaan gak mau dikritik. Lagipula kamu itu gak seratus persen sempurna, pasti ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar terlihat lebih lengkap.

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Kritikan dan Hujatan, Biar Gak Kena UU ITE Guys!

4. Kamu harus bisa mendengarkan jika ingin orang lain melakukan hal yang sama

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritikpexels.com/fauxels

Kamu pasti sangat ingin dihargai oleh orang lain 'kan? Agar bisa mendapatkan hal demikian, kamu perlu menghargai orang lain terlebih dahulu. Cara menghargai yang paling ampuh adalah dengan mendengar masukannya kepadamu. Sampaikan terima kasih karena sudah membantumu dalam mengetahui apa saja kekuranganmu.

5. Pendapatmu itu tidak selalu benar

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh jadi Orang yang Anti Kritikpexels.com/andrea piacquadio

Hal terakhir yang harus diingat adalah pendapatmu itu tidak selalu benar. Meskipun kamu menganggap bahwa persepsimu adalah yang paling sempurna, namun percayalah anggapan itu akan sirna. Jangan mengagung-agungkan pendapatmu karena gak semua orang cocok dengan hal itu.

Apalagi jika sampai memaksa orang lain untuk mempercayainya, percayalah bahwa hal tersebut sangatlah tidak bijak. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk menyadari bahwa apa pun yang kamu ucapkan tidak selalu benar.

Dikritik orang lain merupakan sebuah hal yang cukup menjengkelkan. Namun jangan sampai kamu menjadi orang yang anti-kritik karena hal tersebut akan menjadi bumerang untukmu.

Baca Juga: Anti Kritik, 6 Zodiak yang Gak Mau Kalah dan Merasa Paling Benar 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya