Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis

Apakah kamu terbiasa berpikir kritis?

Setiap orang dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis agar tidak mudah dibohongi oleh sesuatu yang palsu. Namun untuk memunculkan hal tersebut membutuhkan usaha yang cukup ekstra agar kualitas otak menjadi meningkat pula.

Jika saat ini kamu masih bingung bagaimana cara yang pasti, cobalah niatkan diri untuk belajar mengelola informasi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Sering membaca buku filsafat atau semacamnya

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritispexels.com/andrea piacquadio

Tidak dapat dimungkiri bahwa buku merupakan sumber dari segala ilmu. Cara utama untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan sering-sering membaca buku. Agar kemampuan tersebut bisa berkembang cepat, cobalah untuk membaca berbagai macam buku bertemakan filsafat.

Dalam buku tersebut akan diajarkan bagaimana menjadi seseorang yang terbiasa mencari informasi sampai ke akar-akarnya. Hal tersebut pasti akan membuatmu menjadi lebih pintar dan tidak mudah kagum terhadap sesuatu yang unik di luar sana.

2. Tidak pernah menghakimi kesalahan orang lain

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritispexels.com/Sora Shimazaki

Selain membaca buku filsafat, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak menghakimi orang lain atas kesalahannya. Hal tersebut akan membantumu untuk memunculkan kemampuan berpikir kritis. Lagipula setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, bukan?

Dengan menghakimi orang lain tidak akan membuatmu terlihat menjadi lebih baik. Alangkah lebih baik jika kamu fokus terhadap diri sendiri dengan mengembangkan softskill. Dengan adanya hal tersebut, percayalah kamu akan terbiasa melihat segala sesuatu tidak menurut satu sudut pandang saja.

3. Senantiasa melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritispexels.com/Elijah O'Donnell

Sebelumnya telah disebutkan bahwa orang yang memiliki pemikiran kritis itu cenderung melihat fenomena dari berbagai sudut pandang. Hal itu karena di dunia ini sejatinya tidak ada kebenaran yang sifatnya mutlak. Oleh karena itu cobalah biasakan diri untuk mencari perspektif lain jika tertarik dengan sebuah hal.

Hal itu juga akan membuatmu menjadi lebih open minded dalam menjalani kehidupan bersosial. Orang lain pasti akan sangat senang untuk mengajakmu berdiskusi karena pemikiran yang fleksibel itu. Dengan adanya hal tersebut, kamu akan menjadi orang yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 6 Hal Berikut Harus Dihindari agar Lancar Berpikir Kritis, Sudah Tahu?

4. Tidak pernah malu untuk bertanya jika kurang paham

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritispexels.com/christina morillo

Setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Jika kamu tidak mengetahui suatu hal, jangan pernah malu untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli. Hal tersebut akan membantumu untuk meningkatkan tingkat ke-kepoan terhadap sesatu yang positif.

Jangan takut untuk dicap bodoh karena saat ini kamu masih berada di tahap belajar. Percayalah bahwa kepercayaan dirimu tersebut akan sangat berguna dalam proses peningkatan kualitas otak. Oleh karena itu mulai sekarang biasakan diri untuk menjadi orang yang suka kepo terhadap hal positif, yuk!

5. Mau menjadi pendengar yang baik

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritispexels.com/VisionPic .net

Tidak semua orang mau dan mampu menjadi pendengar yang baik. Hal itu karena tingkat empati seseorang pun memiliki perbedaan. Namun percayalah bahwa menjadi pendengar yang baik akan membuatmu menjadi pemikir kritis. Hal itu karena kamu diharuskan untuk fokus pada sebuah obrolan yang dilontarkan lawan bicara.

Kamu pasti akan cenderung menganalisis setiap perkataan yang dilontarkannya agar membuahkan solusi terbaik. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk terbiasa menyiapkan telinga kepada teman-temanmu yang ingin bercerita perihal kehidupan pribadinya.

Itulah kelima hal yang harus dilakukan agar kamu bisa menjadi pemikir kritis. Menjadi seseorang yang memiliki pemikiran kritis sebenarnya susah-susah gampang. Semua itu tergantung seberapa konsistennya dirimu dalam mempelajari kemampuan tersebut.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan agar Kamu Bisa Terbiasa Berpikir Kritis

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya