Comscore Tracker

Kamu Bisa Dikatakan Sudah Dewasa jika Telah Memiliki 5 Pola Pikir Ini

Apakah kamu sudah benar-benar dewasa?

Tidak dapat dimungkiri bahwa usia setiap orang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Dengan adanya hal tersebut, seseorang dituntut untuk bisa beradaptasi dalam hal sikap dan perlakuan. Namun memang menjadi orang yang dewasa itu memerlukan proses panjang.

Kamu juga dituntut untuk bisa mengembangkan berbagai macam pola pikir agar bisa menunjang bertambahnya usia. Ada beberapa mindset yang menunjukkan bahwa dapat dikatakan sudah dewasa secara utuh. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Senantiasa bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan

Kamu Bisa Dikatakan Sudah Dewasa jika Telah Memiliki 5 Pola Pikir Inipexels.com/andrea piacquadio

Seseorang yang telah dikatakan dewasa itu ketika mereka selalu bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan. Kamu harus bisa melihat dari berbagai macam sudut pandang terlebih dahulu ketika mengambil keputusan jika ingin dicap sebagai seseorang yang telah dewasa.

Selain itu kamu juga dituntut untuk bisa menerima segala macam konsekuensi terhadap keputusanmu dengan hati yang lapang. Hal tersebut memang susah untuk dipraktikkan namun sejatinya orang yang telah dewasa secara mental memang seperti itu adanya.

2. Tidak pernah berpatokan pada sikap egosentris

Kamu Bisa Dikatakan Sudah Dewasa jika Telah Memiliki 5 Pola Pikir Inipexels.com/Miguel Arcanjo Saddi

Pola pikir kedua yang dapat mencerminkan bahwa kamu telah dewasa adalah jika tidak pernah berpatokan pada sikap egosentris. Seseorang yang telah dewasa itu dituntut untuk bisa meredam berbagai macam ego di dalam diri untuk kemaslahatan bersama.

Meredam ego adalah sebuah hal yang sangat susah dilakukan karena sejatinya manusia itu bersifat ingin mendapatkan segalanya. Jika hal tersebut masih belum ada di dalam diri, cobalah untuk mempelajarinya sebelum terlambat agar kamu dapat memahami arti sebenarnya dari hidup di dunia ini.

Baca Juga: 5 Pemikiran Dewasa Ini Bikin Kamu Gak Gampang Terjebak Hubungan Toxic!

3. Selalu bersikap realistis dalam menjalani hidup

Kamu Bisa Dikatakan Sudah Dewasa jika Telah Memiliki 5 Pola Pikir Inipexels.com/Christian Diokno

Bersikap realistis dalam menjalani hidup merupakan salah satu contoh bahwa kamu dikatakan sebagai seseorang yang telah dewasa. Kamu harus menyadari bahwa hidup di dunia ini itu membutuhkan materi agar bisa tetap bertahan. Dengan adanya hal tersebut kamu harus mau bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan.

Jangan terlalu terpaku pada angan-angan jika tidak ada aksi nyata dalam mewujudkannya. Mulai sekarang cobalah untuk lebih terbiasa bersikap realistis dalam menjalani hidup agar kamu bisa mengerti bagaimana pahit manisnya sebuah kenyataan.

4. Memiliki rasa tanggung jawab yang cukup tinggi

Kamu Bisa Dikatakan Sudah Dewasa jika Telah Memiliki 5 Pola Pikir Inipexels.com/andrea piacquadio

Salah satu cerminan sikap dewasa adalah ketika seseorang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal tersebut menjadi patokan mutlak untuk dikatakan telah dewasa jika kamu sudah memilikinya. Namun rasa tanggung jawab yang tinggi itu perlu diasah secara matang-matang.

Hal tersebut agar kamu bisa merasakan bagaimana rasanya memiliki tanggungan terhadap sesuatu yang harus dikerjakan. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk biasakan diri untuk bersikap tanggung jawab dalam segala hal agar kamu bisa menjadi seseorang yang telah dewasa.

5. Menjaga lisan dari tutur kata yang kasar

Kamu Bisa Dikatakan Sudah Dewasa jika Telah Memiliki 5 Pola Pikir Inipexels.com/Sound On

Menjaga lisan dari perkataan kasar adalah salah satu hal yang pasti dilakukan oleh orang dewasa. Jika dalam pergaulan saja kamu masih menggunakan kata-kata kasar sebagai umpatan, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa belum ada kedewasaan di dalam diri.

Cobalah biasakan diri untuk tidak mengucap tutur kata yang kurang sopan. Ingatlah bahwa tidak semua orang dapat menerima perkataan kasarmu kepadanya. Oleh karena itu mulai sekarang jagalah lisanmu agar kamu dapat dikatakan sebagai manusia dewasa seutuhnya.

Bangunlah habit positif dalam keseharian agar kamu bisa cepat menyesuaikan diri untuk bersikap dewasa. Dari kelima tanda di atas, apakah salah satunya sudah ada di dalam dirimu?

Baca Juga: Agar Lebih Legowo, 5 Prinsip Hidup Ini Wajib Kamu Jadikan Kebiasaan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya