Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Bisa Konsisten dalam Melakukan Sesuatu

Apakah kamu kesusahan dalam mempertahankan konsistensi?

Tidak ada hal yang lebih susah daripada mempertahankan konsistensi. Semua orang pasti setuju bahwa tetap konsisten dalam melakukan sesuatu apapun kondisinya adalah hal yang sangat sulit. Hal tersebut karena ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah rasa malas.

Apakah kamu sudah bisa mempertahankan konsistensi diri dalam melakukan sesuatu? Ada beberapa langkah cerdas yang bisa dilakukan sehingga kamu bisa nempertahankan konsistensi dengan baik. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini!

1. Mulailah mencatat skala prioritas

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Bisa Konsisten dalam Melakukan Sesuatuunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Menentukan skala prioritas merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan jika ingin konistensi diri tetap terjaga. Ketika semuanya telah diurutkan dari yang terpenting, pasti kamu akan berusaha menyelesaikan sebaik mungkin.

Ketika memiliki skala prioritas, kamu pasti akan mudah menentukan hal apa saja yang wajib dikerjakan terlebih dahulu. Ketika sebuah pekerjaan berada di prioritas paling penting, pasti akan ada dorongan dalam diri untuk segera menyelesaikannya.

2. Buatlah tempat kerja yang dapat menunjang semangatmu

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Bisa Konsisten dalam Melakukan Sesuatuunsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Percaya gak sih kalau tempat kerja yang nyaman dapat menunjang semangatmu? Hal itu bisa dibenarkan karena ketika memiliki tempat kerja yang nyaman, pasti rasa ingin untuk tetap konsisten dalam menyelesaikannya bisa semakin tinggi. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk menata tempat kerjamu sesuai gayamu. Belilah meja atau tempat duduk yang nyaman sehingga kamu bisa betah berada di sana.

3. Jangan terlalu mengurusi omongan buruk orang lain

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Bisa Konsisten dalam Melakukan Sesuatupexels.com/fauxels

Konsistensi diri biasanya goyah ketika kamu terlalu termakan omongan buruk orang lain. Satu hal yang harus diketahui adalah bahwa tidak semua omongan orang lain itu perlu didengarkan. Terkadang kamu perlu memfilter mana saja yang baik ataupun buruk.

Lagipula omongan orang lain itu hanya akan membuatmu makan hati, lho! Jangan mudah overthinking jika ada orang yang berkata buruk kepadamu namun gak ada substansinya.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Belum Bisa Konsisten dalam Berjuang

4. Jika tubuh membutuhkan waktu istirahat, maka lakukanlah

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Bisa Konsisten dalam Melakukan Sesuatupexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang memiliki limit energi yang berbeda-beda. Kamu pasti akan merasa lelah jika terus-terusan bekerja tanpa henti, bukan? Percayalah bahwa hal tersebut juga mempengaruhi tingkat konsitensmu, lho! Ketika badan terasa lelah, cobalah untuk mengistirahatkannya. Memaksakan tubuh untuk terus bekerja hanya akan mengurangi semangatmu.

5. Taruhlah self reward jika berhasil menyelesaikan semua tanggung jawab

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Bisa Konsisten dalam Melakukan Sesuatupexels.com/andrea piacquadio

Memberikan self-reward merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Hal itu akan menunjang semangatmu untuk tetap terus bekerja demi tercapainya sebuah tujuan. Cobalah untuk menaruh self-reward setiap kali kamu berhasil menyelesaikan satu pekerjaan.

Hal itu pasti bakal mem-boosting semangatmu sehingga keinginan untuk tetap konsisten dalam mengerjakannya bisa terjaga. Maka dari itu mulai dari sekarang jangan terlalu pelit terhadap diri sendiri, ya!

Melatih konsistensi diri merupakan sebuah hal yang susah-susah gampang. Hal itu tergantung bagaimana usahamu untuk memberantas rasa malas di dalam diri. Dengan melakukan kelima hal di atas, kamu pasti akan mudah menjaga tingkat konsistensi diri.

Baca Juga: Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimu

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya