Comscore Tracker

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepedulian

Sudahkah kamu peduli dengan lingkungan sekitar?

Kepedulian merupakan sebuah sikap yang wajib dimiliki seseorang. Tetapi, tidak semua orang secara sadar menggali rasa peduli yang sebelumnua tertanam di dalam diri. Hal itu wajar terjadi sebab setiap orang pasti memiliki kadar peduli yanh berbeda-beda. Apakah kamu sudah punya rasa kepedulian yang tinggi?

Untuk memunculkan rasa peduli dalam diri, sebenarnya kamu hanya perlu menerapkan kegiatan-kegiatan sepele namun memiliki banyak makna. Berikut beberapa hal baik yang wajib dicoba agar kepedulianmu bisa meningkat.

1. Belajarlah untuk menjadi telinga bagi orang lain

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepedulianilustrasi mengobrol (unsplash.com/Priscilla du Preez)

Agar memiliki kepedulian tinggi, cobalah untuk menjadi telinga bagi orang lain. Ingatlah bahwa pada dasarnya, setiap orang itu membutuhkan tempat bercerita selepas mengalami masa-masa sulit. Hal tersebut menjadi patokanmu untuk lebih peduli ke orang lain dengan mendengarkan ceritanya.

Tidak usah bingung mencari saran atau yang lainnya, kamu hanya perlu duduk sembari menjadi telinga bagi orang tersebut. Hal semacam itu bisa membantumu meningkatkan kepedulian meskipun hanya lewat telinga saja.

2. Jangan terlalu memaksakan ego jika ingin punya kepedulian tinggi

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepedulianilustrasi merenung (unsplash.com/emgin akyurt)

Jika pengin punya kepedulian tinggi, coba deh untuk meruntuhkan ego yang ada di dalam dirimu. Kamu wajib menjunjung tinggi kepentingan bersama terlebih dahulu dengan tetap memperhatikan diri sendiri. Namun, kamu harus menghapus ego di dalam kamus hidupmu.

Dengan mempraktikkan hal tersebut, kamu pasti bakal dengan mudah mengutarakan kepedulian ke orang lain. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk berhenti mengandalkan ego sebab hal tersebut juga akan menghancurkanmu secara perlahan.

3. Cobalah untuk kumpul dengan orang-orang yang satu visi denganmu

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepedulianilustrasi peduli (unsplash.com/Anna Earl)

Biar rasa peduli tertanam kuat di dalam diri, kamu juga harus kumpul dengan orang-orang yang satu visi denganmu. Maksudnya di sini adalah kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas peduli antar sesama sehingga dapat membangkitkan rasa empati.

Ada banyak kok komunitas ataupun program volunteer yang bisa mengasah kepedulianmu! Dengan melakukan semacam itu, nantinya kamu bakal sering bertemu dengan orang-orang yang butuh bantuan sehingga bisa memantik rasa peduli.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehat

4. Jangan pernah bersikap sombong terhadap apa yang telah kamu miliki

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepedulianilustrasi merenung (unsplash.com/Annie Spratt)

Sikap sombong merupakan sesuatu yang wajib dihilangkan sebab bakal menjadi bumerang untukmu. Selain itu, hal tersebut juga akan mendorongmu untuk terus-terusan memiliki sikap egosentris di dalam diri. Apakah kamu masih sering bersikap sombong akhir-akhir ini?

Jika iya, coba deh untuk menggugurkannya sebab gak ada gunanya. Alangkah lebih baik jika kamu belajar mengapresiasi orang lain daripada mempertahankan kesombongan di dalam diri. Hal tersebut bakal membuatmu menjadi seseorang yang memiliki rasa empati.

5. Mulailah berusaha berbuat baik meskipun itu tentang perkara sepele

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepedulianilustrasi berbincang (unsplash.com/Priscilla du Preez)

Apakah kamu pernah mendengar peribahasa "tujuan besar akan diraih dengan langkah kecil"? Hal tersebut cocok banget jika diimplementasikan dalam peningkatan rasa peduli di dalam diri. Agar punya kepedulian tinggi, kamu wajib memerhatikan kebaikan-kebaikan kecil terlebih dahulu.

Contohnya adalah kamu selalu ada untuk membantu orang lain. Hal tersebut bakal menjadi poin plus untukmu di mata orang lain. Selain itu, kamu juga akan mengasah rasa kepedulian di dalam diri tanpa harus mengorbankan banyak hal.

Setelah membaca kelima hal di atas, mana saja yang sudah kamu lakukan? Tetaplah belajar untuk menjadi manusia yang memiliki kepedulian tinggi sebab hal tersebut akan menuntunmu dalam hal-hal baik.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pelakunya Ketagihan, selain Berbohong

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya