Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan jika Kamu Ingin Cepat Mapan

Apa saja usahamu untuk bisa meraih kemapanan?

Siapa sih yang gak ingin masa depannya dipenuhi dengan banyak materi? Ketika hal tersebut, dapat dikatakan bahwa orang itu sudah dinyatakan mapan karena mampu memiliki materi yang cukup. Namun untuk mencapai tahap semacam itu, dibutuhkan adanya pengorbanan yang cukup panjang.

Apalagi kamu juga harus melawan kebiasaa-kebiasaan buruk yang dapat membuat rasa malas semakin menjadi-jadi. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dimaksud dan harus dihilangkan agar bisa mencapai kemapanan. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini.

1. Tidak mau belajar terkait kemampuan-kemampuan baru

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan jika Kamu Ingin Cepat MapanIlustrasi sombong (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa seiring berjalannya waktu, dunia akan terus mengalami perkembangan. Saat hal itu terjadi, kamu dituntut untuk bisa beradaptasi agar mampu memenuhi kebutuhan. Salah satu syarat agar bisa beradaptasi adalah dengan menyesuaikan kemampuan diri. Dengan adanya hal itu, kamu wajib berusaha sekuat tenaga untuk menambah kemampuan baru. Jika hal tersebut gak dilakukan, kamu gak akan pernah mencapai kemapanan.

2. Sering merasa cepat puas saat bekerja

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan jika Kamu Ingin Cepat MapanIlustrasi bekerja (pexels.com/jopwell)

Ketika pekerjaan sudah selesai, seseorang pasti cenderung merasa cepat puas karena hal itu. Padahal sejatinya perjalanan masih panjang agar bisa benar-benar mencapai kesejahteraan hidup. Apakah kamu masih sering merasa cepat puas saat mencapai sebuah keberhasilan?

Cobalah untuk tetap berusaha melampaui keberhasilan tersebut agar kamu cepat meraih kemapanan. Memang tidak salah sih jika merasa bangga saat berhasil menyelesaikan sesuatu. Namun kamu gak boleh terlena dengan hal tersebut agar semangat perjuangan tetap menyala.

3. Ketika memulai usaha, kamu tidak mau berinovasi

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan jika Kamu Ingin Cepat MapanIlustrasi bisnis (pexels.com/clem onojeghuo)

Jika kamu memilih untuk memulai sebuah usaha, syarat utama yang wajib dilakukan adalah berinovasi. Hal tersebut akan membuat produkmu semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas karena keuanikannya. Apalagi banyak konsumen yang lebih tertarik dengan hal-hal anti-mainstream.

Dengan adanya hal itu, kamu wajib banget mengasah pola pikir kreatif agar bisa bersaing di pasar. Cobalah untuk banyak-banyak mencari referensi produk-produk di luar sana agar kamu paham apa saja aspek yang membuat konsumen tertarik.

Baca Juga: 5 Alasan Anak yang Tidak Kuliah Belum Tentu Gak Bisa Sukses dan Mapan

4. Masih sering meremehkan pentingnya menambah relasi

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan jika Kamu Ingin Cepat MapanIlustrasi merenung (pexels.com/engin akyurt)

Sebagai makhluk sosial, setiap orang dituntut untuk bisa terus menambah relasi. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa tetap bertahan hidup. Selain itu, hal itu juga akan memperlancar kariermu karena sudah banyak orang yang percaya dengan kemampuanmu. Sebelum terlambat, cobalah untuk mencari kenalan sebanyak-banyaknya agar di dunia kerja nanti, kamu mudah mencari yang terbaik.

5. Tidak mau melakukan investasi sejak dini

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan jika Kamu Ingin Cepat MapanIlustrasi uang (pexels.com/karolina grabowska)

Investasj merupakan sebuah hal yang dapat membuatmu bisa terbebas dari permasalahan finansial. Namun yang harus diingat adalah investasi itu memiliki sifat keuntungan jangka panjang. Dengan adanya hal tersebut, investasi sangat cocok digunakan untuk menggantikan peran tabungan.

Ada beragam produk investasi yang sangat cocok diselami oleh para milenial. Salah satu contohnya adalah reksa dana. Apalagi kamu juga sudah bisa melakukan investasi reksa dana via smartphone karena di sana sudah ada aplikasi penunjangnya.

Dari kelima hal tersebut, apa usaha yang sudah kamu lakukan untuk mencapai kemapaman? Tetaplah berusaha sekuat tenaga agar kamu bisa merasakan hidup enak karena memiliki banyak materi.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Insecure dengan Teman yang Tampak Mapan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya