Comscore Tracker

Ketika Rasa Insecure Senantiasa Menyelimuti Diri, Lakukan 5 Hal Ini

Siapa nih yang masih sering insecure dalam menjalani hidup?

Insecure adalah suatu posisi di mana seseorang merasa dirinya tidak percaya diri terhadap kemampuannya sendiri. Hal tersebut sebenarnya lumrah terjadi karena kebiasaan overthinking. Namun hal itu biasanya memiliki dampak yang cukup buruk bagi keberlangsungan hidupmu.

Kamu pasti akan terus-terusan mengeluh dan tidak semangat dalam menjalani hidup karena kekurangan yang kamu miliki. Jika kamu terjebak dalam situasi tersebut, maka cepat-cepatlah untuk segera beranjak. Ada beberapa langkah yang bisa membantumu agar hal itu bisa hilang dari dalam dirimu. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Hilangkan kebiasaan overthinking terhadap sesuatu yang tak penting  

Ketika Rasa Insecure Senantiasa Menyelimuti Diri, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/mikoto.raw

Salah satu penyebab utama perasaan insecure itu muncul adalah karena kamu terbiasa overthinking terhadap segala hal. Overthinking sebenarnya diperlukan untuk menganalisis segala sesuatu yang dirasa cukup penting. Tetapi kamu pantang boleh melakukan hal tersebut ke sesuatu yang tidak penting agar tak ada keburukan yang dirasakan.

Mulai sekarang cobalah untuk tak usah memikirkan sesuatu yang tidak perlu dipikirkan. Alangkah lebih baik jika kamu memanfaatkan waktumu untuk berjuang meraih mimpi. Maka dari itu cobalah untuk membuang semua kebiasaan buruk dan diganti dengan segala hal yang berkualitas.

2. Selalu berusaha untuk belajar mencari kemampuan-kemampuan baru  

Ketika Rasa Insecure Senantiasa Menyelimuti Diri, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/Julia M Cameron

Banyak orang yang setuju bahwa guru terbaik adalah sebuah pengalaman. Pengalaman itu didasari ketika seseorang mau bergerak dari zona nyamannya dan menatap dunia baru. Hal tersebut akan sangat membantumu dalam meningkatkan kualitas diri. Alhasil rasa kurang percaya diri juga akan sirna.

Maka dari jika saat ini kamu terus-terusan diserang dengan perasaan insecure, ingatlah bahwa kamu harus berani berubah. Ubahlah semua hal yang ada di dalam dirimu jika menurutmu hal itu perlu diperbaiki. Jika semuanya sudah diperbaiki, maka kamu pasti akan lebih percaya kepada kemampuan diri sendiri.

3. Senantiasa percaya diri terhadap apa yang dimiliki saat ini 

Ketika Rasa Insecure Senantiasa Menyelimuti Diri, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/Artem Beliaikin

Musuh utama dari sikap insecure adalah kepercayaan diri yang mumpuni. Hal itu karena dengan percaya diri, kamu pasti akan mampu mengendalikan pikiran buruk yang ada di otakmu karena perkataan orang lain. Kamu akan lebih percaya bahwa kamu bisa melewati semua hambatan dengan sangat mudah.

Maka dari itu, asahlah kepercayaan dirimu agar hal buruk tersebut bisa hilang. Semua omongan buruk orang lain terhadapmu anggaplah saja hal tersebut sebagai sebuah kritik yang membangun. Jangan sampai kamu malah down karena satu-satunya yang bisa melawan hal itu adalah dirimu sendiri.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecure

4. Mengurangi kebiasaan mengeluh meskipun beban terasa semakin berat  

Ketika Rasa Insecure Senantiasa Menyelimuti Diri, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/Kelvin Valerio

Ketika beban terasa berat, seseorang pasti akan cenderung mengeluh karena pikiran yang begitu kalut. Namun siapa sangka hal tersebut malah bisa menumbuhkan sikap insecure dalam diri? Hal itu memang benar adanya karena ketika sering mengeluh, kamu cenderung tidak percaya terhadap kemampuanmu sendiri.

Kamu terus-terusan berpangku tangan pada keadaan yang cukup memberatkan. Hilangkan kebiasaan buruk tersebut agar kamu bisa paham bagaimana rasa insecure itu cukup berbahaya bagi hidupmu. Hadapilah semua rintangan dengan hati yang bersih dan ikhlas. Lakukan semuanya dengan menggunakan tenaga maksimal.

5. Stop membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain  

Ketika Rasa Insecure Senantiasa Menyelimuti Diri, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/min an

Problematika utama terkait bagaimana perasaan insecure itu bisa muncul adalah ketika seseorang terus-terusan membandingkan dirinya dengan orang lain. Satu hal yang harus diingat adalah setiap orang di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tak perlu iri dan merasa bahwa dirimu rendah di hadapan mereka. Galilah kelebihan yang ada di dalam dirimu sendiri tanpa memertimbangkan bagaimana menjadi orang lain. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain.

Rasa insecure di dalam diri memang harus dihilangkan agar tidak berdampak buruk bagi hidupmu. Jangan pernah lupa untuk upgrade kemampuan atau skills agar hal tersebut bisa menambah kepercayaan diri.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Insecure Posting Kekurangan Diri di Medsos

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya