Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Ingin Menambah Skill Baru

Jika ingin menambah skill baru, kamu harus tahu metodenya!

Mempelajari skill baru merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan jika seseorang ingin meraih kesuksesan hidup. Tetapi mempelajari sesuatu yang baru itu membutuhkan niat kuat agar rencana tersebut tidak hanya berakhir sebagai omongan belaka. Terkadang kamu akan menghadapi rasa malas sehingga enggan memulai perubahan besar dadi dalam diri.

Namun hal tersebut wajib dilawan karena sebuah kesuksesan itu membutuhkan pengorbanan besar. Apakah kamu sudah menemukan bagaimana cara mempelajari skill baru yang efektif? Sebenarnya ada beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh seseroang ketika ingin mempelajari skill baru. Simak pembahasan berikut ini agar kamu bisa mempelajarinya!

1. Tidak mau menyewa kursus-kursus berbayar dengan alasan ingin menghemat uang

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Ingin Menambah Skill BaruIlustrasi belajar (pexels.com/andrea piacquadio)

Jika ingin menguasai skill baru, kamu wajib banget menyikapinya dengan totalitas. Salah satu contohnya adalah dengan mengikuti berbagai macam kursus berbayar agar bisa mendapatkan mentor yang berkualitas. Jangan berdalih dengan alasan menghemat uang jika ingin mendapatkan skill baru melalui pelatihan berbayar. Anggap saja hal tersebut sebagai sebuah investasi untuk diri sendiri yang akan menguntungkan suatu saat nanti.

2. Tidak fokus kepada satu hal dan ingin mempelajari banyak skill secara bersamaan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Ingin Menambah Skill BaruIlustrasi stres (pexels.com/karolina grabowska)

Tidak bisa dimungkiri bahwa sebagian besar orang pasti ingin menginginkan sebuah hasil yang didapatkan secara instan. Dengan adanya hal tersebut, kamu pun bertekad untuk mempelajari banyak skill baru dalam satu waktu. Namun pada kenyataannya hal semacam itu tidak akan efektif sebab fokusmu akan terbagi.

Jika ingin menguasai kemampuan baru, cobalah untuk fokus terhadap satu bidang saja terlebih dahulu. Pilihlah satu bidang yang bisa benar-benar menunjang perkembangan kariermu. Jika hal itu dilakukan, maka kualitas dirimu pun akan bertambah pesat meskipun hanya satu skill saja yang meningkat.

3. Tidak mau mengevaluasi hal-hal yang telah dipelajari karena merasa sudah menguasai

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Ingin Menambah Skill BaruIlustrasi merenung (pexels.com/keiro burton)

Agar bisa benar-benar menguasai skill baru, kamu wajib banget melakukan tinjauan ulang agar tidak ada bagian yang terlewat. Kamu harus mengevaluasi setiap tahap pembelajaran skill baru agar nantinya bisa mengaplikasikan hal tersebut pada kehidupan sehari-hari. Namun hal itu tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Banyak orang yang cenderung merasa puas terhadap skill barunya tanpa mengevaluasi ulang. Jika hal tersebut dilakukan, maka suatu saat skill tersebut pasti akan hilang, lho! Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk tidak puas dan terus mempelajari bagian-bagian yang masih rumpang.

Baca Juga: Profesinya Milenial, Ini 5 Skill Dasar Berkarier Jadi Copywriter

4. Masih memiliki niat yang setengah-setengah dengan sering beristirahat

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Ingin Menambah Skill BaruIlustrasi merenung (pexels.com/johannes plenio)

Niat yang sungguh-sungguh merupakan salah satu faktor penentu seseorang bisa menguasai skill baru. Tanpa hal tersebut, kamu pun pasti akan dikalahkan oleh rasa malas sehingga kemauan untuk meng-upgrade diri menjadi hilang. Alhasil berbagai macam skills yang ingin kamu kuasai tidak akan pernah bisa masuk ke dalam otakmu. Kamu harus mengubah pola pikir semacam itu jika ingin memiliki kemampuan baru. Jika memang benar-benar ingin belajar, letakkan niat yang bersungguh-sungguh agar hasilnya nanti sesuai harapan.

5. Tidak membuat jadwal paten terkait waktu dalam mempelajari skill baru

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Ingin Menambah Skill BaruIlustrasi berpikir (pexels.com/andrea piacquadio)

Kebanyakan orang yang gak mau meng-upgrade kemampuannya itu biasanya disebabkan oleh alasan kesibukan. Sebenarnya hal semacam itu bisa diatasi jika kamu mau membuat sebuah jadwal yang paten. Contohnya adalah kamu bisa menggunakan waktu pagimu untuk mempelajari semua skill yang ingin diasah.

Tetapkan waktu sekitar satu sampai dua jam agar kamu bisa menguasai semua materi. Jika sudah ada jadwalnya, tugasmu selanjutnya adalah menjaga konsistensi momentum yang telah ditentukan. Jangan sampai kamu melanggar jadwal karena hal itu akan berpengaruh pada output di akhir nanti.

Dalam mempelajari skill baru, diperlukan adanya kebiasaan positif yang bisa menunjang semua proses. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari kelima hal di atas. Berubah mulai dari sekarang, yuk!

Baca Juga: 5 Skill Dasar yang Wajib Kamu Kuasai agar Sukses dalam Bisnis Online

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya